Loading...

Jokowi: Kita Bangga Ada Anak Bangsa yang Jadi Juara

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengaku bangga dengan prestasi yang berhasil dicapai atlet lari Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, yang menjadi juara di nomor 100 meter kejuaraan dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia pada Rabu kemarin.

Presiden Jokowi percaya masyarakat Indonesia juga bangga atas prestasi yang diraih pemuda asal Nusa Tenggara Barat tersebut.

“Tentu saja kita bangga ada anak bangsa yang jadi juara,” ujar Jokowi di Tangerang Selatan, Kamis (12/7).

Dia pun berharap prestasi yang diraih atlet Indonesia itu akan menjadi modal untuk berkompetisi dalam Asian Games 2018 mendatang.

Dalam Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere tersebut, Zohri berhasil finis dengan catatan waktu 10,18 detik, mengalahkan dua pelari U-20 terbaik Amerika Serikat (AS) Anthony Schwartz dan Eric Harrison yang menduduki peringkat kedua dan ketiga dengan waktu 10,22 detik.

Pada awal perlombaan, pertandingan seolah akan menjadi milik duo pelari AS. Tapi Zohri berhasil berlari lebih kencang untuk melewati keduanya.

“Saya merasa bangga bisa memberikan hasil yang terbaik untuk bangsa. Ini juga menjadi modal saya untuk berlaga di Asian Games 2018 saat negara kami menjadi tuan rumah,” kata Zohri dalam laman resmi Asosiasi Internasional Federasi Atletik atau IAAF.

Sementara itu, duo pelari AS, Schwartz dan Harrison tak kecewa dengan hasil yang mereka raih.

“Bahkan berada di final adalah keuntungan besar,” kata Schwartz. “Musim ini, saya kurang kuat berlatih,” tambah dia.

“Beberapa meter terakhir sangat ketat,” kata Harrison yang meraih perunggu. “Namun saya senang dapat mencatat waktu terbaik saya,” tambah Harrison.

Dalam 32 tahun sejarah Kejuaraan Dunia U20 IAAF, penampilan terbaik seorang atlet Indonesia adalah finis kedelapan pada track 100 meter pada edisi perdana tahun 1986. Namun catatan itu berubah dengan kemenangan Zohri.

Berita Lainnya
Pakar Hukum: Pembebasan Baasyir Bisa Kacaukan Sistem Hukum JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pakar Hukum Pidana Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar menilai pembe...
Menkominfo Dorong Anak Muda Buat Konten Kreatif di Medsos JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak anak-anak muda, ter...
Presiden Jadi Peserta Acara Cukur Massal di Garut GARUT, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Joko Widodo mendatangi lokasi wisata Situ Bagendit yang terletak di...
KPU tak lagi Bocorkan Kisi-Kisi Debat Pilpres JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tidak lagi memberikan kisi-kisi pertanyaan ...
Ustaz Abu Bakar Ba’asyir Bebas, TKN: Bukti Jokowi Cinta Ulama JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syad...
Kanal: Nasional