Loading...

Kemenhub Lepas 1.228 Pemudik Sepeda Motor Gratis dengan Kapal Laut

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melepas kapal perdana mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (9/6/2018).

Syahbandar Utama Tanjung Priok, Capt. Sudiono melepas keberangkatan kapal KMP. Dobonsolo milik PT. PELNI yang mengangkut 1.228 orang pemudik dan 571 unit sepeda motor menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Kami melepas kapal Dobonsolo tujuan Semarang yang membawa para pemudik dan sepeda motor yang merupakan pelaksanaan perdana mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut,” kata Sudiono seusai pelepasan kapal KM. Dobonsolo di Dermaga Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok.

Lebih lanjut, Sudiono menyebutkan animo masyarakat yang menggunakan kapal sebagai sarana mudik cukup tinggi ketimbang tahun lalu.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melepas kapal perdana mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (9/6/2018)

Hingga H-6 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439H/2018, kuota mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang digagas Kementerian Perhubungan telah mencapai 78.57 persen untuk arus mudik.

“Hal tersebut sangat menggembirakan mengingat Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menargetkan 60 persen dari kuota yang tersedia untuk para pemudik gratis sepeda motor dengan kapal laut di tahun 2018,” ujar Sudiono.

Selain itu, Sudiono juga mengatakan bahwa masyarakat yang memanfaatkan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tersebut juga dimanja oleh Pemerintah dengan menyediakan kapal baru berikut dengan fasilitasnya untuk mengangkut para pemudik dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Total ada 16 unit kapal yang akan melayani mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dan sebagian diantaranya merupakan kapal baru milik Kementerian Perhubungan. Selain kapal baru, fasilitas yang ditawarkan juga diperuntukan untuk masyarakat seperti mendapatkan dua kali makan dan berhadiah sepeda motor bagi para pemudik,” ujar Sudiono.

Adapun 16 unit kapal tersebut terdiri dari 1 unit kapal KM. Dobonsolo, 10 unit kapal Perintis Sabuk Nusantara tipe GT 2000 dan GT 1200 serta 5 unit kapal ternak yang mampu menampung 700 unit sepeda motor.

“Selanjutnya besok kapal mudik gratis akan terus diberangkatkan hingga tanggal 13 Juni 2018 nanti. Kita akan terus berikan yang terbaik bagi masyarakat khususnya para pemudik sehingga mereka dapat mudik dengan guyub rukun juga bahagia,” tutup Sudiono.

Berita Lainnya
Wapres Jusuf Kalla Yakin Pilkada Serentak Aman JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Wakil Presiden M Jusuf kalla menyakini pemilihan kepala daerah serentak yang akan dilaksanakan pada 17 Juni 2018 berlangsu...
Wiranto: Pelantikan Iwan Bule untuk Kawal Pilgub Jabar JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Menko Polhukam Wiranto mengatakan pengangkatan Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional Komjen Polisi Mochamad Iriawan s...
Ratna Sarumpaet Datangi KPK Tagih Kasus Ganjar Pranowo JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Gerakan Selamatkan Indonesia (GSI) Ratna Sarumpaet bersama perwakilan masyarakat dari 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah...
Aman Abdurrahman Dijatuhi Vonis Mati JAKARTA TAJUKTIMUR.COM - Hakim Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Akhmad Jaini telah menjatuhkan hukuman pidana mati kepada Aman Abdurrahman dal...
Industri Manufaktur Kejar Produksi Setelah Libur Lebaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Industri manufaktur diyakini akan meningkatkan kembali produktivitasnya setelah masa libur panjang Lebaran tahun ini. Lonja...
Kanal: Nasional