Loading...

IPA Menolak Kenaikan Pajak Parkir 30 Persen

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Dewan Transportasi Kota Jakarta menggelar FGD yang bertajuk “Penerapan Kebijakan Parkir Sebagai Strategi Pengendalian Penggunaan Kendaraan Pribadi” pada hari Senin (22/10) lalu.

Ketua Dewan Transportasi Kota (DTK) Jakarta Iskandar Abubakar mengungkapkan acara ini untuk memberikan masukan kepada Gubernur DKI Jakarta dalam rangka mengatasi kemacetan lalu lintas, menurunkan kepadatan lalu lintas kendaraan pribadi ke pusat kota dan memindahkan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum, juga sebagai bagian rencana induk transportasi Jabodetabek, yaitu peningkatan peran angkutan umum penumpang menjadi 60% di tahun 2030.

Ketua Indonesian Parking Association Rio Octavio dalam diskusi tersebut memaparkan ada beberapa aspek yang belum menjadi solusi terbaik dalam penanganan manajemen parkir swasta.

“Saat ini sudah ada Pergub No. 31 tahun 2017, sebagai pengganti Pergub sebelumnya, yang menyatakan bahwa rentang tarif mobil adalah Rp3.000 hingga Rp12.000 per jam dan Motor adalah Rp2.000 hingga Rp6.000 per jamnya. Dimana hal ini dirasakan belum tersampaikan dengan baik kepada pengusaha parkir di DKI Jakarta,” ungkap Rio.

Rio mengatakan, bahwa IPA akan melakukan audiensi kepada Plt Kepala Dinas Perhubungan dalam waktu dekat terkait dengan rencana kenaikan pajak parkir sebesar 30%, juga mempertanyakan, mengapa Pergub yang sudah diundangkan masih belum dijalankan dengan penuh terutama dimasalah tarif parkirnya.

“Saya belum tahu, UPT Parkir DKI mendapatkan masukan darimana, sehingga bisa meloloskan pembahasan kenaikan pajak parkir ini” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala UPT Parkir DKI Jakarta Tiodore mengatakan, bahwa Pergub tersebut belum dapat dilaksanakan, masih dalam tahap penjajakan.

“Kenaikan pajak parkir sebesar 30% sedang dalam proses persetujuan untuk kemudian dituangkan ke dalam aturan dari Pemprov DKI,” ungkap Tiodore.

Berita Lainnya
Dubes Saudi: Kalimat Tauhid Memiliki Arti Penting bagi Umat Islam JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Osama Muhammad Abdullah Al ...
PKPU Human Initiative dan Bank Muamalat Gelar Perpustakaan Keliling JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PKPU Human Initiative bersama PT Bank Muamalat Indonesia Tbk melakukan keg...
Pemerintah Saudi Jamin Kehidupan Habib Rizieq Shihab JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia Osama Muhammad Abdullah al-S...
Inilah Jadwal Libur Nasional dan Cuti Bersama 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah menerbitkan Keputusan Bersama Menteri Agama (Menag), Menteri Ke...
Santri Pondok Tahfiz Baiturrahim Kolaka Juara II MHQ Tingkat ASEAN KOLAKA, TAJUKTIMUR.COM - Santri Pondok Tahfiz Baiturrahim Kolaka, Sulawesi Tenggara Inggit Rahma Sar...
Kanal: Nasional