Loading...

Gubernur Sampaikan RAPBD 2018 di DPRD DKI Jakarta

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan pidatonya mengenai rancangan APBD tahun Anggaran 2018 di Rapat Paripurna DPRD Jakarta, Rabu (15/10).

Mengawali pidatonya Gubernur menyampaikan perkembangan indikator Makro Ekonomi yang menjadi pertimbangan dalam penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2018.

“Pertumbuhan ekonomi Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2018 diproyeksikan sebesar 6,12-6,52 persen, diatas proyeksi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2017 sebesar 6,03-6,43 persen,” papar Gubernur Anies dalam rapat paripurna.

Selanjutnya, Gubernur Anies juga menjelaskan Kebijakan Umum dalam Rancangan APBD dimana Pendapatan Daerah akan diarahkan pada peningkatan pajak dan tribusi melalui optimalisasi penerimaan salah satunya lewat transaksi elektronik Sedangkan untuk kebijakan Pembiayaan Daerah, sumber Penerimaan Pembiayaan Tahun 2018 direncanakan berasal dari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) Tahun 2017 dan pencairan pinjaman untuk Proyek MRT.

“Sedangkan untuk Belanja Daerah Tahun Anggaran 2018 direncanakan sebesar Rp71,16 triliun atau meningkat 11,87 persen dibandingkan dengan Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2017,” lanjutnya.

Belanja daerah tersebut dialokasikan dalam beberapa aspek. Gubernur menyampaikan fokus pengalokasian di mana program unggulan OK OCE, KJP Plus, rumah DP 0 rupiah, dan lainnya akan ter-cover.

Mengakhiri pidatonya Gubernur Anies juga berpesan kepada seluruh jajaran dan anggota DPRD untuk terus berkordinasi dengan baik. Hal itu disebabkan pada tahun depan Jakarta juga akan kedatangan event Asia Games yang sangat prestisius.

“Saya berharap Eksekutif dan Legislatif dapat menyelesaikan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2018 sesuai jadwal yang telah disepakati bersama,” tandasnya.

(dwisan/ttcom)

Berita Lainnya
Panglima Kogasgabpad Serahkan Kunci Rumah Kepada Warga Lombok LOMBOK, TAJUKTIMUR.COM - Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Rehabilitasi dan Reko...
PKS Targetkan Keterwakilan Perempuan di DPRD Sukabumi Naik SUKABUMI, TAJUKTIMUR.COM - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Sukabumi menargetkan keterwakilan pe...
Lion Air: Identifikasi Korban Masih Tetap Dilakukan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro m...
BIN: Tujuh PTN di 15 Provinsi Terpapar Paham Radikal JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Juru Bicara Badan Intelijen Nasional (BIN) Wawan Purwanto mengatakan, ada ...
Ma’ruf Amin Imbau Pendukung Capres Selalu Rukun MEDAN, TAJUKTIMUR.COM - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1 KH Ma'ruf Amin menyerukan, agar...
Kanal: Nasional