Loading...

KALEIDOSKOP 2017: Bulan Oktober

Peristiwa penting yang terjadi di dalam dan luar negeri sepanjang Oktober 2017

Yordania, 4 Oktober

Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi berkunjung ke Amman, Yordania menemui Raja Abdullah II dan Menlu Yordania Ayman Safadi untuk membahas upaya kemerdekaan Palestina. Pembahasan mengarah pada rencana pembentukan negara merdeka Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya.

Kedua pihak sepakat mengambil tindakan penolakan terhadap semua klaim sepihak Israel yang mengubah status quo dan sejarah Yerusalem. Selain membahas kemerdekaan Palestina, isu terorisme yang sedang marak pun jadi pembahasan penting untuk dicari langkah-langkah tegas menghadapinya.

Jakarta, 11 Oktober

Babak baru sertifikasi halal di Indonesia dimulai. Kementerian Agama meresmikan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) sesuai amanat UU No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU-JPH). Sebelumnya, pada Agustus 2017, Prof Sukoso yang terpilih sebagai Kepala BPJPH dilantik untuk menjalankan badan negara tersebut dalam pelayanan sertifikasi halal yang selama ini ditangani Majelis Ulama Indonesia (MUI).

BPJPH akan menjadi pusat sertifikasi halal setiap produk impor maupun produk dalam negeri. BPJPH bertugas mengeluarkan sertifikat halal sementara MUI yang sebelumnya menjalankan amanah tersebut melalui Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) akan menjadi bertugas sebagai penentu fatwa halal atau haramnya sebuah produk.

Jakarta, 16 Oktober

Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/10).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden No 83/P/2017 tentang pengesahan pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012-2017 dan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta masa jabatan 2017-2022.

Halmahera Selatan, 25 Oktober

Sebanyak 1500 pemancing di Kepulauan Widi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara (Malut) pada 25-29 Oktober 2017 untuk mengikuti Widi International Fishing Tournament 2017 (WIFT). Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yang semula dijadwalkan membuka Event Widi Internasional Fising Turnament (WIFT), di Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Malut, batal dan hanya digantikan oleh Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan.

Jakarta, 27 Oktober

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak memperpanjang izin usaha Hotel Alexis dan Griya Pijat Alexis di Jalan Martadinata, Kelurahan Pademangan, Jakarta Utara, sejak 27 Oktober 2017.

Kebijakan untuk tidak memperpanjang izin operasi hotel dan griya pijat itu tertuang dalam surat kepada Direktur PT Grand Ancol Hotel dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta perihal Permohonan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP), yang ditandatangani oleh kepala dinas Edy Junaedi.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
SPKKL Kupang Uji Coba Aplikasi Pelaporan Kejadian Laut Berbasis Android KUPANG, TAJUKTIMUR.COM - SPKKL Kupang mengajak peran serta masyarakat pesisir dalam menjaga keamanan...
BMKG: Waspada Potensi Banjir dan Longsor Meningkat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau masuknya mus...
Kemenag Uji Coba Sistem Daftar Nikah Online JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Agama telah meluncurkan Sistem Informasi Pernikahan Berbasis W...
KPI minta PRSSNI Dorong Anggotanya Hindari Pelanggaran Siaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meminta Persatuan Radio Swasta Siaran Nas...
Pengamat: Publik Harus Pertanyakan Program Capres-Cawapres JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Pusat Studi Konstitusi Universitas Andalas Feri Amsari mengatakan...
Kanal: Nasional