Loading...

JK ke Delegasi Afghanistan: Damai Dulu Baru Ekonomi

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) — Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan perwujudan perdamaian di Afghanistan menjadi hal utama yang harus dilakukan sebelum meningkatkan perekonomian di negara tersebut.

Hal itu disampaikan Wapres Jusuf Kalla saat menerima rombongan delegasi perdamaian Afghanistan, High Peace Council (HPC), di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Senin sore.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, yang turut hadir dalam pertemuan tersebut, mengatakan Wapres Kalla mengatakan kepada rombongan delegasi mengenai komitmen Pemerintah Indonesia dalam mewujudkan perdamaian di Afghanistan.

“Pak Wapres tadi mengatakan bahwa perdamaian itu merupakan hal yang utama sebelum melakukan yang lain. Jadi, sebelum pembangunan ekonomi dan sebagainya, perdamaian dulu,” kata Menlu Retno mengutip pernyataan Wapres Jusuf Kalla.

Lebih lanjut Wapres mengatakan, pembangunan ekonomi bagi suatu negara berkonflik menjadi penting untuk keberlangsungan hidup masyarakat setelah perdamaian dicapai.

Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia telah menjajaki upaya pembangunan ekonomi di Afghanistan, sejalan dengan komitmen Pemerintah untuk mewujudkan perdamaian di sana.

Bantuan Pemerintah Indonesia kepada Afghanistan antara lain melalui program peningkatan kapasitas dan pemberian beasiswa di bidang ekonomi dan bisnis kepada masyarakat Afganistan.

“Kita berencana untuk memberikan `capacity building`, memberikan `scholarship` (beasiswa)kepada mereka. Mereka minta kalau bisa `scholarship` dan `capacity building` itu diberikan untuk sektor bisnis,” jelas Menlu.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Pakar Hukum: Pembebasan Baasyir Bisa Kacaukan Sistem Hukum JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pakar Hukum Pidana Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar menilai pembe...
Menkominfo Dorong Anak Muda Buat Konten Kreatif di Medsos JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak anak-anak muda, ter...
KPU tak lagi Bocorkan Kisi-Kisi Debat Pilpres JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tidak lagi memberikan kisi-kisi pertanyaan ...
Ustaz Abu Bakar Ba’asyir Bebas, TKN: Bukti Jokowi Cinta Ulama JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syad...
Pengamat: Debat Pilpres Pertama Membosankan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pengamat politik dari UIN Jakarta, Adi Prayitno, menilai secara umum debat...
Kanal: Nasional