Loading...

Inilah 11 Gempa yang mengguncang Donggala Sulteng

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Gempa melanda wilayah Donggala, Sulawesi Tengah beberapa kali pada hari ini, Jumat (28/9/2018).

Berdasarkan informasi dari akun resmi Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, @infoBMKG, menyebutkan gempa pertama terjadi pukul 14.00 WIB.

Berikut data BMKG mengenai gempabumi yang terjadi di Donggala, Sulawesi Tengah.

1. Gempa bermagnitudo 5,9
Gempa bermagnitudo 5,9 terjadi pukul 13:59 WIB. Dari informasi BMKG, pusat gempa berada di darat, 61 kilometer sebelah utara Palu. Gempa yang pusatnya berada di kedalaman 10 kilometer ini dirasakan di Palu, Donggala, Sulawesi Tengah.

2. Gempa bermagnitudo 5.9
Gempa ini bermagnitudo 5,9 dan terjadi pukul 14.00 WIB. Menurut BMKG, pusat gempa berlokasi di 8 kilometer sebelah barat laut Donggala, Sulawesi Tengah. Gempa berkedalaman 10 km ini tidak berpotensi tsunami.

3. Gempa bermagnitudo 5.0
Tak lama berselang, gempa bermagnitudo 5.0 terjadi pukul 14.28 WIB. Gempa ini berlokasi di 10km Timur Laut Donggala, Sulawesi Tengah. BMKG menyatakan gempa berkedalaman 10 km ini tidak berpotensi tsunami. Gempa bermagnitudo 5.0 ini dirasakan di Donggala.

4. Gempa bermagnitudo 5,3
Gempa bermagnitudo 5.3 kembali melanda wilayah Sulawesi Tengah pukul 15.25 WIB. Lokasi gempa berada di 11 kilometer Timur Laut Donggala, Sulawesi Tengah. Gempa yang berpusat di kedalaman 10 km ini tidak berpotensi tsunami.

5. Gempa bermagnitudo 7.7
Gempa bermagnitudo 7.7 terjadi di Donggala, Sulawesi Tengah pukul 17.02 WIB.BMKG menyatakan gempa yang berpusat di kedalaman 10 km dan berlokasi 27 km sebelah timur laut Donggala, Sulawesi Tengah ini berpotensi tsunami. Dari balasan di akun resmi Twitter BMKG, masyarakat menyatakan jika gempa terasa hingga ke Kalimantan.

Pukul 17.36 WIB, BMKG menyatakan peringatan dini tsunami berakhir.

6. Gempa bermagnitudo 6,1
Gempa susulan bermagnitudo 6,1 ini terjadi pukul 17.14 WIB. Gempa berpusat di kedalaman 10 km dan berlokasi di 58 km sebelah timur laut Donggala, Sulawesi Tengah. BMKG menyatakan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

8. Gempa bermagnitudo 5,5
Gempa ini terjadi pukul 17.39 WIB. Menurut BMKG, pusat gempa berada di kedalaman 11 km dan 13 kilometer sebelah tenggara Donggala, Sulawesi Tengah. Gempa tidak berpotensi tsunami.

9. Gempa bermagnitudo 5,0
Gempa terjadi pukul 17.47 WIB. Pusat gempa berada di kedalaman 10 km dan berlokasi 9 km sebelah tenggara Donggala, Sulawesi Tengah. Gempa tidak berpotensi tsunami.

10. Gempa bermagnitudo 5,9
Gempa terjadi pukul 17.50 WIB. Pusat gempa berada di kedalaman 10 km dan berlokasi 23 km TimurLaut Palu, Sulawesi Tengah. Gempa tidak berpotensi tsunami.

11. Gempa bermagnitudo 5,4
Gempa terjadi pukul 18.06 WIB. Pusat gempa berada di kedalaman 18 km Tenggara Sigi, Sulawesi Tengah. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Berita Lainnya
Kemenko PMK: Libur dan Cuti 2019 Bertambah saat Pemilu, Berkurang saat Lebaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko...
Bahas Rekonstruksi Lombok-Palu, Wapres Panggil Menkeu-MenPUPR JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla memanggil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan ...
HRS Jadi Korban dalam Kasus Bendera Tauhid JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Arab Saudi diminta mengklarifikasi berbagai masalah yang tengah...
Whatsapp Teliti Hoaks Selama Kampanye Pemilu di Indonesia JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Platform media sosial percakapan Whatsapp meneliti hoaks atau kebohongan s...
Dubes Saudi: Kalimat Tauhid Memiliki Arti Penting bagi Umat Islam JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Osama Muhammad Abdullah Al ...
Kanal: Nasional