Loading...

Basarnas Peduli Korban Tsunami Selat Sunda di Banten dan Lampung

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Operasi pencarian dan pertolongan (SAR) tsunami Selat Sunda di Banten dan Lampung masih berlanjut. Hingga hari keenam, Kamis (27/12/2018), tim SAR masih berupaya melakukan pencarian terhadap 55 korban yang dilaporkan hilang atau belum ditemukan.

Sementara hingga tadi malam tercatat sebanyak 420 korban meninggal dunia dan lebih dari 1.000 orang korban mengalami luka-luka. Sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) tim Basarnas akan berada di kawasan bencana selama tujuh hari.

Namun apabila keberadaannya masih dibutuhkan maka akan diperpanjang hingga tiga hari kedepan. Menurut Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Saugi, Basarnas masih terus berkoordinasi dengan sektor lainnya didalam melaksanakan tugas. Dan khusus kali ini leading sector berada di Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB).

“Ada 250 personel Basarnas yang telah berada dilokasi bencana, serta 2 helikopter dan kapal untuk mengevakuasi korban. Khusus kali ini leading sector berada di BNPB, dan Basarnas mendukung penuh untuk evakuasi dan bencana,” tegas Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi usai melepas keberangkatan truck yang mengangkut bantuan kemanusiaan dari Persatuan Dharma Wanita Basarnas di kantor pusat Basarnas jl. Angkasa Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis pagi, 27 Desember 2018.

Pada aksi operasi sar bencana tsunami di selat Sunda kali ini, Basarnas mengerahkan 167 personil dari Kantor Pusat, Kantor SAR Banten, Kantor SAR Jakarta, Kantor SAR Bandung, dan Kantor SAR Lampung. Basarnas juga didukung oleh ratusan personil Potensi SAR yang berasal dari berbagai stakeholder.

Operasi pencarian hari ini dibagi menjadi 6 sektor. Sektor I meliputi 21 personil dari Kantor SAR Jakarta dan didukung 45 personil dari Potensi SAR. Mereka melakukan penyisiran di Pantai Menez – Ziput – Labuhan. Sektor II, meliputi 4 personil dari Kantor SAR Banten, 16 personol Basarnas Special Group (BSG), 25 personil dari Potensi SAR. Mereka beroperasi di sekitar Posko Utama GOR PGRI Labuhan. Sektor III, meliputi 4 personil Kantor SAR Banten, 17 personil Kantor SAR Bandung, dan 30 personil dari Potensi SAR. Mereka beroperasi di Kecamatan Sumur dengan rute Sumur – Tanjung Lesung – Labuhan. Sektor IV, terdiri dari 5 personil Kantor SAR Banten dan beberapa potensi SAR beroperasi dari Sumur hingga Anyer.

Sementara di Lampung Selatan terbagi menjadi 2 sektor operasi. Sektor V, yaitu Kalianda, Legundi, Bakahuni, Sebesi, Rajabasa, dan Bandar Lampung. Dan, Sektor VI di Posko Utama Halaman Kantor Bupati Lampung Selatan.

Adapun peralatan darat yang dikerahkan meliputi 1 rescue truck, 8 rescue car, 6 truk personil. Peralatan laut, 3 unit Rubber Boat Inflatable (RIB), Rescue Boat (RB) 410 stanby di Pelabuhan Merak, Kapal Negara (KN) Karna dan KN Basudewa serta sarana udara 2 unit helikopter, HR-1519 dan R-3604.

“Temuan korban semakin sedikit, namun penyisiran sepanjang pesisir pantai masih terus dilakukan. Kendala yang ditemukan adalah cuaca, angin kencang, ombak tinggi, dan hujan”, jelas Kabasarnas.

Terkait bantuan Basarnas Peduli Korban Tsunami Selat Sunda, bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kabasarnas kepada Kepala Kantor SAR Jakarta Hendra Sudirman untuk selanjutnya didistribusikan kepada korban di wilayah Banten. Penyerahan bantuan disaksikan para pejabat eselon 1, 2, dan 3 di lingkungan Kantor Pusat Basarnas. Bantuan berupa 300-an paket berisi beras, biskuit, obat-obatan, gula, teh, dan sejenisnya tersebut atas inisasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Basarnas.

“Bantuan ini tidak seberapa besar nilainya, namun bantuan ini sebagai wujud kepedulian keluarga besar Basarnas kepada saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah. Semoga, bantuan ini dapat membantu meringankan beban mereka,” harap Kabasarnas.

Kabasarnas juga menyampaikan rasa bela sungkawa yang mendalam kepada seluruh korban. Pihaknya berharap dan meminta doa seluruh masyarakat agar tim SAR dapat segera menemukan seluruh korban.

Berita Lainnya
Papua Barat paling rendah Tingkat Kepatutan Pelaporan Harta Kekayaan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan Pemerintah Provinsi Papua Ba...
Pushidrosal TNI-AL Temukan CVR Lion Air JT-610 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) yang diga...
Fahira Idris: Isu Perempuan dan Anak Harus Ada Dalam Debat Pilpres JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Dari lima tema besar Debat Publik Pasangan Calon (Paslon) Presiden dan Wak...
Relawan Jokowi – Prabowo gelar Pertandingan Persahabatan KUALA LUMPUR, TAJUKTIMUR.COM - Relawan pendukung pasangan Jokowi - KH Ma`ruf Amin dan Prabowo - Sand...
BMKG: Gempa beruntun tidak memicu tsunami Selat Sunda YOGYAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa b...
Kanal: Nasional