Loading...

Cegah Aksi Separatis Papua, Pemerintah Lakukan Diplomasi dengan Pasifik Selatan

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Pemerintah mengaku akan terus melakukan diplomasi terhadap negara-negara di Pasifik Selatan untuk menekan aksi separatisme di Papua.

Ini menyusul adanya rencana aksi deklarasi Negara Republik Federal Papua Barat di Papua yang berhasil dibubarkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan aksi deklarasi tersebut berhasil digagalkan berkat langkah diplomasi yang dilakukan Indonesia dengan negara Pasifik.

“Mereka merasa gerah sekali soal kegiatan soft diplomacy. Yang kita lakukan ofensif, langkah yang nyata. Kita kan mengundang teman-teman dari Pasifik Selatan ke Indonesia. Kemarin dari Micronesia, sebelumnya dari Nauru,” ujar Menteri Wiranto di kantornya, Kamis.

Menurut dia, aksi deklarasi tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Sebab, menurut dia, aksi tersebut pernah terjadi sebelumnya. Dia pun memastikan bakal melawan jika aksi deklarasi terjadi kembali.

“Bisa membuat surat merdeka, membuat surat pisah, sejak dulu juga ada seperti itu, tidak usah kita gaduhkan,” tegas Menteri Wiranto.

Dia pun menyatakan negara-negara Pasifik Selatan yang selama ini seringkali mengangkat isu Papua terkejut setelah meninjau langsung ke wilayah Timur Indonesia itu.

Negara-negara tersebut, kata dia, terkejut lantaran pembangunan infrastuktur di sana sudah dilakukan dan tidak sesuai dengan isu ketidakadilan Indonesia terhadap Papua yang selama ini muncul.

“Kita memberikan kesempatan untuk melihat fakta. Dan ternyata teman-teman kita dari Pasifik Selatan, dari negara lain termasuk dari Australia, melihat sendiri dan bertemu sendiri,” jelas Menteri Wiranto.

Berita Lainnya
BPN Prabowo-Sandi Gelar Nobar Debat Capres JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi akan menggelar nonton bareng...
Lion Air Tergelincir di Bandara Supadio, Tim Sar Evakuasi Penumpang PONTIANAK, TAJUKTIMUR.COM - Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi penumpang Lion Air JT-714 rute Ja...
GNPF-U Dukung Janji Kampanye PKS Lindungi Ulama JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Rancangan Undang-Undang Perlindungan Ulama, Tokoh Agama dan Simbol Agama y...
Sandiaga Uno Doakan Ani Yudhoyono Segera Sembuh JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno meng...
Ribuan Pegawai Dirumahkan, Presiden akan Panggil PT Freeport JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memanggil manajemen PT Freeport Indones...
Kanal: Nasional