Loading...

Cegah Aksi Separatis Papua, Pemerintah Lakukan Diplomasi dengan Pasifik Selatan

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Pemerintah mengaku akan terus melakukan diplomasi terhadap negara-negara di Pasifik Selatan untuk menekan aksi separatisme di Papua.

Ini menyusul adanya rencana aksi deklarasi Negara Republik Federal Papua Barat di Papua yang berhasil dibubarkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan aksi deklarasi tersebut berhasil digagalkan berkat langkah diplomasi yang dilakukan Indonesia dengan negara Pasifik.

“Mereka merasa gerah sekali soal kegiatan soft diplomacy. Yang kita lakukan ofensif, langkah yang nyata. Kita kan mengundang teman-teman dari Pasifik Selatan ke Indonesia. Kemarin dari Micronesia, sebelumnya dari Nauru,” ujar Menteri Wiranto di kantornya, Kamis.

Menurut dia, aksi deklarasi tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Sebab, menurut dia, aksi tersebut pernah terjadi sebelumnya. Dia pun memastikan bakal melawan jika aksi deklarasi terjadi kembali.

“Bisa membuat surat merdeka, membuat surat pisah, sejak dulu juga ada seperti itu, tidak usah kita gaduhkan,” tegas Menteri Wiranto.

Dia pun menyatakan negara-negara Pasifik Selatan yang selama ini seringkali mengangkat isu Papua terkejut setelah meninjau langsung ke wilayah Timur Indonesia itu.

Negara-negara tersebut, kata dia, terkejut lantaran pembangunan infrastuktur di sana sudah dilakukan dan tidak sesuai dengan isu ketidakadilan Indonesia terhadap Papua yang selama ini muncul.

“Kita memberikan kesempatan untuk melihat fakta. Dan ternyata teman-teman kita dari Pasifik Selatan, dari negara lain termasuk dari Australia, melihat sendiri dan bertemu sendiri,” jelas Menteri Wiranto.

Berita Lainnya
SPKKL Kupang Uji Coba Aplikasi Pelaporan Kejadian Laut Berbasis Android KUPANG, TAJUKTIMUR.COM - SPKKL Kupang mengajak peran serta masyarakat pesisir dalam menjaga keamanan...
BMKG: Waspada Potensi Banjir dan Longsor Meningkat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau masuknya mus...
Kemenag Uji Coba Sistem Daftar Nikah Online JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Agama telah meluncurkan Sistem Informasi Pernikahan Berbasis W...
KPI minta PRSSNI Dorong Anggotanya Hindari Pelanggaran Siaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meminta Persatuan Radio Swasta Siaran Nas...
Pengamat: Publik Harus Pertanyakan Program Capres-Cawapres JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Pusat Studi Konstitusi Universitas Andalas Feri Amsari mengatakan...
Kanal: Nasional