Loading...

Iriana Jadi Nama Spesies Burung Baru

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Myzomela Irianae merupakan spesies burung baru yang akan diperkenalkan ke publik oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Spesies tersebut mengambil nama dari dari Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Penemuan jenis baru burung dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT) baru-baru ini menegaskan bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi.

Menurut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Burung tersebut memiliki bobot sekitar 32,23 gram dengan panjang tubuh dari paruh hingga ujung ekor mencapai 17,2 centimeter (cm).

Myzomela irianae. (Foto: Philippe Verbelen /Birding Asia)

“Burung ini biasa terbang dan berdiam pada habitat hutan, semak-semak, kebun dan pohon yang berbunga, dan terkadang juga bisa ditemui memakan nectar pada bunga pohon jati di sekitar perkampungan,” katanya.

Spesies burung baru itu merupakan family dari jenis Meliphagida. Dan spesies ini merupakan hasil temuan dari Dewi Malia Prawiradilaga, peneliti burung dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Burung ini dipercaya sebagai burung khas Pulau Rote.

Dewi bukanlah pendatang baru dalam dunia burung. Sejak awal 1980-an, peneliti utama di LIPI ini sudah menekuni segala tentang burung di Indonesia.

Namanya pun identik sebagai ahli elang. Mulai dari elang Jawa (Nisaetus bartelsi) hingga elang Flores (Nisaetus floris).

Setelah penemuan itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar langsung memberitahu Presiden Joko “Jokowi” Widodo agar burung tersebut segera mendapat nama yang tepat. Siti pun mengajukan nama Ibu Negara, Iriana.

Jokowi pun setuju dengan penggunaan nama Iriana sehingga burung tersebut diberi nama Myzomela irianae. Myzomela adalah nama genus si burung, sedangkan irianae diambil dari nama istri Jokowi.

Permintaan Siti dituangkan dalam surat bernomor S.353/Menlhk/Setjen/KSA.2/10/2017. Namun belum ada alasan yang jelas mengapa Siti mengajukan nama Ibu Negara untuk burung tersebut.

“Pengenalan publik rencananya akan dilakukan bersama dengan Wantimpres Jan Darmadi,” ujar Siti menambahkan.

(dwisan/ttcom)

Berita Lainnya
Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Seluma Bengkulu JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,3 mengguncang Seluma, Bengkulu, Sab...
Jumat ini KPK Jadwalkan Ulang pemeriksaan Rommy JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Romah...
Gempa Bumi Berkekuatan 4,7 Magnitudo Guncang Pangandaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa Bumi berkekuatan magnitudo 4,7 terjadi di Pangandaran, Jawa Barat. P...
Penyebar Konten Terorisme Diancam UU-ITE, PKS: Bersikap Bijaklah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menanggapi kejadian terorisme yang membunuh puluhan umat Islam yang sedang...
F-PKS Minta Kemenlu dan KBRI Lindungi WNI di Selandia Baru JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengutuk penembakan brutal kepada pulu...
Kanal: Nasional