Loading...

Bawaslu Sebut KPU Harus Konsisten Dalam Aturannya

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Komisioner Bawaslu DKI Jakarta Muhammad Jufri mengomentari aksi deklarasi damai yang dilaksanakan oleh KPU dengan mengundang peserta pemilu yang dihadiri Capres dan Wapres adalah bentuk simbol kampanye damai.

Namun, dia menilai pada deklarasi tersebut ada masalah sedikit dikarenakan ada salah satu pendukung Capres pendukung partai politik peserta pemilu yang tidak konsisten dengan aturan yang sudah disepakati antara KPU dan peserta pemilu.

Padahal, dalam aturan KPU ada kesepakatan dengan peserta pemilu untuk tidak membawa alat peraga kampanye pada saat deklarasi damai dilakukan.

“Nah, pada saat deklarasi dimulai ada pendukung salah satu partai yang membawa atau melanggar komitmen yang disepakati oleh KPU maka mungkin partai-partai yang lainnya tidak membawa pendukung itu tentu dia merasa kecewa karena dia tidak membawa pendukung,” pungkasnya ketika dihubungi Pro3 RRI, Minggu (23/9/2018).

Dalam aturannya, deklrasi itu tidak boleh membawa atribut salah satu partai politik peserta pemilu dan Capres, Wapres.

“Yang kami sayangkan kepada KPU sebenarnya, kenapa KPU tidak melarang pendukung tersebut, untuk tidak membawa alat peraga kampanye,” paparnya.

Menurutnya KPU harus memberikan keadilan kepada seluruh peserta pemilu kalau memang dilarang untuk membawa atribut maka semua tidak boleh masuk di area itu.

“Seharusnya KPU ini harus betul-betul tegas dalam melaksanakan aturannya, KPU harus adil, dan tidak boleh berpihak,” cetusnya.

“Harapan kami adalah dalam pelaksanaan deklarasi damai ini mencontohkan, memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa antara partai politik dengan partai ini dengan KPU Bawaslu melaksanakan kampanye kedepan dengan rasa aman damai dan tentram,” harapnya.

Jufri juga menyarankan kepada seluruh peserta pemilu untuk berkampanye dengan sesuai aturan yang sudah disepakati dan harus taat aturan dalam melaksanakan kegiatan kampanye.

Berita Lainnya
KPU: Debat Kedua Pilpres Lebih Lancar JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengatakan pelaksanaan d...
Indef: Visi Jokowi Terkait B100 Sulit Dicapai JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Berly ...
Soal Ledakan, Wiranto: Ada pihak yang iseng dan usil sengaja membuat kericuhan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wi...
Aktivis menilai Capres tidak menguasai masalah Lingkungan Hidup JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Koordinator Simpul Jaringan Pantau Gambut Teguh Masbro mengatakan calon pr...
Kepala Bappenas: Debat kedua lebih sentuh masalah substansial JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjoneg...
Kanal: Nasional