Loading...

BNPB: Waspadai Kebakaran Hutan Saat Asian Games

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan kebakaran hutan saat pelaksanaan Asian Games 2018 di Palembang harus diwaspadai.

“Agustus dan September 2018 penyelenggaraan Asian Games. Itu adalah puncak musim kemarau, sementara Sumatera Selatan langganan kebakaran hutan dan lahan karena lahannya gambut,” kata Sutopo.

Menurut dia hal itu harus diantisipasi jauh-jauh hari, terutama aspek pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Upaya pemadaman bila kebakaran hutan dan lahan terjadi tetap dipersiapkan. Namun, lebih baik betul-betul mencegah agar tidak terjadi kebakaran.

“Kalau sampai terjadi kebakaran kemudian asapnya sampai menutupi arena olahraga, pasti akan membuat kita malu. Karena itu, Presiden Joko Widodo pasti akan menaruh perhatian khusus untuk menyukseskan Asian Games 2018,” tuturnya.

Menurut Sutopo, pengalaman pada 2015, 2016 dan 2017 membuat BNPB dan pemangku kepentingan lainnya lebih percaya diri bahwa kebakaran hutan dan lahan bisa diatasi.

“Tahun 2017 sudah lebih baik daripada 2016. Kita punya data pembandingnya mulai dari 2015 hingga 2017. Paling parah adalah 2015,” katanya.

Pengalaman menangani kebakaran hutan dan lahan pada 2015, 2016 dan 2017 menunjukkan antisipasi kebakaran dilakukan dengan baik.

Kalau pun terjadi kebakaran hutan dan lahan, tetapi dapat dilokalisasi dan tidak meluas. Kebakaran tidak menimbulkan asap dan aktivitas bandara serta penerbangan tetap berjalan normal.

(dwisan/ttcom)

Berita Lainnya
Jumat ini KPK Jadwalkan Ulang pemeriksaan Rommy JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Romah...
Gempa Bumi Berkekuatan 4,7 Magnitudo Guncang Pangandaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa Bumi berkekuatan magnitudo 4,7 terjadi di Pangandaran, Jawa Barat. P...
Penyebar Konten Terorisme Diancam UU-ITE, PKS: Bersikap Bijaklah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menanggapi kejadian terorisme yang membunuh puluhan umat Islam yang sedang...
F-PKS Minta Kemenlu dan KBRI Lindungi WNI di Selandia Baru JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengutuk penembakan brutal kepada pulu...
Gempa 6,2 Magnitudo Guncang Talaud PALU, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa telah t...
Kanal: Asian Para Games 2018 Nasional