Loading...

Gelar Operasi Preman, Polrestabes Surabaya Amankan 113 Orang

SURABAYA (TAJUKTIMUR.COM) –  Menjelang bulan suci  ramadhan, Polrestabes Surabaya beserta jajarannya menggelar operasi tindak pidana ringan dengan menyisir kantong-kantong preman yang biasa berkeliaran dijalan raya. Dari sidak yang digelar hari ini (Kamis, 03/05/2018) Polrestabes Surabaya berhasil mengamankan 113 orang.

Dalam operasi tersebut, aparat menyisir titik-titik rawan preman mau pun pengamen jalanan yang tidak memiliki identitas.

Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya, Kompol Ali Purnomo didampingi Kasubag Humas Polrestabes Surabaya AKP Chyntia mengatakan bahwa pelaksanaan operasi ini akan terus ditingkatkan mulai hari ini (kamis 3/05/18) hingga menjelang puasa ramadhan,” ucapnya di depan halaman command center polrestabes surabaya.

“Selain antisipasi menjelang lebaran,juga antisipasi pertandingan sepak bola Persebaya Vs Arema Minggu besok (06/05/2018) di stadion Gelora Bung Tomo”, ujar Kompol Ali Purnomo di halaman Command Center Polrestabes Surabaya.

Ia menambahkan tujuan dari operasi ini adalah mencegah dan menekan adanya tindak kriminalitas di kota Surabaya, Jawa Timur demi memberikan rasa aman bagi warga kota Surabaya.

Ditempat yang sama Kasubag Humas Polresta Surabaya, AKP Chyntia menambahkan adanya ancaman pidana bagi pengemis jalanan.

“Barang siapa mengemis dimuka umum, karena melakukan pengemisan diancam kurungan paling lama enam minggu, pengemisan yang dilakukan oleh tiga orang atau lebih yang berumur diatas enam belas tahun diancam dengan kurungan paling lama tiga bulan”, tegas AKP Chyntia.

Atas perbuatan mengemis di muka umum menurutnya dapat dikenakan Pasal 505 KUHP yang berbunyi; “barang siapa bergelandangan tanpa pencaharian diancam karena melakukan pergelandangan dengan pidana paling lama tiga bulan dan pergelandangan yang dilakukan oleh tiga orang atau lebih berumur diatas enam belas tahun diancam pidana kurungan paling lama enam bulan.”(dw)

Berita Lainnya
Pasien Tulang Dapat Penanganan di RS Lapangan BSMI LOMBOK, TAJUKTIMUR.COM -- Wajah Haini (50 tahun) tersenyum usai mendapatkan perawatan gips dari dokter spesialis orthopedhi yang juga Ketua Majelis Pe...
Pengamat CIR: PKS Tidak Mengenal Mahar Politik JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Pernyataan Andi Arief, Wakil Sekjen Partai Demokrat, tentang mahar politik yang diberikan kepada PKS (Partai Keadilan Sejah...
KPK: LHKPN Cawapres Sandiaga Uno Dinyatakan Lengkap JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari Calon Wakil Presiden...
Ma’ruf Amin Dijadwalkan Bertemu Habib Rizieq Shihab, Ini Kata GNPF Ulama JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kiai Haji Ma'ruf Amin dijadwalkan akan menemui Habib Riziq Shihab saat melaksanakan ibadah haji pada Rabu (15/8) ini. Hal...
Laporan Harta Kekayaan Jokowi dan Prabowo Terverifikasi Lengkap JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menginformasikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari Calon Presiden ...
Kanal: Nasional