Loading...

KALEIDOSKOP 2017: Bulan Juni

Peristiwa penting yang terjadi di dalam dan luar negeri sepanjang Juni 2017.

Jakarta, 19 Juni

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru-baru ini mengumumkan temuan baru mengenai produk mie kemasan asal Korea yang menunjukan hasil positif mengandung fragmen DNA spesifik babi.

Berdasarkan hasil sampling dan pengujian laboratorium BPOM, 4 jenis mie instant ini menunjukkan hasil positif mengandung fragmen DNA spesifik babi. Merespons hasil tersebut, BPOM telah memerintahkan para importir untuk melakukan penarikan produk-produk dari peredaran.

 

Jayapura, 22 Juni

Kantor KPU Nduga ludes terbakar. Peristiwa kebakaran terjadi Kamis malam sekitar pukul 20.30 WIT melalap habis Kantor  yang menempati Kantor Catatan Sipil di Kenyam. Akibat terbatasnya sarana menyebabkan bangunan ini ludes terbakar.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal mengungkapkan dugaan kebakaran kantor KPU ada unsur kesengajaan namun untuk memastikan anggota akan melakukan penyidikan.

 

Gabon, 22 Juni

Pemerintah Gabon melindungi dan membebaskan setiap pemeluk agama menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinan mereka. Sebagai contoh keterbukaan Gabon dengan Islam, meski jumlah Muslim hanya 10 persen dari populasi, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, pemerintah akhirnya mengakui dan menetapkan kedua hari besar umat Islam tersebut sebagai hari libur nasional.

Saat Ramadhan, jam operasional fasilitas publik biasanya lebih pendek dari jam operasional normal. Sejauh ini, komunitas Muslim mendapatkan penilaian positif dari berbagai kalangan, termasuk dari Kedutaan Besar AS di Gabon. Muslim Gabon terkenal dengan sikap terbuka dan kooperatif.

 

Labuha, 24 Juni

Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Pemkab Halsel) untuk ke tiga kalinya menerima penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan untuk Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016.

Bupati Halsel Bahrain Kasuba menyatakan senang bisa mempertahankan status penilaian WTP di Kabupaten Halsel yang merupakan kabupaten dengan wilayah paling luas dan jumlah warga paling besar di Provinsi Maluku Utara. Dan ini artinya Bupati Halsel saat ini berhasil melestarikan prestasi yang juga pernah diraih bupati Halsel sebelumnya, Muhammad Kasuba.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
Pakar: Jokowi-Prabowo Pilih ‘Main Aman’ di Debat Capres SURABAYA, TAJUKTIMUR.COM - Pakar komunikasi politik asal Universitas Airlangga Suko Widodo menilai k...
Kementerian LHK Digabung, Ini Penjelasan JK JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla menjelaskan penggabungan Kementerian Lingkungan...
KPU: Debat Kedua Pilpres Lebih Lancar JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengatakan pelaksanaan d...
Indef: Visi Jokowi Terkait B100 Sulit Dicapai JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Berly ...
Soal Ledakan, Wiranto: Ada pihak yang iseng dan usil sengaja membuat kericuhan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wi...
Kanal: Nasional