Loading...

Dari Hasil Sayembara, Inilah Logo Bawaslu Yang Baru

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI secara resmi meluncurkan logo barunya. Logo baru ini diklaim Bawaslu terlihat tampak lebih dinamis ketimbang logo sebelumnya.

Adapun penampakkan logo baru ini menggambarkan dua buah tangan yang melindungi sebuah kotak suara dan tanda panah yang dihasilkan oleh ruang di antara kedua tangan tersebut.

Logo baru ini pun dilengkapi oleh tulisan ‘Bawaslu’. Sangat berbeda pada logo sebelumnya, dimana terdapat burung garuda di tengah bendera merah putih yang berbentuk bulat.

Jika dilihat secara sepintas, logo tersebut juga tampak seperti sebuah surat suara yang akan masuk ke dalam sebuah kotak suara.

Meski demikian, Anggota Bawaslu RI, Muhammad Afifuddin mengungkapkan, logo baru ini menyimbolkan semangat Bawaslu dalam merangkul masyarakat guna mengawasi dan menegakkan keadilan Pemilu.

“Logo baru ini energi bagi kita (Bawaslu). Simbol semangat partisipasi masyarakat dalam mengawasi pemilu dan semangat bagi kita untuk menegakkan keadilan pemilu,” katanya dalam peluncuran ‘Bawaslu Mengawasi dan logo baru Bawaslu’ di Jakarta, Kamis (21/9/17).

Dijelaskan lebih jauh, gambar dua tangan yang melindungi kotak suara pada logo tersebut melambangkan kerja sama Bawaslu dengan rakyat untuk mengawal pemilu dengan profesional, netral dan kredibel. Sementara anak panah yang mengarah ke atas menunjukkan adanya semangat dalam penegakan keadilan pemilu, integritas, cita-cita mulia dan optimisme.

Afif menjelaskan, bahwa logo baru tersebut didapat dari sebuah sayembara desain logo Bawaslu yang diselenggarakan sejak Agustus lalu. Dan diikuti lebih dari 1.000 desain yang diterima panitia. Animo masyarakat untuk ikut dalam lomba logo ini sangat besar. Artinya, Bawaslu sudah menjadi milik masyarakat.

“Slogannya itu adalah kebersatuan antara kekuatan rakyat bersama Bawaslu, termasuk juga merangkum bahwa Bawaslu ini punya fungsi untuk menegakkan keadilan pemilu karena kita punya kewenangan yg baru mengenai penindakan dalam sengketa,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu RI, Abhan dalam keterangan resminya di Kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin Nomor 14, Jakarta Pusat, Senin (18/9/17) menyampaikan, logo baru merupakan semangat penyegaran bagi Bawaslu, dan sekaligus gambaran atas visi dan misi Bawaslu yang terangkum dalam slogan baru tersebut.

Seperti diketahui, Juni lalu Bawaslu meluncurkan slogan baru yaitu “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu.”

Abhan mengatakan, semangat tersebut tidak tertuang dalam logo Bawaslu sebelumnya. Oleh karena itu, pihaknya menginisiasi penggunaan logo baru Bawaslu.

Dengan demikian, diharapkan agar masyarakat tetap mendukung upaya Bawaslau dalam menegakkan keadilan pemilu bersama rakyat, dan tidak menjadikan logo baru Bawaslu yang tidak lagi menggunakan simbol Pancasila dan bendera Merah Putih sebagai kontroversi.

Peluncuran logo baru tersebut diselenggarakan bersamaan dengan peluncuran #BawasluMengawasi. Peluncuran tersebut menandakan dimulainya proses pengawasan tahapan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu Serentak 2019.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
Sandiaga: Kami Berkomitmen untuk tidak Mengambil Gaji se-rupiah pun JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno me...
Aa Gym: Prabowo-Sandi Pilihan Hati JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - KH Abdullah Gymanstiar memberikan dukungan untuk capres dan cawapres nomor...
Lembaga Penyiaran Diminta Ikuti Aturan Main di Masa Tenang Pemilu 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Memasuki hari masa tenang Pemilu 2019, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) me...
Habib Rizieq Shihab Sampaikan 10 Alasan Prabowo-Sandi Disambut Rakyat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) menyampaika...
Massa Pendukung 02 Siap #PutihkanGBK, Polisi Siapkan Rekayasa Lalulintas JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pihak kepolisian menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) untuk menghindari...
Kanal: Nasional