Loading...

Jenazah Korban Pesawat Dimonim  Dipulangkan

JAYAPURA, TAKUKTIMUR.COM – Jenazah pilot dan copilot pesawat Dimonim dengan call sign PK-HVQ di kawasan Gunung Menuk Kampung Okatem Distrik Serambakon Kabupaten Oksibil, Minggu (12/8/2018) lalu akan diterbangkan ke Sentani, Senin (13/8). Sedangkan 6 jenazah lainnya akan diserahkan kepada pihak keluarga korban. Sementara korban selamat atas nama Jumaidi (12), masih menjalani perawatan intensif di RS Bhayangkara Papua.

Seperti diberitakan sebelumnya, pesawat Dimonim dengan call sign PK-HVQ dilaporkan hilang kontak dengan bandara Oksibil, Sabtu (11/8) pukul 14.17 WIT. Pesawat jenis Caravan dengan tipe PAC 750 berangkat dari Tanah Merah (Boven Digul) pukul 13.42 WIT dan rencana tiba di Oksibil (Pegunungan Bintang) pukul 14.20 WIT.
Basarnas langsung melakukan koordinasi dengan maskapai dan Airnav setempat.
“Kami sudah konfirmasi dengan pihak maskapai penerbangan selaku operator pesawat dan benar pesawat caravan Dimonim saat ini belum sampai di tujuan yakni bandara Oksibil dengan jumlah POB 9 orang,” kata Putu Arga, Kepala Kantor SAR Jayapura.
Pihak maskapai juga telah melaksanakan searching udara namun hasilnya nihil. Operasi SAR langsung diaktifkan. Kepala Kantor SAR Jayapura mengerahkan 2 tim dengan 2 pesawat Dimonim dan 1 helikopter.
Operasi membuahkan hasil. Pesawat diketahui jatuh di kawasan Gunung Menuk Kampung Okatem Distrik Serambakon Kabupaten Oksibil, Minggu (12/8). Setelah berjalan kaki selama 4 jam, 40 rescuer gabungan dari Basarnas, TNI-Polri sampai pada crash site atau lokasi jatuhnya pesawat dan melaksanakan proses evakuasi. Dari 9 korban, 1 diantaranya selamat. Sementara kondisi pesawat ditemukan dalam keadaan hancur/rusak berat, namun kotak hitam (blackbox) berhasil ditemukan dan telah diamankan oleh anggota polres Pegunungan Bintang.

Berikut data para korban :
1. Kapten Leslie Sevuve (Pilot/MD).
2. Wayan Sugiarta / Bintang (FO/MD).
3. Sudir Zakana (penumpang/MD).
4. Martina Uropmabin (penumpang/MD).
5. Hendrikus Kamiw (penumpang/MD).
6. Lidia Kamiw (penumpang/MD).
7. Jumaludin (penumpang/MD)
8. Naimus (penumpang/MD)
9. Jumaidi (penumpang/anak-anak/Selamat).

Seluruh korban dievakuasi ke Posko Utama Oksibil. Korban selamat, Jumaidi, mengalami patah tangan kanan serius dan diterbangkan menuju RSUD Oksibil. “Korban tiba dirumah sakit Oksibil pukul 12.35 dan saat ini sedang medapatkan perawatan intensif tim medis,” ujar Putu Arga.
Rencana selanjutnya, lanjut Putu, Junaidi akan diterbangkan ke Rumah sakit Bayangkara Polda Papua dengan menggunakan pesawat Dimonim Air.
Sementara delapan korban tewas dievakuasi melalui jalur darat oleh tim SAR menuju RSUD Oksibil.

Pemberangkatan Jenazah Korban Jatuhnya Pesawat Dimonim Air di Gunung Menuk telah dilaksanakan oada hari ini (Senin,13/8/2018) sekitar pukul 11.25  WIT di Bandara Oksibil Jl. Mabilabol Distrik Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang.
Pemberangkatan 8 jenazah korban jatuhnya pesawat Dimonim Air PK-HVQ yang jatuh di Gunung Menuk Distrik Serambakon menggunakan pesawat Dimonim Air PK-HVI dengan Kapten Pilot Captain Benji dan Co. Piloy Dendy yang dipimpin oleh Putu Arga (Ka Basarnas Wilayah Jayapura).  Turut hadir dalam acara pelepasan jenazah tersebut, diantaranya Wakil Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang, Decky Deal Kepala Basarnas Wilayah Jayapura, Putu Arga, Sekretaris Daerah kabupaten Pegunungan Bintang (plt), Budi Wardaya, Wakapolres Pegunungan Bintang, Kompol Tofan, Danramil 1702-01/Oksibil Kapten Inf Aprin Paembonan, Danki Pamtas 644/WS, Kapten Inf Udan, dan Kepala Bandara Oksibil, Fritz Ayumi.

Pada pukul 11.13 WIT seluruh jenazah diberangkatkan dari RSUD Oksibil menuju Bandara Oksibil dengan menggunakan mobil ambulance. Jenazah tiba dibandara Oksibil pada pukul 11.30 WIT dan langsung dimasukkan kedalam pesawat untuk kemudian diterbangkan (take off) menuju Bandara Sentani pada pukul 11.50 WIT dengan menggunakan pesawat Dimonim Air.

” Kami akan mengawal jenazah korban menuju jayapura dan setelah itu akan langsung diserahkan kepada Tim DVI Polda Papua untuk dilakukan identifikasi”, ujar Kepala Basarnas Wilayah Jayapura, Putu Arga saat melepas jenazah.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang, Decky Deal turut menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak terkait yang membantu proses evakuasi korban. Tak lupa ia juga mengucapkan belasungkawa kepada para keluarga korban.
“Saya mewakili Pemda Pegunungan Bintang mengucapkan belasungkawa yang sebesar-besarnya kepada keluarga korban yang mengalami musibah. Kami berdoa semoga perjalanan teman-teman menuju Jayapura aman”, ungkap Decky Deal, Wakil Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang.

Proses pemberangkatan Jenazah Korban Jatuhnya Pesawat Dimoni Air berjalan lancar namun, keadaan cuaca cukup berkabut dan mendung.
Untuk para keluarga korban rencananya akan diberangkatkan dengan pesawat Dimonim Air lain namun masih menunggu kedatangan peswat karena masih terkendala cuaca buruk di oksibil.

Berita Lainnya
Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 13 Ton Bawang BANDA ACEH, TAJUKTIMUR.COM - Petugas gabungan bea cukai menggagalkan penyeludupan bawang merah denga...
Ikadi: Rasulullah tak Pernah Berpolitik dengan Menistakan Agama JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Tak hanya sebagai nabi dan rasul, Muhammad shallallahu alaihi wasallam jug...
Tim Prabowo-Sandi Sebut Jokowi Lakukan Politik Pembenaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Setelah isu pilpres tentang Politik Sontoloyo dan Politik Genderuwo, kini ...
Gunung Kembang Wonosobo jadi Sentra Bawang Putih Nasional WONOSOBO, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Pertanian mendorong munculnya sentra baru baik di Jawa maupun...
Kiai Ma’ruf Percaya Jokowi Masih Dipercaya Masyarakat LEBAK, TAJUKTIMUR.COM - KH Ma'ruf Amin mengatakan program dijalankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) s...
Kanal: Nasional