Loading...

KALEIDOSKOP 2017: Peristiwa Bulan Januari

Peristiwa penting yang terjadi di dalam dan luar negeri sepanjang Januari 2017.

JAKARTA, 1 JANUARI

Kapal penumpang  Zahro Express tujuan Pulau Tidung terbakar, Minggu(1/1) sekitar pukul 08.45 WIB. Kapal yang sedianya menuju Pulau Tidung tersebut terbakar usai bertolak dari dermaga Kaliadem, Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara sekitar pukul 08.00 WIB.

Petugas gabungan mengevakuasi korban yang terbakar di dalam kapal motor Zahro Express di dermaga Muara Angke, Jakarta, Minggu (1/1). (foto: antara)

Kementerian Perhubungan mencatat ada 200 lebih penumpang, termasuk awak kapal. Sebanyak 23 dilaporkan meninggal, 17 orang hilang, 17 orang luka-luka, dan 194 orang selamat.

TERNATE, 4 JANUARI

Gunung Api Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) pada Rabu siang (4/1) mengembuskan abu vulkanik, menyusul semakin meningkatnya aktivitas vulkanik di gunung api setinggi 1.700 meter dari permukaan laut itu.

Petugas Pos Pemantau Gunung Gamalama Ternate, Maluku Utara, meminta masyarakat tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1,5 km dari puncak Gunung Gamalama, menyusul terjadinya dua kali semburan abu vulkanik tipis dari gunung itu.

“Status Gamalama meningkat menjadi waspada level II. Atas aktivitas gunung api tersebut, masyarakat diminta menjauh hingga radius 1,5 km,” kata Kepala Pos Pemantau Gunung Gamalama Darno Lamane.

AMERIKA SERIKAT, 20 JANUARI

Donald Trump resmi dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat ke-45 dalam upacara inaugurasi di Gedung Capitol, Washington DC. Trump akan memimpin AS dalam empat tahun ke depan, menggantikan Barack Obama yang memimpin selama dua periode.

Trump, yang diusung oleh Partai Republik, berhasil menduduki jabatan Presiden AS setelah mengalahkan kandidat dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, lewat persaingan yang sengit. Dalam sejarah AS, Trump merupakan presiden pertama yang berasal dari kalangan pengusaha.

Tidak lama setelah pelantikan Trump, rangkaian demo menolak Trump berlangsung di berbagai tempat di AS. Para demonstran menolak presiden baru yang memiliki sejumlah skandal di masa lalu, termasuk pelecehan seksual terhadap perempuan.

Terbukti dalam setahun masa jabatannya, Trump banyak mengeluarkan pernyataan dan keputusan kontroversial. Di antaranya mengenai komunikasi politik dengan Rusia saat pemilu berlangsung dan, yang paling baru, soal klaim atas status Yerusalem yang diakui Trump sebagai ibukota Israel.

AMBON, 20 JANUARI

DPRD Kota Ambon menetapkan lima rancangan peraturan daerah menjadi peraturan daerah (Perda) yang disetujui oleh sembilan fraksi.

Penetapan dilakukan dalam rapat paripurna terkait penyampaian kata akhir fraksi terhadap persetujuan pengesahan lima Raperda untuk ditetapkan menjadi Perda, di ruang sidang utama DPRD Kota Ambon, Jumat (20/1).

Lima Perda yang ditetapkan antara lain tentang penyandang masalah kesejahteraan sosial, yakni penanganan anak jalanan, gelandangan, dan pengemis; Perubahan atas peraturan daerah Kota Ambon Nomor 8 Tahun 2014 tentang penyertaan modal pemerintah dalam perusahaan daerah air minum (PDAM) Kota Ambon, kemudian ranperda tentang ijin penyimpanan sementara dan ijin pengumpulan limbah berbahaya dan beracun.

Selanjutnya Ranperda tentang ijin pembuangan air limbah ke air atau sumber air, dan keempat Ranperda tentang pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan dan pemukiman kumuh.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
SPKKL Kupang Uji Coba Aplikasi Pelaporan Kejadian Laut Berbasis Android KUPANG, TAJUKTIMUR.COM - SPKKL Kupang mengajak peran serta masyarakat pesisir dalam menjaga keamanan...
BMKG: Waspada Potensi Banjir dan Longsor Meningkat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau masuknya mus...
Kemenag Uji Coba Sistem Daftar Nikah Online JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Agama telah meluncurkan Sistem Informasi Pernikahan Berbasis W...
KPI minta PRSSNI Dorong Anggotanya Hindari Pelanggaran Siaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meminta Persatuan Radio Swasta Siaran Nas...
Pengamat: Publik Harus Pertanyakan Program Capres-Cawapres JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Pusat Studi Konstitusi Universitas Andalas Feri Amsari mengatakan...
Kanal: Nasional