Loading...

KALEIDOSKOP 2017: Bulan Juli

Peristiwa penting yang terjadi di dalam dan luar negeri sepanjang Juli 2017.

Banjarnegara, 2 Juli

Bencana alam berupa letusan freatik terjadi di Kawah Sileri, Gunung Dieng, Minggu pukul 12.00 WIB. 10 orang dilaporkan terluka akibat letusan dalam radius 1,50 meter. Sebelum letusan, kondisi Kawah Sileri dinyatakan sangat aman untuk dikunjungi. Tak aneh jika kawah ini menjadi tujuan wisatawan yang ingin melihat fenomena alam Dieng dari dekat.

Kawah Sileri merupakan kawah yang paling aktif dan pernah meletus beberapa kali. Letusan sempat terjadi tahun 1944, 1964, 1984, 2003, 2009.

 

Papua, 5 Juli

Pesawat Pilatus dengan nomor penerbangan PK – RCX dilaporkan hilang kontak saat melakukan penerbangan dari Wamena tujuan Darakma, Nduga, Papua, Rabu sekitar pukul 10.00 WIT dan dijadwalkan tiba di Derakma pukul 11.25 WIT.

Tim SAR diterjunkan untuk melakukan pencarian dengan menggunakan dua pesawat yakni pesawat milik AMA dan helikopter milik PT Helisida disekitar route yang dilalui pesawat jenis Pilatus Porter.

Dihari yang sama, sekitar pukul 17.00 WIT ditemukan di ketinggian 8.500 feet. Pesawat milik AMA itu mengangkut tiga penumpang yakni Don, Serabut dan Ondomget serta 508 kg barang campuran.

Ambon, 10 Juli

Wilbert H Lawalata dan Joanne Saimima terpilih menjadi juara dalam grand final kontes Bintang Radio Indonesia 2017 tingkat Kota Ambon yang digelar Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI).

Penampilannya memukau dewan juri yang terdiri dari Edgar Julius de Lima, seorang pakar musik asal Kota Ambon, dan dua mantan juara Bintang Radio Indonesia tingkat Kota Ambon, yakni Falantino Eryk Latupapua dan Selly Kalahatu.

Wilbert tampil sebagai peserta dengan nomor undian 01, berhasil mengumpulkan nilai penjurian sebesar 3.693 poin dan mengalahkan empat kontestan pria lainnya, yakni Revi Aipassa, Sonifild Lekahena, Rexy M Sulle, dan Franklin V Makitan.

Sementara, Joanne Saimima yang merupakan mahasiswi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon tersebut berhasil mengumpulkan perolehan nilai sebesar 3.741 poin.

Jakarta, 15 Juli

Telegram, salah satu layanan pesan instan terpopuler di Indonesia, diblokir oleh sejumlah operator seluler. Salah satu layanan yang ditutup aksesnya adalah situs web (Telegram Web).

Pemerintah menyebut, Telegram menjadi alat komunikasi teroris.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
Pakar: Jokowi-Prabowo Pilih ‘Main Aman’ di Debat Capres SURABAYA, TAJUKTIMUR.COM - Pakar komunikasi politik asal Universitas Airlangga Suko Widodo menilai k...
Kementerian LHK Digabung, Ini Penjelasan JK JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla menjelaskan penggabungan Kementerian Lingkungan...
KPU: Debat Kedua Pilpres Lebih Lancar JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengatakan pelaksanaan d...
Indef: Visi Jokowi Terkait B100 Sulit Dicapai JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Berly ...
Soal Ledakan, Wiranto: Ada pihak yang iseng dan usil sengaja membuat kericuhan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wi...
Kanal: Nasional