Loading...

KALEIDOSKOP 2017: Bulan Desember

Peristiwa penting yang terjadi di dalam dan luar negeri sepanjang Desember 2017.

Jakarta, 2 Desember

Reuni 212 adalah acara yang diadakan oleh Presidium Alumni 212 di Lapangan Monas pada tanggal 2 Desember 2017 untuk merayakan satu tahun Aksi 212 yang menuntut pengambilan tindakan hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta nonaktif pada masa itu, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Banyak pihak, termasuk Kapolri Tito Karnavian menganggap reuni ini sebagai gerakan politik yang bertujuan untuk meningkatkan daya tawar dengan pemerintahan. Pembina Presidium 212 sendiri tidak membantah hal tersebut dan menyatakan bahwa Reuni 212 merupakan “politik yang sesungguhnya”.

Jakarta, 8 Desember

Sekitar pukul 17.00 WIB, Presiden Jokowi secara resmi telah melantik Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo. Hadi Tjahjanto dilantik menjadi Panglima TNI berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 83 Tahun 2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.

Ambon, 10 Desember

Kota Ambon berhasil meraih penghargaan tertinggi di bidang Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia. Penghargaan tersebut akan diserahkan Presiden RI Joko Widodo, bertepatan dengan Hari HAM Internasional di Jakarta. Lima kabupaten dan kota di Maluku yang diusulkan masuk dalam nominasi penerima penghargaan dari Kemenkumham RI, hanya Ambon yang masuk dalam kategori kota sangat peduli. Sementara kabupaten dan kota lainnya hanya mendapat predikat kota peduli diantaranya kabupaten Maluku Tengah, Maluku Tenggara (Malra), kota Tual, dan Kepulauan Aru.

Ambon, 23 Desember

Didukung Golkar – Demokrat dan PKS, Pasangan bakal calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Said Assagaff dan Andeas Rentanubun dengan jargon “SANTUN” Resmi maju untuk Pilkada Maluku 2018. Pasangan Balon Gubernur dan Wagub Maluku lainnya, yakni Murad Ismael – Barnabas Orno direkomendasikan PDIP dengan tujuh kursi di DPRD Maluku, Partai Nasdem maupun Partai Hanura masing-masing empat kursi, PKB tiga kursi, PKPI dua kursi serta PAN dan PPP masing-masing satu kursi. Partai Gerindra dengan lima kursi belum memutuskan rekomendasi diberikan kepada pasangan mana.

Pasangan Balon Gubernur dan Wagub melalui jalur perseorangan yakni Herman Koedoeboen – Abdullah Vanath dengan jargon “HEBAT” melalui sidang sengketa diputuskan Bawaslu Maluku pada 16 Desember 2017 sebagian gugatannya terhadap KPU Maluku dikabulkan. Bawaslu Maluku juga membatalkan hasil pleno KPU Maluku 27 Desember 2017 memutuskan dukungan pasangan “HEBAT” tidak memenuhi persyaratan yang tertuang dalam surat keputusan No. 467/BA/81/Prov/ XII/2017.

Ternate, 24 Desember

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersama PAN dan Gerindra resmi mengusung Muhammad Kasuba-Majid Husen (MK-Maju) dalam Pilkada 2018 Maluku Utara. Sebelumnya, DPP PKS telah mengeluarkan rekomendasi untuk pasangan Abdul Gani Kasuba/Madjid Husen, tetapi karena Abdul Gani Kasuba menolak rekomendasi, hasil keputusan final dewan syariah PKS merokemendasikan Muhammad Kasuba dipaketkan dengan Madjid Husen untuk bersama-sama maju di pilkada.

Jakarta, 26 Desember

PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi mengoperasikan KA Bandara Soekarno-Hatta, yang kapasitas 272 penumpang di setiap rangkaian hingga 1 Januari 2018 dengan tarif promosi Rp30 ribu. Sedangkan mulai 2 Januari 2018 bisa diterapkan tarif Rp70 ribu.Pada tahap awal uji coba operasional baru melayani naik turun penumpang di 3 stasiun, diantaranya Sudirman Baru, Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Soekarno-Hatta.

Papua, 29 Desember

10 partai politik mendukung pasangan Lukas Enembe-Klemen Tinal (LukMen) untuk maju dalam pilkada gubernur Papua jilid II periode 2018-2023. 10 partai pendukung diantaranya, Partai Demokrat (PD), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Bulan Bintang (PBB).

(and/ttcom)

Berita Lainnya
SPKKL Kupang Uji Coba Aplikasi Pelaporan Kejadian Laut Berbasis Android KUPANG, TAJUKTIMUR.COM - SPKKL Kupang mengajak peran serta masyarakat pesisir dalam menjaga keamanan...
BMKG: Waspada Potensi Banjir dan Longsor Meningkat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau masuknya mus...
Kemenag Uji Coba Sistem Daftar Nikah Online JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Agama telah meluncurkan Sistem Informasi Pernikahan Berbasis W...
KPI minta PRSSNI Dorong Anggotanya Hindari Pelanggaran Siaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meminta Persatuan Radio Swasta Siaran Nas...
Pengamat: Publik Harus Pertanyakan Program Capres-Cawapres JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Pusat Studi Konstitusi Universitas Andalas Feri Amsari mengatakan...
Kanal: Nasional