Loading...

Debat Kedua Capres Mendekati Debat Capres Versi Pemilu di Amerika

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Debat Kedua Calon Presiden malam ini akan kembali diselenggarakan. Acara debat kedua capres digelar di Hotel Sultan, Senayan Jakarta. Berdasarkan informasi yang beredar pada debat kedua ini terdiri dari enam segmen dengan tema debat yakni infrastruktur, energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Pada segmen pertama dan kedua dalam debat capres malam nanti kedua capres akan dipersilakan mengambil pertanyaan secara acak.
Masing-masing capres nantinya akan menjelaskan visi-misi.
Kemudian mereka akan mengambil pertanyaan terkait tema infrastruktur, energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup yang akan ditanyakan pada segmen-segmen berikutnya.

Pada segmen kedua debat capres 2019, para capres akan mendalami visi-misi terkait infrastruktur serta energi dan pangan.

Pada segmen ketiga, para capres akan mendalami visi-misi terkait sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Dalam segmen kedua dan ketiga, masing-masing capres diberikan waktu untuk saling menanggapi visi-misi lawan.

Kemudian pada segmen keempat, akan berlangsung debat eksploratif.

Pertanyaan yang telah disusun panelis telah diaktualisasikan dalam bentuk video, dan akan ditanggapi para capres.

Menanggapi persiapan-persiapan yang telah dilakukan untuk menghadapi debat kedua, masing-masing ketua tim sukses capres menegaskan bahwa debat kedua capres kali ini bukanlah ajang tarung melainkan ajang untuk penyampaian visi-misi. Seperti yang disampaikan oleh ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga,
Jenderal TNI (purn) Djoko Santoso saat tiba dilokasi debat mengatakan bahwa untuk menghadapi debat terutama pada sesi tarung bebas sudah memiliki tim kordinator masing-masing yang menangani. Yang terpenting pada sesi debat “tarung bebas”, menurutnya adalah lebih pada penyampaian visi dan misi capres, bukan pada arti pertarungan yang sesungguhnya. “Saya kira setiap capres sudah mempunya visi dan misi, mulai dari infrastruktur hingga pangan. Dan sejak Prabowo masih Kapten dia sudah punya pemikiran itu. Kini sudah tua tinggal mempertajam lagi”, ujar Djoko Santoso optimis.

Tidak jauh berbeda dengan yang diungkapkan oleh Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Amin, Arsul Sani saat tiba dilokasi debat ia mengatakan persiapan utama yang dilakukan oleh TKN adalah mempersiapkan hal-hal sesuai materi, diantaranya terkait tema infrastruktur akan diungkapkan apa yang telah dan akan dilakukan oleh Jokowi kedepan. Dan menurutnya debat kedua capres kali ini lebih mendekati debat capres di Amerika Serikat yang pernah diikuti oleh Hillary Clinton dan Barrack Obama.

“Kalau berbicara tentang “tarung bebas”, kira-kira debat yang dimaksud mendekati debat capres di Amerika pada saat versus Hillary Clinton dan Barack Obama, tapi tanpa melupakan asal kultur di Indonesia. Sebab ini ada bagian debat yang bebas tapi konteksnya tetap dalam perpolitikan Indonesia”, ungkap Arsul.

Ia juga memastikan bahwa kesiapan dari pihak Jokowi-Amin sudah maksimal dilakukan oleh tim.

Debat capres babak kedua ini termasuk dalam lima babak debat pilpres 2019 dengan debat pertama mengenai hukum, HAM, korupsi dan terorisme yang telah digelar sebelumnya pada 17 Januari 2019 di hotel Bidakara, Jakarta. Sejumlah tokoh penting dari kedua paslon Capres sudah banyak yang berdatangan dilokasi sejak sore tadi, begitupun dengan tamu-tamu undangan lainnya dan para relawan pendukung masing-masing paslon yang selalu meneriakkan yel-yelnya setiap kali melihat kedatangan tokoh-tokoh. Acara inti debat kedua Capres sendiri dimulai pukul 20.00 hingga 22.00 WIB.

Debat terakhir yakni debat babak kelima akan mengangkat tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri sekaligus akan menjadi debat pamungkas bagi seluruh rangkaian debat pilpres 2019.

Berita Lainnya
Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Seluma Bengkulu JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,3 mengguncang Seluma, Bengkulu, Sab...
Jumat ini KPK Jadwalkan Ulang pemeriksaan Rommy JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Romah...
Gempa Bumi Berkekuatan 4,7 Magnitudo Guncang Pangandaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa Bumi berkekuatan magnitudo 4,7 terjadi di Pangandaran, Jawa Barat. P...
Penyebar Konten Terorisme Diancam UU-ITE, PKS: Bersikap Bijaklah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menanggapi kejadian terorisme yang membunuh puluhan umat Islam yang sedang...
KPU Maluku Utara jadwalkan pemasangan iklan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) menjadwalkan pem...
Kanal: Nasional Pemilu