Loading...

Basarnas Bahas Penanggulangan Bencana Gunung Agung Basarnas

DENPASAR, TAJUKTIMUR.COM – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menggelar rapat koordinasi SAR daerah Provinsi Bali 2018 di Sanur, Rabu (12/9/2018).

Rapat koordinasi yang dihadiri instansi lintas sektoral itu mengusung tema “Melalui Rapat Koordinasi Kita Tingkatkan Kesiapsiagaan Dalam Rangka Penanggulangan Bencana Gunung Api Agung Kabupaten Karangasem Provinsi Bali”.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar, Ketut Gede Ardana kepada wartawan mengemukakan rapat koordinasi ini sebagai wadah penyempurnaan pola operasi penanggulangan kondisi Gunung Agung. Ia tak memungkiri, terdapat beberapa hal perlu dievaluasi dalam kaitan pelaksanaan tugas di lapangan.

“Yang mana telah kita rasakan bersama dampak daripada Gunungapi Agung pada saat meningkatkan aktivitasnya sangat luar biasa. Nah inilah yang kita nanti minta masukan-masukan untuk menyamakan pola pikir dan pola tindak, semua stakeholder berbicara disini dan kita minta masukannya,” ungkap Ardana.

Pihaknya berharap, masukan yang dihimpun dari seluruh stakeholders dalam rapat koordinasi ini dapat menyempurnakan pola operasi SAR.

“Sehingga bisa lebih meningkatkan kesiapan kita kedepan. Karena kita tidak tahu, kapan, dimana dia akan nanti aktivitasnya meningkat, jadi saat itu kita sudah betul-betul dalam keadaan siap,” katanya.

Ardana menyebut, hingga kini masih menyiagakan seluruh posko SAR di Kabupaten Karangasem. Langkah itu untuk mengantisipasi jika kembali terjadi peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Agung.

“Kalau Basarnas itu tidak punya alat, kita masih menunggu dari PVMBG, dari alat pemantauan itu, kita tidak tahu kapan, mereka pun tidak tahu meletus kapan. Nah dari sisi itu kami selalu siap siaga, personel dan alut yang sampai saat ini masih di pos Selat, pos Rendang, dan pos Kubu,” imbuh Ardana.

Berita Lainnya
Ini Daftar Pulau Reklamasi yang Izinnya Dicabut JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur DKI Jakarta menyatakan secara resmi mencabut 13 pulau reklamasi yang sudah mendapaptan izin. "Pencabutan ini sudah melalui verifikas...
Gubernur Anies: Hari Ini Reklamasi Resmi Dihentikan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan penghentian segala proyek reklamasi di wilayahnya. Hal tersebut disampaikan Anies usai digelarnya...
Survei Indikator: 10 Partai Politik Gagal Masuk Parlemen JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan dari total 16 parpol peserta pemilu 2019, elektabilitas PDI Perjuangan unggul dari 15 partai la...
Survei Indikator: Suara Partai di Parlemen Sebagian Masih Terbelah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi melihat suara berbasis partai di pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno masih...
Survei Indikator: Cawapres Sandiaga Uno lebih Dikenal Masyarakat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Calon wakil presiden Sandiaga Uno lebih dikenal dibandingkan cawapres Maruf Amin dalam Pemilu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Dar...
Kanal: Nasional