Loading...

Jelang Tahun Politk, Ini Pesan Dewan Pers Kepada Pemilik Media

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo mengungkapkan kekhawatirannya terkait independensi media terutama menjelang tahun politik.

Dari pengamatannya di lapangan, tak jarang himpitan ekonomi menuntut seorang Pemimpin Redaksi menuruti kemauan CEO atau pemilik media, yang tak jarang pula bermuatan politik.

“Saya amati masih adanya pemilik media yang merupakan pimpinan partai atau pasangan calon melakukan intervensi kepada pemimpin redaksinya, dan pemred mau saja menuruti hanya karena banyak cicilan yang belum lunas,” katanya.

Untuk itu, ia mengingatkan kepada seluruh pemimpin redaksi, agaknya tetap menjaga independensi mengingat kompetensi utama sebuah media dari Dewan Pers ada di tangan mereka.

“Kalau tidak bisa menjaga kompetensinya, Dewan Pers berupaya mempertimbangkan untuk merekomendasikan pencabutan kompetensi utama,” tegas Yosep.

Lebih jauh, Yosep menekankan kepada media-media yang dimiliki oleh Partai atau tokoh politik agar dapat menjaga independensi dan tunduk pada sebelas kode etik jurnalistik dan UU Pers.

“Anda yang tidak bisa menjaga independensi lebih baik mengundurkan diri,” tegasnya.

Selain itu, dia juga menghimbau kepada para wartawan agar tetap menjaga kode etiknya, dan menjaga profesionalitas wartawan.

“Jika ada wartawan yang ingin menjadi timses atau paslon, itu tidak apa-apa, akan tetapi dewan pers meminta yang berkaitan untuk cuti sementara atau mengundurkan diri secara permanen,” ungkapnya.

(as)

Berita Lainnya
Ukhuwah Islamiyah Wujudkan Pemilu Damai 2019 TANGERANG SELATAN, TAJUKTIMUR.COM - Mabes Polri bekerja sama dengan yayasan Majelis Taklim Ad Dzikri...
Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Awasi Tarif Maskapai JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Perhubungan mengeluarkan edaran kepada Unit Penyelenggara Band...
Masyarakat Terlibat Politik Uang Bisa Dipidana PALU, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Sulawesi Tengah, Ruslan Husein, menegaska...
Dompet Dhuafa Gelar Kampanye Humanesia JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Dompet Dhuafa menggelar aksi humanesia. Aksi kampanye ini dengan semangat ...
KPK: UU Tipikor di Indonesia Belum Berstandar Internasional JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai Undang-Undang RI Antikorupsi No...
Kanal: Nasional