Loading...

Kemendagri Layani Cetak KTP dan KK Korban Gempa

PALU, TAJUKTIMUR.COM – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palu, Sigi dan Donggala melayani pencetakan kartu tanda penduduk dan kartu keluarga di tempat para korban gempa dan tsunami.

“Saya sudah hadir di Palu sejak Sabtu (29/9), tapi balik lagi ke Jakarta dan kini kembali dengan membawa peralatan lengkap,” kata Direktur Pencatatan sipil Kemendagri Arief M Edie di Palu, Selasa.

Dia mengatakan Kemendagri harus hadir di tengah-tengah masyarakat baik dalam kondisi normal maupun darurat seperti bencana alam untuk melayani kebutuhan masyarakat di bidang administrasi kependudukan.

Arief mengatakan, akibat gempa dan tsunami yang melanda Kota Palu, Sigi, dan Donggala, banyak warga yang kehilangan KTP dan KK, sehingga mereka perlu dibantu untuk memudahkan segala urusan terkait dengan identitas kependudukan tersebut.

Dengan dukungan kendaraan operasional dilengkapi peralatan cetak, cek iris mata, sidik jari dan peladen (server), Arief bersama timnya mengunjungi tempat-tempat pengungsian warga untuk melayani pencetakan KTP/KK.

“Kami hanya cetak sesuai data. Kami tidak mengubah data yang ada. Kalau ada perubahan silahkan langsung ke Kantor Catatan Sipil di daerah masing-masing,” katanya.

Dia mengatakan pelayanan tersebut akan dilakukan sampai kondisi pascagempa dan tsunami di Palu, Sigi, dan Donggala sudah normal.

Arief mengatakan antusiasme warga untuk mencetak identitas kependudukan yang hilang akibat gempa di lokasi pengungsian cukup tinggi.

Terhitung sejak Rabu (3/10) hingga Senin (8/10) pagi tercatat sudah 226 KTP yang dicetak.

Arief mengajak seluruh warga korban gempa dan tsunami agar kembali bangkit menata masa depan yang lebih baik.

Berita Lainnya
Sandiaga: Kami Berkomitmen untuk tidak Mengambil Gaji se-rupiah pun JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno me...
Aa Gym: Prabowo-Sandi Pilihan Hati JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - KH Abdullah Gymanstiar memberikan dukungan untuk capres dan cawapres nomor...
Lembaga Penyiaran Diminta Ikuti Aturan Main di Masa Tenang Pemilu 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Memasuki hari masa tenang Pemilu 2019, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) me...
Habib Rizieq Shihab Sampaikan 10 Alasan Prabowo-Sandi Disambut Rakyat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) menyampaika...
Massa Pendukung 02 Siap #PutihkanGBK, Polisi Siapkan Rekayasa Lalulintas JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pihak kepolisian menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) untuk menghindari...
Kanal: Nasional