Loading...

Indonesia Kekurangan Insinyur Profesional

BANDUNG, TAJUKTIMUR.COM — Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyatakan Indonesia kekurangan insinyur profesional sehingga pengembangan teknologi tertinggal jauh dibandingkan dengan negara-negara lain.

“Kebutuhan sarjana teknik berkualitas sangat dibutuhkan apalagi ada liberalisasi sektor jasa. Salah satu profesi yang terbuka di ASEAN Economic Community,” ujar dia di Kampus ITB, Kota Bandung, Rabu.

Ia mengatakan banyak lulusan teknik atau insinyur yang kemudian tidak menekuni bidangnya dan memilih bekerja di sektor lain.

Dalam catatannya, terdapat sekitar 750 ribu lulusan teknik di seluruh Indonesia dan hanya 9.000 orang yang fokus dalam profesi insinyurnya.

“Maksud bekerja dalam profesi insinyur maksudnya, karena insinyur bukan sekadar gelar akademik tapi sarjana, tapi ada profesinya,” kata dia.

Menurut dia, ada beberapa faktor yang membuat lulusan teknik tidak fokus terhadap profesinya, yakni seseorang yang kuliah di jurusan teknik hanya mengejar titel.

“Mereka mungkin dapet gelar dari ITB, jadi setelah lulus dia ingin bekerja apa saja,” kata dia.

Selain itu, katanya, iklim perguruan tinggi yang dinilai kurang dalam mewadahi atau menciptakan minat mahasiswanya untuk terus berkarir sebagai insinyur.

“Atau mungkin dari pemerintah juga kita kurang memperhatikan penghargaan yang cukup untuk profesi insinyur, baik dalam lapangan kerjanya maupun skema remunerasi. Jadi ini hal-hal yang harus diperbaiki kalau kita ingin punya insinyur lebih banyak,” kata dia.

Untuk itu, ia mendorong agar perguruan tinggi-perguruan tinggi di Indonesia, khususnya yang fokus terhadap teknik, terus melahirkan lulusan yang unggul dan berkualitas.

Ia optimistis dengan banyaknya insinyur yang tetap bekerja sesuai bidangnya akan membuat Indonesia menjadi negara maju pada 2045.

“Tidak lagi semata mata China atau India, sudah saatnya Indonesia menjadi negara ketiga yang terdepan dalam IT,” kata dia.

Berita Lainnya
Di Bali, Menko PMK Menjadi Pembawa Api Obor Ke-20 Asian Games 2018 BALI, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani menjadi pembawa Api Obor (Torch Bearer...
Lima Pati TNI Terima Anugerah Bintang Dharma JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., menyematkan Bintang Dharma kepada lima Perwira Tinggi (Pati) TNI, terdiri ...
Presiden Saksikan Festival Musik hingga “Tumplek Blek” di Kemayoran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Keberagaman suku dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia jika dikelola dengan baik akan menjadi sebuah kekuatan untuk meng...
NTB Jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional Moderasi Islam JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Organisasi Internasional Alumni Al Azhar Cabang Indonesia akan menggelar Konferensi Internasional Moderasi Islam. Konferens...
Surabaya Raih Penghargaan di Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Surabaya berhasil mengungguli Denpasar, Bali dan Bandung dalam Penganugerahan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 201...
Kanal: Nasional