Loading...

346.829 Prajurit TNI-Polri Menari ‘Maumere’

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama puluhan ribu prajurit TNI dan Polri menari ‘Gemu Fa Mi Re’ atau biasa dikenal ‘Maumere’, di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (4/9/2018), yang memecahkan rekor dunia Museum Rekor Republik Indonesia (MURI) dengan kategori perserta terbanyak.

Tak hanya Panglima TNI yang mengikuti tari ‘Maumere’ itu, namun tiga kepala staf angkatan dan Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto, serta pejabat teras TNI dan Polri dengan penuh semangat kebersamaan juga ikut menari yang diiringi oleh pencipta lagu ‘Gemu Fa Mi Re’ Frans Cornelis.

Dalam acara pemecahan rekor itu, Hadi didampingi sang istri, Nanny Hadi Tjahjanto. Hadi terlebih dahulu menyapa peserta tari ‘Maumere’ yang berada di beberapa daerah di Indonesia melalui teleconference.

“Mari sama-sama hari ini memecahkan rekor tari ‘Gemu Fa Mi Re’. Kegiatan ini dalam rangka menjaga dan melestarikan budaya Indonesia, mari sukseskan ‘Gemu Fa Mi Re’ dalam rangka memecahkan rekor Muri,” kata Panglima TNI.

Hadi dan para peserta terlihat kompak memakai pakaian olahraga, ikat kepala dan selendang. Mereka pun tampak antusias mengikuti setiap gerakan tari ‘Maumere’

Usai acara, Panglima TNI menerima piagam penghargaan rekor dunia dari MURI. Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh pendiri MURI Jaya Suprana.

Tari ‘Maumere’ yang dilaksanakan di Plaza Mabes Cilangkap itu diikuti 14.300 peserta. Dari Mabes TNI mengirimkan 5.000 orang, 1.000 orang dari Mabes AD, 4.000 orang dari Mabes AL, 4.000 orang dari Mabes AU dan 300 orang Mabes Polri.

Tak hanya itu, tari Maumere ini juga dilaksanakan secara serentak di markas TNI di seluruh Indonesia, seperti Makodam, Lantamal, Lanal, lapangan kantor gubernur, dan lainnya yang total peserta mencapai 346.829 orang.

“Lagu Gemu Fa Mi Re telah menjadikan inspirasi kita untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa karena hampir seluruh rakyat Indonesia mampu untuk menarikan Gemu Fa Mi Re dengan bersuka cita,” kata Panglima.

Ia menambahkan lagu ‘Gemu Fa Mi Re’ telah mempersatukan seluruh bangsa Indonesia di segala lapisan.

Oleh karena itu, sebagai rasa terima kasih lagu itu bisa mempersatukan elemen bangsa, Panglima TNI memberikan piagam penghargaan kepada Frans Cornelis.

Sementara itu, Pendiri MURI, Jaya Suprana mengatakan, kegiatan ini merupakan rekor dunia yang diberikan oleh MURI karena dengan peserta terbanyak 300 ribu orang lebih.

Berita Lainnya
Perludem: Waspadai Hoaks sebagai Jalan Pintas Menangi Pemilu 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Lembaga Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) meminta seluruh pihak mewaspadai penggunaan hoaks dan politik tran...
1.000 Polisi Amankan Penetapan Capres-Cawapres di KPU JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, Polda Metro Jaya akan mengerahkan 1.000 personel kepolisian ...
Waspadai peningkatan potensi hujan lebat di sebagian wilayah Indonesia JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat meminta masyarakat untuk waspada terhadap potensi adanya peningka...
Tiga Kapal Perang Jepang Singgahi Jakarta JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Tiga unit kapal perang milik Angkatan Laut (AL) Jepang tengah singgah di perairan Teluk Jakarta dan Pelabuhan Tanjung Priok ...
Presiden: Cukai Rokok untuk Layanan Kesehatan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Joko Widodo menjelaskan secara singkat soal cukai rokok dan layanan kesehatan. Dia menyatakan, 50 persen penerimaan...
Kanal: Nasional