Loading...

Gunakan Kapal Kemanusiaan, AMCF Kirim Bantuan Logistik ke Palu

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Bencana Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah turut mendapat perhatian dari kalangan masyarakat dunia. Sejumlah bantuan pun mulai berdatangan, salah satunya datang dari Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) melalui Kapal Kemanusiaan (Humanitarian Boat) HB-04, Rabu (03/10/2018).

Bantuan dikirimkan dari Sulawesi Selatan menuju Sulawesi Tengah agar mempermudah distribusi bantuan logistik untuk korban gempa tsunami yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah. Kapal Kemanusiaan berfungsi mendatangi desa-desa terpencil di sepanjang garis pantai, yang tidak bisa dilalui jalur darat.

Dalam rilisnya, AMCF mengerahkan dua tim, yaitu tim laut dan darat. Dalam program tersebut, Kapal Kemanusiaan telah berangkat sejak Rabu dengan membawa kebutuhan dasar logistik berupa sembako, selimut, alas tidur, terpal, dan lainnya.

Tim Kemanusiaan AMCF Sulawesi Selatan menuju Sulawesi Tengah bersama tim medis, kru HB-04, relawan dan konselor. Tim Kemanusiaan akan bertugas selama 30 hari untuk tahap tanggap darurat.

Posko telah dipersiapkan oleh tim Kemanusiaan AMCF, yang telah berada di Palu sejak hari kedua kejadian bencana gempa tsunami di Palu dan Donggala (29/9). Tim kedua ini mengerahkan personil dan logistik lebih besar melalui jalur laut dan darat.

Direktur AMCF Ahmad Faisal Siregar memberikan komando kepada kapten Kapal Kemanusiaan HB-04 untuk segera berlayar menuju desa yang belum tersentuh bantuan di Palu atau Donggala.

“Korban gempa dan tsunami bukan hanya banyak di kota, tetapi juga banyak di daerah perbatasan sepanjang garis pantai. Sehingga belum diketahui seperti apa kondisi mereka saat ini, karena jalur transportasi putus. Kapal Kemanusiaan ini bertujuan untuk memberikan bantuan logistik kesehatan bagi korban yang tidak bisa diakses oleh jalur darat,” ungkapnya.

Selain mengirim lewat laut, bantuan darat pun berangkat dari Makassar untuk mengangkut logistik yang sama. Konvoi mobil kemanusiaan dipimpin oleh Taufan Darmawan selaku Komandan operasi tanggap bencana Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

AMCF pun membuka kesempatan kerjasama dengan berbagai pihak untuk menyalurkan bantuan tanggap bencana tsunami Palu dan Donggala. Dalam memenuhi operasional Kapal Kemanusiaan, AMCF masih membutuhkan BBM dalam melaksanakan program yang akan berlangsung selama dua minggu.

Berita Lainnya
Gerindra Dukung Polri Berantas Hoax JAKARTA,TAJUKTIMUR.COM , Meskipun partai Gerindra konsen terhadap upaya mengkritisi kinerja Pemerintahan Jokowi terutama dalam bidang ekonomi, namun dukungan terhadap Pol...
Partai Demokrat Optimistis Raih 15 Persen Kursi DPR RI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Putu Supadma Rudana menegaskan bahwa partainya optimistis meraih 15 persen kursi DPR RI atau sekit...
Ganjil Genap Diperpanjang Hingga Akhir Tahun, Ini Empat Rute Alternatifnya JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Perhubungan DKI menyiapkan empat rute alternatif yang bisa dipakai pengguna jalan untuk menghindari penerapan aturan ganjil genap di jalan...
Mulai Hari Ini, Ganjil Genap Berlaku Pukul 06.00-10.00 dan 16.00-20.00 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pemberlakuan sistem ganjil genap di sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta diperpanjang hingga akhir tahun 2018. “Mulai hari Senin (15/10), kebij...
Sohibul Iman: Banyak Pihak Ingin PKS Nangis Bombay DEPOK, TAJUKTIMUR.COM - Presiden PKS Sohibul Iman mengungkapkan, jelang Pemilu 2019 selalu ada provokasi-provokasi terhadap para kadernya. Hal itu juga memang menandakan ...
Kanal: Nasional