Loading...

IDEAS: Proyeksi Pemudik 2018 Capai 33,8 Juta Jiwa

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — Indonesia Development and Islamic Studies (IDEAS) memproyeksikan bahwa akan terdapat potensi 3,8 juta pemudik atau meningkat sekitar 2,2 persen dari tahun sebelumnya yang diperkirakan mencapai 33,0 juta pemudik.

Rilis kajian IDEAS di Jakarta, Sabtu, menunjukkan bahwa dari proyeksi 33,8 juta pemudik, sekitar 24,1 juta orang masih mengandalkan angkutan pribadi dan hanya sekitar 9,6 juta orang yang menggunakan angkutan umum.

Jumlah tersebut masing-masing menunjukkan peningkatan berturut-turut yaitu 0,6 persen (untuk pengguna angkutan pribadi), dan 6,5 persen (pengguna angkutan umum), dibandingkan dengan jumlah tahun sebelumnya.

IDEAS memproyeksikan mudik 2018 akan melibatkan hampir 10 juta kendaraan pribadi, yatu 3,2 juta mobil dan 6,4 juta sepeda motor, yang meningkat masing-masing 8,2 persen dan 6,7 persen year-on-year (yoy).

Selain itu, hasil kajan memproyeksikan bahwa sekitar 15,3 juta pemudik yang berstatus pekerja akan membawa remitansi ke kampung halaman mereka sebesar Rp58,6 triliun atau meningkat 5,6 persen yoy.

Dengan demikian, IDEAS memproyeksikan total perputaran uang selama musim mudik 2018 ini adalah sebesar Rp196,5 triliun.

Untuk sebuah perhelatan temporer dengan durasi kurang dari dua pekan, angka itu sangat signifikan atau setara 1,3 persen PDB nasional atau 8,8 persen APBN 2018.

Sebagaimana diwartakan, Wakil Ketua Komisi VI DPR Dito Ganinduto mengharapkan Jasa Marga sebagai pengelola jalan tol dapat benar-benar siap dalam menghadapi arus mudik dan arus balik pada lebaran tahun 2018 ini.

“Jasa Marga harus mempersiapkan dan menyediakan ‘rest area’, bahkan juga ketersediaan bahan bakar dan bengkel,” kata Dito Ganinduto.

Untuk itu, ujar dia, Jasa Marga juga harus bekerja sama dengan sejumlah pihak seperti Pertamina dan sejumlah perusahaan otomotif swasta.

Hal tersebut, lanjutnya, dapat bermanfaat antara lain untuk berkolaborasi dalam menyediakan tenaga tambahan di tempat peristirahatan.

Berita Lainnya
FKDMI: Jangan ada Politisasi di Tempat Ibadah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Umum Pengurus Pusat Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia, Moh. Nur Huda mengimbau agar dai muda ikut berperan aktif dalam mengawal Pemilu 2...
LSI: Masyarakat Puas dengan Sistem Demokrasi di Indonesia JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Lembaga Survei Indonesia (LSI) melakukan jajak pendapat terkait keberjalanan sistem demokrasi di Indonesia. Hasil jajak pendapat menyatakan, may...
Capres Prabowo Hadiri Resepsi Ulang Tahun Kerajaan Arab Saudi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Calon Presiden RI Prabowo Subianto mengaku akan menghadiri perayaan acara ulang tahun kerajaan Arab Saudi. Perayaan tersebut digelar di Hotel Su...
Prabowo Terima Aspirasi Dokter Spesialis dan Perawat, Apa yang Dibahas? JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Calon presiden Prabowo Subianto menerima aspirasi para dokter untuk membicarakan terkait masalah kesehatan nasional, di kediamannya di Jalan Ker...
Ma’ruf Amin: Masyarakat Indonesia utamakan persatuan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Calon Wakil presiden (cawapres) KH Ma'ruf Amin meminta masyarakat Indonesia mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya selama masa ka...
Kanal: Nasional