Loading...

Kemenag Beri Apresiasi Pendidikan Islam kepada Sejumlah Pemda dan Media

SERPONG (TAJUKTIMUR.COM) – Empat Pemerintah Daerah (Pemda) dan sembilan media menerima penghargaan Apresiasi Pendidikan Islam (API) dari Kementerian Agama. Penyerahan API berlangsung di ICE BSD City Serpong bersamaan dengan International Islamic Education Expo (IIEE) tahun 2017.

API untuk kategori Pemda diserahkan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Adapun API untuk media, diserahkan oleh Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Mastuki.

Menurut Mastuki, API untuk Pemerintah Daerah rutin diberikan oleh Kementerian Agama dalam beberapa tahun terakhir. API ini diberikan kepada Kepala Daerah yang dinilai mempunyai kepedulian dan keberpihakan kuat terhadap pengembangan pendidikan Islam di daerahnya.

“API merupakan wujud penghargaan dari Kementerian Agama terhadap pihak-pihak yang dinilai telah berkontribusi dalam pengembangan pendidikan Islam,” terang Mastuki dikutip dari rilis berita resmi yang diterima tajuktimur.com, Sabtu (25/11).

Menag Lukman serahkan Apresiasi Pendidikan Islam kepada empat pemerintah daerah (foto: kemenag/istimewa)

 

Keempat Pemda penerima API 2017 yaitu: Provinsi Kalimantan Timur, Kab. Tasikmalaya (Jabar), Kab. Bangka Tengah (Babel), dan Kab. Lampung Timur (Lampung).

Untuk tahun ini, API juga diberikan kepada media yang dinilai peduli dalam pemberitaan masalah pendidikan, utamanya terkait pendidikan Islam. Penentuan media penerima API didasarkan pada hasil media monitoring atas program pemberitaan media tentang pendidikan Islam pada rentang 2016-2017.

“Dalam tiga tahun terakhir, Kementerian Agama rutin melakukan media monitoring atas pemberitaan yang terkait isu: haji, kerukunan, kehidupan keagamaan, pendidikan agama dan keagamaan, serta tata kelola Kementerian Agama,” terang Mastuki.

Dari hasil monitoring itu, lanjut Mastuki, terpilih sejumlah media yang secara kuantitatif banyak memberitakan isu-isu pendidikan Islam. Ada tiga kategori, yaitu: televisi, media cetak, dan online. “Ketiganya mendapat apresiasi dalam kedudukan yang sama,” ujarnya.

Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Mastuki beri Anugerah Pendidikan Islam kepada sejumlah pimpinan media (foto: kemenag/istimewa)

 

Untuk kategori televisi, API diberikan kepada TVRI, CNN Indonesia TV, dan Metro TV. Kategori cetak diberikan kepada Republika, Media Indonesia, dan Kompas. Sedang untuk kategori online diberikan kepada Republika.co.id, antaranews.com, dan detik.com.

Selain itu, API juga diberikan kepada negara sahabat yang selama ini bermitra dengan Kementerian Agama dalam penguatan program pendidikan Islam, seperti beasiswa pasca sarjana, pertukaran pelajar, shortcourse dosen, pembelajaran, dan sejenisnya. Negara sahabat penerima API 2017 adalah Australia.

Apresiasi Pendidikan Islam juga diberikan kepada dunia usaha yang dinilai memiliki keberpihakan terhadap pendidikan Islam, baik dalam bentuk beasiswa atau lainnya. Penghargaan untuk kategori ini diberikan kepada Astra Honda Motor.

Sebelumnya, Pameran Pendidikan Islam Internasional digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan, Banten, 21-24 November 2017.

Pameran yang mengambil tema “Pendidikan Islam Indonesia untuk Perdamaian Dunia” ini menampilkan berbagai lembaga pendidikan Islam dari dalam dan luar negeri yang menempati lebih dari 200 stand pameran.

Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI ini sebenarnya menjadi bagian dari rencana besar menjadikan Indonesia menjadi sentra pendidikan islam dunia. Dalam jangka pendek, pameran ini menjadikan Indonesia lebih dikenal oleh masyarakat luas secara nasional maupun internasional sebagai tujuan studi Islam yang menarik.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
Pengamat: Publik Harus Pertanyakan Program Capres-Cawapres JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Pusat Studi Konstitusi Universitas Andalas Feri Amsari mengatakan...
Satgas Pangan Pantau Stok Menjelang Natal dan Tahun Baru 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Satgas Pangan akan melakukan pemantauan untuk memastikan stok kebutuhan po...
Sandiaga Doakan Calon Penggantinya di DKI BEKASI, TAJUKTIMUR.COM - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Sandiaga Uno menghadiri acar...
KPU Akan Tetapkan Hasil Perbaikan DPT Tahap II JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Per...
Pemerintah Harus Tegas pada ‘Genderuwo’ Ekonomi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Praktisi Industri dan Bisnis, Said Didu menilai pemerintah harus tegas men...
Kanal: Nasional