Loading...

Akibat Cuaca Buruk, Banjir Hingga Longsor Terjang Yogyakarta

BANTUL (TAJUKTIMUR.COM) – Hujan dan angin kencang terjadi di sekitaran DIY sepanjang Selasa (28/11). Akibatnya, sejumlah genangan air, banjir, pohon tumbang, sampai longsor terjadi hampir merata di lima kabupaten/kota.

Kepala Seksi Kedaruratan sekaligus Manjer Pusat Pengendali Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Danang Samsu melaporkan, setidaknya ada tujuh titik longsor terjadi di DIY.

“Kabupaten Bantul tiga titik, Kabupaten Kulonprogo satu titik, Kabupaten Gunung Kidul satu titik, Kabupaten Sleman dua titik,” katanya.

Selain itu, angin kencang yang terjadi sepanjang hari mengakibatkan setidaknya 23 titik kejadian pohon tumbang. Apalagi, hujan yang turun di sekitaran DIY terbilang telah terjadi sejak Senin (27/11) malam.

Untuk pohon tumbang, satu titik di Kota Yogyakarta, tiga titik di Kabupaten Bantul, enam titik di Kabupaten Kulonprogo, satu titik di Gunung Kidul, dan dua titik pohon tumbang terjadi di Kabupaten Sleman.

“Kerusakan, menimpa rumah dan pondok pesantren (Kulonprogo), tiga santri mengalami luka ringan,” ungkap Danang kepada tajuktimur.com.

Cuaca ekstrem yang terjadi turut mengakibatkan genangan air hampir di semua jalan inspeksi yang ada di DIY. Bahkan, genangan air banyak terjadi di ruas-ruas ring road yang mengitari DIY.

Hujan turut mengakibatkan banjir yang terjadi di dua titik di Kabupaten Gunung Kidul. Meski begitu, ia menekankan sejauh ini belum ada korban jiwa dari cuaca ekstrem yang telah teradi beberapa pekan terakhir.

Sejauh ini, tindakan yang dilakukan petugas dibantu warga dan relawan masih untuk pohon-pohon tumbang yang memang jumlahnya banyak. Petugas, warga, dan relawan telah melakukan pemotongan, pemangkasan dan penyingkiran pohon tumbang.

(dwisan/ttcom)

Berita Lainnya
BPN Prabowo-Sandi Gelar Nobar Debat Capres JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi akan menggelar nonton bareng...
Lion Air Tergelincir di Bandara Supadio, Tim Sar Evakuasi Penumpang PONTIANAK, TAJUKTIMUR.COM - Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi penumpang Lion Air JT-714 rute Ja...
GNPF-U Dukung Janji Kampanye PKS Lindungi Ulama JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Rancangan Undang-Undang Perlindungan Ulama, Tokoh Agama dan Simbol Agama y...
Sandiaga Uno Doakan Ani Yudhoyono Segera Sembuh JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno meng...
Ribuan Pegawai Dirumahkan, Presiden akan Panggil PT Freeport JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memanggil manajemen PT Freeport Indones...
Kanal: Nasional