Loading...

Inilah Wilayah Jabodetabek yang Berpotensi Banjir di 2019

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bekerja sama dengan DirJen Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum dan Badan Informasi Geospasial (BIG) untuk membuat prakiraan potensi banjir yang akan terjadi di Januari 2019.

Beberapa wilayah tersebut termasuk Jabodetabek yang mempunyai prakiraan potensi banjir meliputi banjir berpotensi tinggi, menengah dan rendah. Hal tersebut dijelaskan oleh BMKG dalam laman resminya pada beberapa hari yang lalu.

Deputi Bidang Klimatologi, Herizal mengimbau kepada masyarakat selalu waspada dengan daerah yang rawan banjir.

“Waspada untuk daerah yang diprediksi berpotensi curah hujan tinggi , khsusunya di daerah yang rawan banjir, Peta potensi banjir 10-harian yang lebih detail kini sudah disiapkan oleh BMKG,” jelasanya melalui keterangan pers, Minggu (16/12/2018).

Berikut prakiraan potensi banjir di wilayah Jabodetabek pada Januari 2019:

Tingkat Menengah:

1. Jakarta Selatan berada di Jagakarsa dan Pasar Minggu.
2. Jakarta Timur berada di Cipayung, Ciracas, Duren Sawit, Jatinegara, Kramat Jati, Kecamatan Makasar, dan Pasar Rebo.

Tingkat Rendah:

1. Jakarta Barat : Cengakreng, Grogol, Petamburan, Kali Deres, Kebon Jeruk, Kembangan, Palmerah, Taman Sari dan Tambora.
2. Jakarta Pusat: Cempaka Putih, Gambir, Kemayoran, Menteng, Sawah Besar, Senen, dan Tanah Abang.
3. Jakarta Selatan : Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Pesanggrahan, Setia Budi, dan Tebet.
4. Jakarta Timur: Cakung, Duren Sawit, Jatinegara, Kramat Jati, Kecamatan Makasar, Matraman, dan Pulo Gadung.
5. Jakarta Utara: Clincing, Kelapa Gading, Koja, Pademangan, Penjaringan, dan Tanjung Priok.

Sementara untuk wilayah Bogor terjadi di beberapa wilayah, berikut wilayah prakiraan yang terkena banjir:

Tingkat Menengah:

1. Bogor: Caringin, Cariu, Cibinong, Cijeruk, Cimanggis, Cisarua, dan Gunung Putri.
2. Kodya Bogor: Bogor Selatan, Bogor Tengah, Bogor Timur, dan Bogor Utara.

Tingkat Rendah:

1. Bogor: Kecamatan Cijeruk.
2. Kodya Bogor: Bogor Tengah dan Bogor Utara.

Namun, untuk wilayah Depok BMKG Sub Bidang Informasi Iklim Infrastruktur belum menemukan prakiraan potensi banjir di Tahun 2019.

Berbeda dengan wilayah Tangerang prakiraan banjir tingkat menengah akan terjadi di Kecamatan Kresek.

Lalu untuk tingkat rendah prakiraan akaan terjadi di Balaraja, Ciputat, Kresek, Kronjo, Mauk, Pasar Kemis, Pondok Aren, Rajeg dan Tigaraksa.

Terakhir di wilayah Bekasi untuk bajir tingkat menengah diperkirakan akan terjadi di Kecamatan Bantar Gebang, Bekasi Timur dan Pondok Gede.

Sementara untuk banjir tingkat rendah diperkirakan juga di Bantar Gebang, Bekasi Barat, Bekasi Selatan, Bekasi Timur, Bekasi Utara, Cabangbungin, Cikarang, Muara Gembong, Pondok Gede, Tambun, dan Tembelang.

Berita Lainnya
Sandiaga: Kami Berkomitmen untuk tidak Mengambil Gaji se-rupiah pun JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno me...
Aa Gym: Prabowo-Sandi Pilihan Hati JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - KH Abdullah Gymanstiar memberikan dukungan untuk capres dan cawapres nomor...
Lembaga Penyiaran Diminta Ikuti Aturan Main di Masa Tenang Pemilu 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Memasuki hari masa tenang Pemilu 2019, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) me...
Habib Rizieq Shihab Sampaikan 10 Alasan Prabowo-Sandi Disambut Rakyat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) menyampaika...
Massa Pendukung 02 Siap #PutihkanGBK, Polisi Siapkan Rekayasa Lalulintas JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pihak kepolisian menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) untuk menghindari...
Kanal: Nasional