Loading...

Dinas Pendidikan Kota Depok Gratiskan Siswa Miskin di Sekolah Swasta

DEPOK, TAJUKTMUR.COM – Pemerintah Kota Depok, Provinsi Jawa Barat siap membantu siswa miskin untuk bersekolah di sekolah swasta melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Mereka semua masih bisa bersekolah secara gratis di sekolah swasta. Di semester I tahun ajaran 2018/2019, dana BOS APBD yang diberikan ke 160 SMP swasta akan dialokasikan untuk kebutuhan siswa miskin,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin.

Mengenai jumlahnya, dana BOS APBD yang dialokasikan untuk siswa miskin di sekolah swasta sebesar Rp 3 juta persiswa setiap tahun. Dana tersebut akan ditransfer ke sekolah setiap semester sebesar Rp 1,5 juta.

“Untuk pencairannya menunggu APBD perubahan Kota Depok. Nah, bagi sekolah swasta yang tidak menerima siswa miskin, maka tidak akan mendapatkan dana BOS APBD dan bantuan kesejahteraan rakyat untuk guru swasta,” katanya.

Mengenai adanya penolakan di sekolah-sekolah negeri kata dia, itu disebabkan karena daya tampung dan jumlah sekolah negeri yang terbatas. Disdik menentukan kuota penerimaan siswa miskin hanya sebesar 20 persen.

Saat ini, lanjut Mohammad Thamrin, jumlah sekolah negeri di Depok ada 272 Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan 26 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN).

“Jadi intinya bukan penolakan terhadap siswa miskin. Tapi karena daya tampung sekolah negeri terbatas, sehingga kami membatasinya sebesar 20 persen,” ujarnya.

Misalnya, jelas Mohammad Thamrin, daya tampungnya 300 orang maka siswa miskin yang diterima hanya 60 orang. Sementara yang mendaftar sekitar 200 siswa di sekolah negeri.

Berita Lainnya
SPKKL Kupang Uji Coba Aplikasi Pelaporan Kejadian Laut Berbasis Android KUPANG, TAJUKTIMUR.COM - SPKKL Kupang mengajak peran serta masyarakat pesisir dalam menjaga keamanan...
BMKG: Waspada Potensi Banjir dan Longsor Meningkat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau masuknya mus...
Kemenag Uji Coba Sistem Daftar Nikah Online JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Agama telah meluncurkan Sistem Informasi Pernikahan Berbasis W...
KPI minta PRSSNI Dorong Anggotanya Hindari Pelanggaran Siaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meminta Persatuan Radio Swasta Siaran Nas...
Pengamat: Publik Harus Pertanyakan Program Capres-Cawapres JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Pusat Studi Konstitusi Universitas Andalas Feri Amsari mengatakan...
Kanal: Nasional