Loading...

BMKG-CMA Lakukan Kerja Sama di Bidang Meteorologi dan Klimatologi

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – BMKG dan China Meteorological Administration (CMA) melaksanakan pertemuan The 2nd Session of the Joint Working Group on Cooperation in Meteorology and Climatology, Jumat (12/10/2018).

“The 2nd Session of the Joint Working Group (JWG-2) yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali merupakan forum bilateral dalam kerangka kerjasama di bidang meteorologi dan klimatologi antara CMA dan BMKG,” ungkap Deputi Bidang Geofisika BMKG M. Sadly.

Dalam JWG-2 ini telah dibahas evaluasi implementasi kegiatan kerjasama utk periode tahun 2016-2018 yg telah disepakati dalam JWG-1 di Cina tahun 2016.

Selain itu, kata Sadly, pertemuan ini juga untuk membahas dan menyetujui rencana kerja sama dan mengkoordinasikan pelaksanaannya dan isu-isu terkait lainnya sebagaimana tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) BMKG-CMA untuk periode 2 tahun berikutnya (2018-2020).

Dikutip dalam rilis resminya, kedua belah pihak menandatangani laporan ringkasan pertemuan (summary of meeting) 2nd Session of the Joint Working Group on Cooperation in Meteorology and Climatology.

BMKG dan CMA sepakat bahwa kerja sama akan dilakukan di tujuh bidang termasuk pertukaran data observasi meteorologi dan berbagi, pelatihan dan pendidikan, instrumen antar-perbandingan meteorologi, model operasional laut, pelatihan pelatih BMKG, pemodelan kualitas udara dan riset yng berkaitan dengan teknologi modifikasi cuaca.

Sementara, Ketua delegasi CMA, Yu Xinwen dalam sambutannya mengatakan CMA percaya bahwa kerjasama antara CMA-BMKG dapat lebih ditingkatkan di masa depan terutama dalam meningkatkan kualitas layanan meteorologi dan klimatologi untuk Disaster-Risk Reduction (DRR) dan pengembangan kapasitas (capacity building).

“CMA membuka peluang seluas-luasnya bagi meteorologist muda Indonesia untuk mengikuti program Pendidikan Beasiswa yang disponsori oleh pemerintah Cina melalui berbagai universitas di negara tersebut,” jelas Yu Xinwen.

Berita Lainnya
Heli MI-8 Lakukan ‘Water-Bombing’ Wilayah Terdampak Likuifaksi Sulteng PALU, TAJUKTIMUR.COM – Helikopter MI-8 mulai melakukan kegiatan water-bombing atau pengemboman material disinfektan di wilayah terdampak likuifaksi, seperti Petobo, Balar...
Iklan Rekening Dianggap Curi Start Kampanye, Ini Komentar Erick Thohir JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menanggapi soal adanya dugaan pelanggaran kampanye dalam pemasangan iklan berisi nomor reken...
Istri Meninggal Dunia Saat Suami Tunaikan Tugas SAR di Palu PALU, TAJUKTIMUR.COM — Alfrits Rottie, anggota Basarnas Gorontalo sedang sibuk melakukan misi kemanusiaan terhadap korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, tiba-...
Ketika Suara Kaum Ibu Menjadi Kekuatan Politik JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Tingginya tingkat populasi (jumlah) kaum perempuan di Indonesia ternyata menjadi target tersendiri dalam dunia politik terutama saat pilpres. Ta...
AMCF Dirikan Tenda Hunian Sementara untuk Pengungsi Gempa Donggala DONGGALA,TAJUKTIMUR.COM - Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) mendirikan tenda hunian sementara (huntara) untuk korban gempa dan tsunami di Lapangan Bola Sipi, Sipi, Si...
Kanal: Nasional