Loading...

Dewan Pers: Media Bisa Jadi Senjata Terorisme

BENGKULU (TAJUKTIMUR.COM) – Anggota Dewan Pers Indonesia, Jimmy Silalahi menyebutkan media, baik arus utama maupun sosial berpotensi menjadi senjata terorisme untuk menyebarkanluaskan ketakutan pada masyarakat.

“Terutama media sosial yang menyasar publik yang sebagian besar belum bisa membedakan informasi dan berita,” kata Jimmy saat seminar Literasi Media sebagai Upaya Cegah dan Tangkal Paham Radikal dan Terorisme di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan, fenomena berita bohong atau “hoax”, cukup rentan dimanfaatkan oleh kelompok teroris untuk menyebarluaskan paham terorisme dan radikalisme.

Karena itu, masyarakat harus cerdas membedakan informasi dan berita. Pencerdasan masyarakat atau edukasi salah satunya dapat dilakukan melalui media massa.

“Dalam beberapa kasus justru media arus utama juga terjebak dengan hoax seperti beberapa pemberitaan yang dilaporkan ke Dewan Pers,” ucapnya.

Padahal, media memiliki tanggungjawab dalam menangkal paham radikalisme dan terorisme.

Kegiatan yang digagas Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Bengkulu itu juga menghadirkan Anggota DPD asal pemilihan Bengkulu, Eni Khairani.

Menurut Eni, media sosial menjadi wadah yang sangat efektif bagi teroris dan radikalis untuk mencuci otak para generasi muda.

“Literasi perlu ditingkatkan untuk menangkal paham ideologi sesat dan pemerintah juga sudah meningkatkan pengawasan konten berbahaya,” tuturnya.

Seminar yang menghadirkan seratusan jurnalis media televisi, radio, daring (online) dan cetak itu juga membuka kesempatan bagi peserta untuk berdialog dengan pembicara.

(dwisan/ttcom)

Berita Lainnya
Mendagri Optimis Pemilu 2019 Berlangsung Luber dan Jurdil JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yakin bahwa Pemilu 2019 akan...
PKPU HI Raih Penghargaan ‘Moeslim Choice Award 2018’ JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PKPU Human Initiative (HI) memperoleh penghargaan anugerah Moeslim Choice...
Wiranto: Operasi Penyelamatan Korban KKB Terus Dilakukan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), W...
Proyek Palapa Ring Terkendala Peristiwa Nduga JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pengerjaan proyek jaringan infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring paket ...
Wapres: Elit Papua Harus Berperan Atasi Konflik JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan tokoh masyarakat, tokoh adat, pejaba...
Kanal: Nasional