Loading...

IPA Menolak Kenaikan Pajak Parkir 30 Persen

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Dewan Transportasi Kota Jakarta menggelar FGD yang bertajuk “Penerapan Kebijakan Parkir Sebagai Strategi Pengendalian Penggunaan Kendaraan Pribadi” pada hari Senin (22/10) lalu.

Ketua Dewan Transportasi Kota (DTK) Jakarta Iskandar Abubakar mengungkapkan acara ini untuk memberikan masukan kepada Gubernur DKI Jakarta dalam rangka mengatasi kemacetan lalu lintas, menurunkan kepadatan lalu lintas kendaraan pribadi ke pusat kota dan memindahkan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum, juga sebagai bagian rencana induk transportasi Jabodetabek, yaitu peningkatan peran angkutan umum penumpang menjadi 60% di tahun 2030.

Ketua Indonesian Parking Association Rio Octavio dalam diskusi tersebut memaparkan ada beberapa aspek yang belum menjadi solusi terbaik dalam penanganan manajemen parkir swasta.

“Saat ini sudah ada Pergub No. 31 tahun 2017, sebagai pengganti Pergub sebelumnya, yang menyatakan bahwa rentang tarif mobil adalah Rp3.000 hingga Rp12.000 per jam dan Motor adalah Rp2.000 hingga Rp6.000 per jamnya. Dimana hal ini dirasakan belum tersampaikan dengan baik kepada pengusaha parkir di DKI Jakarta,” ungkap Rio.

Rio mengatakan, bahwa IPA akan melakukan audiensi kepada Plt Kepala Dinas Perhubungan dalam waktu dekat terkait dengan rencana kenaikan pajak parkir sebesar 30%, juga mempertanyakan, mengapa Pergub yang sudah diundangkan masih belum dijalankan dengan penuh terutama dimasalah tarif parkirnya.

“Saya belum tahu, UPT Parkir DKI mendapatkan masukan darimana, sehingga bisa meloloskan pembahasan kenaikan pajak parkir ini” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala UPT Parkir DKI Jakarta Tiodore mengatakan, bahwa Pergub tersebut belum dapat dilaksanakan, masih dalam tahap penjajakan.

“Kenaikan pajak parkir sebesar 30% sedang dalam proses persetujuan untuk kemudian dituangkan ke dalam aturan dari Pemprov DKI,” ungkap Tiodore.

Berita Lainnya
Pakar: Jokowi-Prabowo Pilih ‘Main Aman’ di Debat Capres SURABAYA, TAJUKTIMUR.COM - Pakar komunikasi politik asal Universitas Airlangga Suko Widodo menilai k...
Kementerian LHK Digabung, Ini Penjelasan JK JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla menjelaskan penggabungan Kementerian Lingkungan...
KPU: Debat Kedua Pilpres Lebih Lancar JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengatakan pelaksanaan d...
Indef: Visi Jokowi Terkait B100 Sulit Dicapai JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Berly ...
Soal Ledakan, Wiranto: Ada pihak yang iseng dan usil sengaja membuat kericuhan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wi...
Kanal: Nasional