Loading...

Gunakan Kapal Kemanusiaan, AMCF Kirim Bantuan Logistik ke Palu

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Bencana Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah turut mendapat perhatian dari kalangan masyarakat dunia. Sejumlah bantuan pun mulai berdatangan, salah satunya datang dari Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) melalui Kapal Kemanusiaan (Humanitarian Boat) HB-04, Rabu (03/10/2018).

Bantuan dikirimkan dari Sulawesi Selatan menuju Sulawesi Tengah agar mempermudah distribusi bantuan logistik untuk korban gempa tsunami yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah. Kapal Kemanusiaan berfungsi mendatangi desa-desa terpencil di sepanjang garis pantai, yang tidak bisa dilalui jalur darat.

Dalam rilisnya, AMCF mengerahkan dua tim, yaitu tim laut dan darat. Dalam program tersebut, Kapal Kemanusiaan telah berangkat sejak Rabu dengan membawa kebutuhan dasar logistik berupa sembako, selimut, alas tidur, terpal, dan lainnya.

Tim Kemanusiaan AMCF Sulawesi Selatan menuju Sulawesi Tengah bersama tim medis, kru HB-04, relawan dan konselor. Tim Kemanusiaan akan bertugas selama 30 hari untuk tahap tanggap darurat.

Posko telah dipersiapkan oleh tim Kemanusiaan AMCF, yang telah berada di Palu sejak hari kedua kejadian bencana gempa tsunami di Palu dan Donggala (29/9). Tim kedua ini mengerahkan personil dan logistik lebih besar melalui jalur laut dan darat.

Direktur AMCF Ahmad Faisal Siregar memberikan komando kepada kapten Kapal Kemanusiaan HB-04 untuk segera berlayar menuju desa yang belum tersentuh bantuan di Palu atau Donggala.

“Korban gempa dan tsunami bukan hanya banyak di kota, tetapi juga banyak di daerah perbatasan sepanjang garis pantai. Sehingga belum diketahui seperti apa kondisi mereka saat ini, karena jalur transportasi putus. Kapal Kemanusiaan ini bertujuan untuk memberikan bantuan logistik kesehatan bagi korban yang tidak bisa diakses oleh jalur darat,” ungkapnya.

Selain mengirim lewat laut, bantuan darat pun berangkat dari Makassar untuk mengangkut logistik yang sama. Konvoi mobil kemanusiaan dipimpin oleh Taufan Darmawan selaku Komandan operasi tanggap bencana Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

AMCF pun membuka kesempatan kerjasama dengan berbagai pihak untuk menyalurkan bantuan tanggap bencana tsunami Palu dan Donggala. Dalam memenuhi operasional Kapal Kemanusiaan, AMCF masih membutuhkan BBM dalam melaksanakan program yang akan berlangsung selama dua minggu.

Berita Lainnya
Pakar Hukum: Pembebasan Baasyir Bisa Kacaukan Sistem Hukum JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pakar Hukum Pidana Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar menilai pembe...
Menkominfo Dorong Anak Muda Buat Konten Kreatif di Medsos JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak anak-anak muda, ter...
Presiden Jadi Peserta Acara Cukur Massal di Garut GARUT, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Joko Widodo mendatangi lokasi wisata Situ Bagendit yang terletak di...
KPU tak lagi Bocorkan Kisi-Kisi Debat Pilpres JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tidak lagi memberikan kisi-kisi pertanyaan ...
Ustaz Abu Bakar Ba’asyir Bebas, TKN: Bukti Jokowi Cinta Ulama JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syad...
Kanal: Nasional