Loading...

Dari 73 Parpol, Hanya 27 Yang Daftar ke KPU RI

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi menutup masa pendaftaran bagi partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019 pada pukul 24.00 WIB, Senin (16/10) malam. Sebanyak 27 parpol telah mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2019 hingga pendaftaran ditutup.

Komisioner KPU, Hasyim Asy’ari mengatakan dari 73 parpol yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham), hanya 31 parpol yang bisa mengakses sistem informasi partai politik (sipol). Semua parpol yang ingin mengikuti Pemilu 2019 wajib mengisi sipol.

“Sampai pukul 24.00 WIB ini tadi, ada 27 parpol yang mendaftar ke KPU. Berarti ada empat yang tidak mendaftar walaupun sudah memperoleh akses sipol,” ujar Hasyim saat konferensi pers di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/10) dini hari.

Dari 27 parpol yang sudah mendaftar, baru 10 parpol yang berkasnya telah lengkap dan status pendaftarannya diterima oleh KPU. Sementara, 17 parpol lainnya masih dalam proses pemeriksaan kelengkapan dokumen persyaratan.

“Sudah ada 10 parpol yang diberi tanda terima terima oleh KPU dan masih ada 17 parpol lain yang masih dalam proses pemeriksaan dokumen,” katanya.

Melihat kondisi tersebut, lanjut Hasyim, KPU memberi toleransi kepada parpol yang sudah mendaftar untuk melengkapi berkas hingga Selasa (17/10) pukul 24.00 WIB.

“Perpanjangan waktu ini berlaku selama 1×24 jam sejak penutupan pendaftaran pada Senin pukul 24.00 WIB malam,” tuturnya.

Hasyim menegaskan toleransi waktu 1×24 jam bukan untuk memperpanjang waktu pendaftaran. Menurutnya, waktu pendaftaran tetap 14 hari, dari 3 Oktober hingga pada 16 Oktober 2017. KPU tidak lagi menerima pendaftaran parpol setelah 16 Oktober 2017 pukul 24.00 WIB.

“Ini bukan memperpanjang waktu pendaftaran. Pendaftaran sudah ditutup, namun parpol yang sudah daftar tadi, diberi kesempatan untuk melengkapi dokumen selama 1 x 24 jam ke depan,” katanya.

Berikut update terkini 27 Parpol yang mendaftar ke KPU RI, seperti dikutip dari laman kpu.go.id Selasa (17/10)

(dwisan/ttcom)

Berita Lainnya
Ukhuwah Islamiyah Wujudkan Pemilu Damai 2019 TANGERANG SELATAN, TAJUKTIMUR.COM - Mabes Polri bekerja sama dengan yayasan Majelis Taklim Ad Dzikri...
Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Awasi Tarif Maskapai JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Perhubungan mengeluarkan edaran kepada Unit Penyelenggara Band...
Masyarakat Terlibat Politik Uang Bisa Dipidana PALU, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Sulawesi Tengah, Ruslan Husein, menegaska...
Dompet Dhuafa Gelar Kampanye Humanesia JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Dompet Dhuafa menggelar aksi humanesia. Aksi kampanye ini dengan semangat ...
KPK: UU Tipikor di Indonesia Belum Berstandar Internasional JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai Undang-Undang RI Antikorupsi No...
Kanal: Nasional