Loading...

Kemendagri Layani Cetak KTP dan KK Korban Gempa

PALU, TAJUKTIMUR.COM – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palu, Sigi dan Donggala melayani pencetakan kartu tanda penduduk dan kartu keluarga di tempat para korban gempa dan tsunami.

“Saya sudah hadir di Palu sejak Sabtu (29/9), tapi balik lagi ke Jakarta dan kini kembali dengan membawa peralatan lengkap,” kata Direktur Pencatatan sipil Kemendagri Arief M Edie di Palu, Selasa.

Dia mengatakan Kemendagri harus hadir di tengah-tengah masyarakat baik dalam kondisi normal maupun darurat seperti bencana alam untuk melayani kebutuhan masyarakat di bidang administrasi kependudukan.

Arief mengatakan, akibat gempa dan tsunami yang melanda Kota Palu, Sigi, dan Donggala, banyak warga yang kehilangan KTP dan KK, sehingga mereka perlu dibantu untuk memudahkan segala urusan terkait dengan identitas kependudukan tersebut.

Dengan dukungan kendaraan operasional dilengkapi peralatan cetak, cek iris mata, sidik jari dan peladen (server), Arief bersama timnya mengunjungi tempat-tempat pengungsian warga untuk melayani pencetakan KTP/KK.

“Kami hanya cetak sesuai data. Kami tidak mengubah data yang ada. Kalau ada perubahan silahkan langsung ke Kantor Catatan Sipil di daerah masing-masing,” katanya.

Dia mengatakan pelayanan tersebut akan dilakukan sampai kondisi pascagempa dan tsunami di Palu, Sigi, dan Donggala sudah normal.

Arief mengatakan antusiasme warga untuk mencetak identitas kependudukan yang hilang akibat gempa di lokasi pengungsian cukup tinggi.

Terhitung sejak Rabu (3/10) hingga Senin (8/10) pagi tercatat sudah 226 KTP yang dicetak.

Arief mengajak seluruh warga korban gempa dan tsunami agar kembali bangkit menata masa depan yang lebih baik.

Berita Lainnya
Heli MI-8 Lakukan ‘Water-Bombing’ Wilayah Terdampak Likuifaksi Sulteng PALU, TAJUKTIMUR.COM – Helikopter MI-8 mulai melakukan kegiatan water-bombing atau pengemboman material disinfektan di wilayah terdampak likuifaksi, seperti Petobo, Balar...
Iklan Rekening Dianggap Curi Start Kampanye, Ini Komentar Erick Thohir JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menanggapi soal adanya dugaan pelanggaran kampanye dalam pemasangan iklan berisi nomor reken...
Istri Meninggal Dunia Saat Suami Tunaikan Tugas SAR di Palu PALU, TAJUKTIMUR.COM — Alfrits Rottie, anggota Basarnas Gorontalo sedang sibuk melakukan misi kemanusiaan terhadap korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, tiba-...
Ketika Suara Kaum Ibu Menjadi Kekuatan Politik JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Tingginya tingkat populasi (jumlah) kaum perempuan di Indonesia ternyata menjadi target tersendiri dalam dunia politik terutama saat pilpres. Ta...
AMCF Dirikan Tenda Hunian Sementara untuk Pengungsi Gempa Donggala DONGGALA,TAJUKTIMUR.COM - Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) mendirikan tenda hunian sementara (huntara) untuk korban gempa dan tsunami di Lapangan Bola Sipi, Sipi, Si...
Kanal: Nasional