Loading...

Indonesia-Australia Sepakat Hormati Kedaulatan Masing-Masing Negara

BOGOR, TAJUKTIMUR.COM – Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat kepada Scott Morrison MP atas tugas baru sebagai Perdana Menteri (PM) Australia, sejak Jumat, 24 Agustus 2018 lalu.

Tak lupa Presiden Jokowi juga menyampaikan selamat datang ke Indonesia, yang merupakan negara pertama yang dikunjungi PM Australia itu.

“Hal ini dapat dimaknai sebagai komitmen kuat pemerintah baru Australia untuk terus membangun sebuah hubungan yang kuat, yang saling menghormati, dan saling menguntungkan,” kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers bersama PM Australia Scott Morrison, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/8) sore.

Dalam pertemuan dirinya dan PM Morrison itu, telah ditegaskan komitmen Indonesia untuk terus meningkatkan hubungan bilateral dengan Australia.

Ia menegaskan, Australia merupakan salah satu mitra penting Indonesia di kawasan. Kepala Negara juga menambahkan bahwa Australia juga merupakan salah satu mitra penting bagi ASEAN.

Sementara beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan bilateral, antara lain yang pertama Indonesia menyambut baik peningkatan hubungan dari Comprehensive Partnership menjadi Comprehensive Strategic Partnership.

Yang kedua, lanjut Presiden, Indonesia dan Australia juga menegaskan pentingnya keterbukaan ekonomi dan upaya memperkokoh hubungan ekonomi yang saling menguntungkan.

“Dalam kaitan ini kami menyambut baik selesainya perundingan substantif Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership,” ujarnya.

Ketiga, kedua negara juga menekankan pentingnya penghormatan hukum internasional dan penghormatan terhadap kedaulatan masing-masing negara.

Dan yang keempat, lanjut Presiden, Indonesia dan Australia juga sepakat kerja sama untuk terus meningkatkan kerja sama di bidang keamanan, termasuk di dalamnya di bidang cyber security.

Ditegaskan Presiden Jokowi, Indonesia dan Australia memiliki komitmen yang tinggi untuk terus berkolaborasi dalam penanganan isu kawasan dan dunia, termasuk di dalamnya pemberantasan terorisme. dan melanjutkan komunikasi mengenai pengembangan konsep Indo-Pasifik, serta mengenai isu Palestina.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyambut baik ditandatanganinya 3 MoU di bidang ekonomi kreatif, kerja sama keamanan siber, dan kerja sama di bidang transportasi

Berita Lainnya
KPU: Jokowi Tak Boleh Gunakan Istana untuk Kampanye JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melarang Presiden Joko Widodo menggunakan Istana Kepresidenan untuk agenda-agenda terkait pesta politik tahun depan....
Ini 36 Program Ekonomi Prabowo-Sandiaga untuk Indonesia Sejahtera JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Calon Presiden peserta Pilpres 2019 Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presidennya Sandiaga Uno telah mengirimkan visi dan misi kepada Komisi Pemi...
Nama Ketua Kadin Dan HIPMI Masuk Timses Jokowi-Ma’ruf JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Roslani dan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bahlil masuk ke da...
Indonesia Mendapat Alokasi USD 78,48 Juta untuk Lingkungan Hidup dan Kehutanan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Upaya pelestarian lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia mendapat dukungan internasional. Sebanyak USD 78,48 juta dari total dana Global En...
Wartawan Kompeten Bisa Jadi Agen Perubahan di Daerah SURABAYA, TAJUKTIMUR.COM - Wartawan kompeten serta profesional menjadi syarat mutlak. Berbagai upaya untuk mewujudkan itu terus dilakukan salah satunya adanya Uji Kompete...
Kanal: Nasional