Loading...

Indonesia Butuh Generasi Muda yang Kaya Konsep

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — Menteri Sosial, Idrus Marham mengatakan bangsa Indonesia membutuhkan generasi muda yang kaya konsep, ide dan gagasan sebagai modal untuk bersaing.

“Bangsa kita daya saing kurang, jadi tidak percaya diri karena tidak mempunyai modal. Apa yang dibutuhkan, adalah lahirnya generasi yang kaya konsep, gagasan maupun ide,” katanya, di Medan, Selasa (10/7/2018).

Hal itu disampaikan Mensos saat memberikan kuliah umum pada Rapat Kerja Nasional IX dan studium generale Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI).

Di hadapan para mahasiswa, Mensos yang juga pernah menjadi aktivis mengaku kehadirannya di acara tersebut mengingatkan masa-masa saat ia menjadi aktivis kampus.

“Yang saya kedepankan konsep, siapa yang punya ide dia yang maju ke depan,” katanya.

Dia mengatakan ketika bangsa tidak tercerahkan maka dalam persaingan itu cenderung memunculkan simbol-simbol primordialisme, agama dan etnis.

“Itulah sebabnya di Pilkada – Pilkada yang muncul ketika kualitas tidak ada maka muncul primorlisme, bisa muncul uang menimbulkan serangan fajar dan lain-lain. Jika bersaing dengan kemampuan dan kualitas diri maka itulah yang ‘fair’,” ujar Mensos.

Disamping modal konseptual yang harus disadari juga adalah kebersatuan dalam keberagaman yang tidak hanya ada dalam pikiran atau dalam hati, tetapi harus dalam perilaku dan sehari-hari.

Dalam kehidupan berbangsa bagaimana mengubah kondisi bangsa yang banyak dipengaruhi psikososial politik sehingga muncul primordialistik harus diubah menjadi rasionalistik politik.

“Peran mahasiswa bagaimana agar Pancasila ada dalam tindakan bukan hanya dalam pikiran,” tandas Mensos.

Berita Lainnya
Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Seluma Bengkulu JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,3 mengguncang Seluma, Bengkulu, Sab...
Jumat ini KPK Jadwalkan Ulang pemeriksaan Rommy JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Romah...
Gempa Bumi Berkekuatan 4,7 Magnitudo Guncang Pangandaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa Bumi berkekuatan magnitudo 4,7 terjadi di Pangandaran, Jawa Barat. P...
Penyebar Konten Terorisme Diancam UU-ITE, PKS: Bersikap Bijaklah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menanggapi kejadian terorisme yang membunuh puluhan umat Islam yang sedang...
F-PKS Minta Kemenlu dan KBRI Lindungi WNI di Selandia Baru JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengutuk penembakan brutal kepada pulu...
Kanal: Nasional