Loading...

Kemenangan Kotak Kosong Jadi Pembelajaran Pilkada

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — Anggota Komisi II DPR Firman Subagyo, mengatakan fenomena kotak kosong yang muncul dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) merupakan bentuk pembelajaran yang penting untuk ke depannya.

“Masalah ini akan menjadi pembelajaran bagi parpol untuk berhati-hati,” kata Firman dalam rilis di Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Menurut dia, adanya calon tunggal melawan kotak kosong adalah karena adanya kekosongan hukum yang tidak diatur dalam regulasi perundang-undangan.

Politikus Golkar itu menilai bahwa bila ada gerakan masyarakat yang mendukung kotak kosong dengan masif itu bisa disebabkan karena calon tunggal yang muncul sebenarnya bukanlah representasi pilihan rakyat.

“Calon tunggal seperti ini representasi dari pilihan parpol dan parpol itu bisa dikondisikan oleh calon yang kuat karena ada proses politik untuk rekomendasi dengan transaksional,” katanya.

Ia menegaskan bahwa hal ini merupakan kondisi yang bahaya dan bertentangan dengan kehendak rakyat.

Firman juga mengingatkan kepada parpol agar tidak menganggap sepele kotak kosong karena bisa saja kotak kosong itulah yang bakal menang.

Pilkada dengan calon tunggal melawan kotak kosong antara lain terjadi di Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat. Pilkada hanya diikuti psangan Ramlan Badawi dan Martinus Tiranda.

Berdasaekan real count KPU setempat ada 38,21 persen atau 29.516 suara sah yang memilih kotak kosong.

Persaingan dengan kotak kosong juga terjadi pada Pilkada Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, dengan calon tunggal pasangan Ashari Tambunan-Ali Yusuf Siregar. Di sini kota kosong memperoleh 114.258 (17,14%).

Berita Lainnya
Gerindra Dukung Polri Berantas Hoax JAKARTA,TAJUKTIMUR.COM , Meskipun partai Gerindra konsen terhadap upaya mengkritisi kinerja Pemerintahan Jokowi terutama dalam bidang ekonomi, namun dukungan terhadap Pol...
Partai Demokrat Optimistis Raih 15 Persen Kursi DPR RI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Putu Supadma Rudana menegaskan bahwa partainya optimistis meraih 15 persen kursi DPR RI atau sekit...
Ganjil Genap Diperpanjang Hingga Akhir Tahun, Ini Empat Rute Alternatifnya JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Perhubungan DKI menyiapkan empat rute alternatif yang bisa dipakai pengguna jalan untuk menghindari penerapan aturan ganjil genap di jalan...
Mulai Hari Ini, Ganjil Genap Berlaku Pukul 06.00-10.00 dan 16.00-20.00 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pemberlakuan sistem ganjil genap di sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta diperpanjang hingga akhir tahun 2018. “Mulai hari Senin (15/10), kebij...
Sohibul Iman: Banyak Pihak Ingin PKS Nangis Bombay DEPOK, TAJUKTIMUR.COM - Presiden PKS Sohibul Iman mengungkapkan, jelang Pemilu 2019 selalu ada provokasi-provokasi terhadap para kadernya. Hal itu juga memang menandakan ...
Kanal: Nasional Pilkada