Loading...

Kemenangan Kotak Kosong Jadi Pembelajaran Pilkada

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — Anggota Komisi II DPR Firman Subagyo, mengatakan fenomena kotak kosong yang muncul dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) merupakan bentuk pembelajaran yang penting untuk ke depannya.

“Masalah ini akan menjadi pembelajaran bagi parpol untuk berhati-hati,” kata Firman dalam rilis di Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Menurut dia, adanya calon tunggal melawan kotak kosong adalah karena adanya kekosongan hukum yang tidak diatur dalam regulasi perundang-undangan.

Politikus Golkar itu menilai bahwa bila ada gerakan masyarakat yang mendukung kotak kosong dengan masif itu bisa disebabkan karena calon tunggal yang muncul sebenarnya bukanlah representasi pilihan rakyat.

“Calon tunggal seperti ini representasi dari pilihan parpol dan parpol itu bisa dikondisikan oleh calon yang kuat karena ada proses politik untuk rekomendasi dengan transaksional,” katanya.

Ia menegaskan bahwa hal ini merupakan kondisi yang bahaya dan bertentangan dengan kehendak rakyat.

Firman juga mengingatkan kepada parpol agar tidak menganggap sepele kotak kosong karena bisa saja kotak kosong itulah yang bakal menang.

Pilkada dengan calon tunggal melawan kotak kosong antara lain terjadi di Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat. Pilkada hanya diikuti psangan Ramlan Badawi dan Martinus Tiranda.

Berdasaekan real count KPU setempat ada 38,21 persen atau 29.516 suara sah yang memilih kotak kosong.

Persaingan dengan kotak kosong juga terjadi pada Pilkada Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, dengan calon tunggal pasangan Ashari Tambunan-Ali Yusuf Siregar. Di sini kota kosong memperoleh 114.258 (17,14%).

Berita Lainnya
ACT Serahkan Bantuan Minimarket Sodaqo untuk Masa Depan Zohri LOMBOK, TAJUKTIMUR.COM — Apresiasi terhadap atlet lari Lalu Muhammad Zohri atas prestasi gemilangnya di Kejuaraan Dunia Atletik 100 meter putra U-20 d...
Kemenlu Giatkan Diplomasi Digital JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia tengah menggiatkan layanan diplomasi digital (digital diplomacy) yang d...
Jokowi: Indonesia Menargetkan Peringkat 10 Besar Asian Games PALEMBANG, TAJUKTIMUR.COM —- Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Indonesia menargetkan peringkat 10 besar dalam pesta olahraga terbesar Asia, Asian ...
Ustaz Abdul Somad Jadi Duta Zakat Indonesia JAKARTA, TAJJKTIMUR.COM -- Ustaz Abdul Somad, Lc, MA (UAS), menerima pinangan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menjadi Duta Zakat Indonesia. Hal itu...
Presiden Minta Pelajar Gratis Nonton Asian Games PALEMBANG, TAJUKTIMUR.COM — Presiden Joko Widodo meminta penyelenggara Asian Games XVIII (INASGOC) menggratiskan tiket bagi pelajar untuk menonton per...
Kanal: Nasional Pilkada