Loading...

Biro Keuangan Kementerian ESDM Raih Sertifikat Manajemen ISO 9001: 2015

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), hari ini, Rabu (22/11), menerima sertifikat Manajemen ISO 9001: 2015 dari TUV NORD Indonesia. Sertifikat yang diserahkan oleh Presiden Direktur TUV NORD Indonesia Robert Napitupulu kepada Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Teguh Pamudji merupakan pencapaian Biro Keuangan yang telah dapat menerapkan kinerja dan mutu pelayanan administrasi keuangan yang cepat, tepat, transparan dan akuntabel sesuai Manajemen Mutu berstandar Internasional. Hal ini adalah bagian dari upaya mewujudkan Good Governance.

“Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pak Robert dan tim yang telah membantu kami semua di Kementerian ESDM, terutama di Biro Keuangan. Mudah-mudahan apa yang dicapai di Biro Keuangan ini dengan mendapatkan sertifikat manajemen, bisa diikuti oleh Direktorat Jenderal atau Badan yang ada di lingkungan Kementerian ESDM,” ujar Teguh.

Perjalanan untuk mencapai Sertifikat ISO 9001:2015 ini dimulai dengan mengadakan In House Training (IHT) Awareness and Documentation ISO 9001;2015 pada Desember 2016. Selanjutnya, pelatihan internal audit juga dilakukan kepada para pegawai untuk mencetak Auditor Internal Manajemen Mutu yang melakukan audit sebelum diaudit oleh Badan Sertifikasi ISO. Pelaksanaan audit internal, audit eksternal dan proses sertifikasi oleh badan sertifikasi juga merupakan tahapan yang harus dilalui oleh Biro Keuangan Kementerian ESDM.

Selanjutnya, proses sertifikasi dilanjutkan dengan mengundang Badan Sertifikasi independen untuk melakukan Audit Eksternal. Audit eksternal dilakukan oleh PT. TUV NORD Indonesia dalam 2 tahap, sejak Oktober hingga awal November 2017.

“Hasil Audit Eksternal sangat memuaskan. Tidak terdapat temuan yang harus ditindaklanjuti, namun ada beberapa saran perbaikan yang harus dilakukan Biro Keuangan di masa yang akan datang untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan. Biro Keuangan pun dinyatakan berhak mendapatkan sertifikat ISO 9001: 2015 yang berlaku sejak tanggal 13 November 2017 sampai dengan 12 November 2020,” ujar Kepala Biro Keuangan Kementerian ESDM Erika Retnowati.

Setelah meraih ISO 9001: 2015, Biro Keuangan bertekad untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan keuangan. “Setelah ini kami akan terus mengembangkan sistem manajemen mutu ini dan melakukan perbaikan-perbaikan berkelanjutan untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan keuangan kepada seluruh stakeholder terkait,” tutur Erika.

Atas pencapaian ini, Teguh berharap agar Biro Keuangan dapat mempertahankan capaian ini hingga masa berlaku sertifikat habis, yaitu pada 12 November 2020. “Saya titip pesan betul kepada Bu Erika dan tim Biro Keuangan supaya bisa mempertahankan ini sampai nanti ada pembaruan, kurang lebih sampai 2020. Mudah-mudahan kita semua masih bisa melihat bahwa dengan adanya sertifikat manajemen ini Biro Keuangan bisa meningkatkan pelayanannya kepada pemangku kepentingan,” pungkas Teguh.

Untuk diketahui, salah satu tugas Sekretariat Jenderal adalah menyelenggarakan koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi bidang keuangan kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian ESDM. Dalam mendukung pelaksanaan tugas tersebut, Biro Keuangan melakukan pengadministrasian keuangan, pengelolaan perbendaharaan dan penyusunan laporan keuangan Kementerian ESDM.

(dwisan/ttcom)

Berita Lainnya
Penolakan Perda Syari’ah Merupakan Sikap Politik PSI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Keputusan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang menolak Perda Syariah da...
Romahurmuziy: PPP Wajib Perjuangkan UU dan Perda Syariah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Umum PPP M Romahurmuziy menegaskan partainya mempunyai perhatian bes...
98 Korban Lion Air JT 610 Teridentifikasi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 98 orang dari total 189 penumpang dan awak pesawat Lion Air JT 61...
Mendagri Bolehkan Kepala Daerah Terlibat Pemilu 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo membolehkan kepala daerah u...
KPU Berkomitmen Wujudkan Pemilu yang Berintegritas JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berkomitmen untuk mewujudkanpemilihan umum yan...
Kanal: Nasional