Loading...

Aksi Bela Rohingya 169 Salurkan Rp. 1,2 M Melalui 3 Lembaga

JAKARTA (TAJUK TIMUR) — Aksi Bela Rohingya 169 yang digerakkan oleh 30 organisasi masyarakat (ormas) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) selaku organisasi politik (orpol) berhasil mengumpulkan dana lebih dari Rp. 1,2 Miliar. Selanjutnya dana itu akan disalurkan melalui Lembaga Donor yang tergabung dalam Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM).

 

Mustafa Kamal, selaku Sekjen DPP PKS mengaku sangat bersyukur, ” Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat yang telah hadir dalam Aksi Bela Rohingya dan menitipkan amanah bantuan untuk saudara kita Rohingya yang dipaksa meninggalkan tanah tempat tinggalnya, ujarnya.

“Seluruh amanah dari peserta aksi tersebut akan disalurkan melalui 3 Lembaga Donor yang menjadi anggota AKIM yakni Dompet Duafa (DD), PKPU dan Lazis Dewan Dakwah”, sambungnya.

Mustafa Kamal, Sekjen PKS. (foto: istimewa)

 

Sementara itu Direktur Crisis Center for Rohingya (CC4R) Sukamta mengatakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat Rohingya adalah upaya bantuan dari masyarakat Indonesia secara komprehensif.

Anggota Komisi I DPR RI ini menjelaskan, Aksi Bela Rohingya diharapkan bisa memberikan tekanan kepada Pemerintah Myanmar dan dunia internasional agar segera menghentikan tindakan pengusiran dan kekerasan.
“Kita juga terus salurkan bantuan kepada masyarakat Rohingya yang terpaksa harus hidup di pengungsian,” papar Sukamta dalam konferensi pers di MD Building, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan Senin (25/9).

 

CC4R PKS di seluruh Indonesia, lanjut dia, sudah bergerak dengan melakukan aksi dan mengumpulkan bantuan kemanusiaan. Ia menyebut di luar dana kemanusiaan Aksi Bela Rohingya, CC4R PKS se-Indonesia sudah menyalurkan bantuan senilai Rp 3,8 miliar.

“CC4R PKS di daerah bekerjasama dengan lembaga donor di daerahnya masing-masing untuk menitipkan amanah bantuan ke masyarakat Rohingya,” sebut Sukamta.

 

Tampak dari udara foto Aksi Bela Rohingya 169 beberapa waktu yang lalu. (foto: istimewa)

Sebelumnya, Aksi Bela Rohingya digelar di seputar Monumen Patung Kuda Arjuna Wiwaha Jakarta, Sabtu (16/9) lalu. Dalam aksi tersebut beberapa elemen yang turun dalam adalah PKS, PUI, FPI, Mathlaul Anwar, Ikadi, AQL Peduli, Jamiat Kheir, DDII, Al – Ittihadiyah, Pemudi PUI, Forsitma, Salimah, Wanita Islam, JPRMI, Gema MA, Gerakan Ibu Negeri, Al Irsyad Al Isyamiyyah, BKsPPI, Persatuan Tarbiyah Islamiyah, FBR, PMI, Wanita SI, PII, Pemuda Persis, Hidayatullah, Presidium Alumni 212, Adara, Aku Cinta Islam, Bang Japar, Nahdlatul Wathan, GMJ, FUI, KAMMI, GPMI, Pandu Cahaya Islam, Pemuda Muhammadiyah, HBMI, Muslimat MA, FBR, Aliansi Cinta Keluarga dan beberapa ormas lain.

(bri/ttc)

Berita Lainnya
Pemprov DKI Antisipasi KLB DBD JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakar...
Presiden Tegaskan Pentingnya Nurani dalam Berpolitik KARAWANG, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri acara p...
Kemenhub Upayakan Tarif Angkutan Transportasi Tidak Mengalami Peningkatan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Sabtu (19/1), mendengarkan...
Pemkot Depok Telah Berikan Santunan Kematian Rp 3,2 Miliar DEPOK, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah memberikan santun...
Pakar Hukum: Pembebasan Baasyir Bisa Kacaukan Sistem Hukum JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pakar Hukum Pidana Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar menilai pembe...
Kanal: Nasional