Loading...

Dinas Pendidikan Kota Depok Gratiskan Siswa Miskin di Sekolah Swasta

DEPOK, TAJUKTMUR.COM – Pemerintah Kota Depok, Provinsi Jawa Barat siap membantu siswa miskin untuk bersekolah di sekolah swasta melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Mereka semua masih bisa bersekolah secara gratis di sekolah swasta. Di semester I tahun ajaran 2018/2019, dana BOS APBD yang diberikan ke 160 SMP swasta akan dialokasikan untuk kebutuhan siswa miskin,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin.

Mengenai jumlahnya, dana BOS APBD yang dialokasikan untuk siswa miskin di sekolah swasta sebesar Rp 3 juta persiswa setiap tahun. Dana tersebut akan ditransfer ke sekolah setiap semester sebesar Rp 1,5 juta.

“Untuk pencairannya menunggu APBD perubahan Kota Depok. Nah, bagi sekolah swasta yang tidak menerima siswa miskin, maka tidak akan mendapatkan dana BOS APBD dan bantuan kesejahteraan rakyat untuk guru swasta,” katanya.

Mengenai adanya penolakan di sekolah-sekolah negeri kata dia, itu disebabkan karena daya tampung dan jumlah sekolah negeri yang terbatas. Disdik menentukan kuota penerimaan siswa miskin hanya sebesar 20 persen.

Saat ini, lanjut Mohammad Thamrin, jumlah sekolah negeri di Depok ada 272 Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan 26 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN).

“Jadi intinya bukan penolakan terhadap siswa miskin. Tapi karena daya tampung sekolah negeri terbatas, sehingga kami membatasinya sebesar 20 persen,” ujarnya.

Misalnya, jelas Mohammad Thamrin, daya tampungnya 300 orang maka siswa miskin yang diterima hanya 60 orang. Sementara yang mendaftar sekitar 200 siswa di sekolah negeri.

Berita Lainnya
Pakar: Jokowi-Prabowo Pilih ‘Main Aman’ di Debat Capres SURABAYA, TAJUKTIMUR.COM - Pakar komunikasi politik asal Universitas Airlangga Suko Widodo menilai k...
Kementerian LHK Digabung, Ini Penjelasan JK JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla menjelaskan penggabungan Kementerian Lingkungan...
KPU: Debat Kedua Pilpres Lebih Lancar JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengatakan pelaksanaan d...
Indef: Visi Jokowi Terkait B100 Sulit Dicapai JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Berly ...
Soal Ledakan, Wiranto: Ada pihak yang iseng dan usil sengaja membuat kericuhan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wi...
Kanal: Nasional