Loading...

Hujan Deras Sejak Sabtu, Sejumlah Lokasi di Depok Dilaporkan Alami Longsor

DEPOK, TAJUKTIMUR.COM – Hujan deras yang melanda Kota Depok sejak Sabtu (10/11) hingga Minggu (11/11) mengakibatkan sejumlah tempat mengalami bencana longsor. Satgas Banjir Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melaporkan, bencana longsor terjadi di Jalan Benda Keramat, Perumahan Bukit Cengkeh I, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis dan di sisi Kali Baru di Jalan Raya Bogor RW 05, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos.

“Kami dapat laporan telah terjadi longsor di Jalan Benda Keramat, Cimanggis dan di Jalan Raya Bogor, Tapos. Belum ada laporan korban jiwa,” ujar Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Pemkot Depok, Citra Indah Yulianti.

Citra mengutarakan, pihaknya sudah menugaskan Satgas Banjir untuk melakukan bantuan evakuasi material longsor dan penanganan sementara untuk mencegah longsor susulan. “Penanganan sementara memasang terpal untuk menahan material longsoran dan memasang penopang berupa bambu dan kayu di sisi lahan yang longsor,” jelasnya.

Informasi yang didapat, peristiwa tanah longsor yang terjadi di Jalan Benda Keramat, Cimanggis, pada Minggu (11/11) sekitar pukul 15.00 WIB akibatnya meluapnya air dari saluran air. Sedangkan longsor di sisi Kali Baru di Jalan Raya Bogor, Tapos terjadi pada Minggu (11/11) sekitar pukul 05.00 WIB. Longsor diakibatkan air yang meluap dari Kali Baru.

“Longsor di Cimanggis mengakibatkan dua bangunan, warung kopi dan pos keamanan amblas dan terbawa arus air, sedangkan longsor di Tapos membuat di bagian belakang Musholla Al-Jihad ambruk,” terang Citra.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar).dan Penyelamatan Pemkot Depok, Gandar Budiana menegaskan, pihaknya turut membantu bencana longsor di kedua lokasi tersebut. “Kami terjunkan anggota untuk membantu evakuasi korban longsor,” ucap Gandara.

Ketua RW 1 Perumahan Bukit Cengkeh I, Slamet Riyadi mengungkapkan, kejadian longsor saat hujan deras yang menyebabkan air meluap dari saluran air yang mengalir cukup kencang.

“Ada empat orang yang sempat terhanyut derasnya air, berhasil diselamatkan dan hanya mengalami luka-luka ringan,” ungkapnya.

Berita Lainnya
Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Seluma Bengkulu JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,3 mengguncang Seluma, Bengkulu, Sab...
Jumat ini KPK Jadwalkan Ulang pemeriksaan Rommy JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Romah...
Gempa Bumi Berkekuatan 4,7 Magnitudo Guncang Pangandaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa Bumi berkekuatan magnitudo 4,7 terjadi di Pangandaran, Jawa Barat. P...
Penyebar Konten Terorisme Diancam UU-ITE, PKS: Bersikap Bijaklah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menanggapi kejadian terorisme yang membunuh puluhan umat Islam yang sedang...
F-PKS Minta Kemenlu dan KBRI Lindungi WNI di Selandia Baru JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengutuk penembakan brutal kepada pulu...
Kanal: Nasional