Loading...

Komunitas Ojol Pastikan Tidak Berdemo Saat Asian Games

TANGERANG, TAJUKTIMUR.COM – Komunitas ojek online (ojol) memastikan diri tidak akan berdemonstrasi ketika perhelatan Asian Games ke-18 berlangsung ditanah air pada 18 – 20 Agustus 2018.

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Gograbers Tangerang Kota, Andri Zack usai mengikuti acara peringatan 1 tahun Anniversarry Gograbers dilapangan footsal Kali Pasir, Tangerang, Minggu siang (29/8/2018).

Lebih lanjut Zack menyatakan, kalaupun ada informasi yang mengatakan bahwa kelompok ojek online akan berdemonstrasi bertepatan dengan pelaksanaan Asian Games,  itu hanyalah hoax (berita yang tidak benar).

“Untuk pelaksanaan kegiatan Asian Games ke-18 ini, saya mendukung penuh. Dan untuk para Gograbers tidak akan  turun aksi pada 188 (18 Agutus 2018, bertepatan dengan pembukaan Asian Games ke-18)”, tegas Andri Zack alias Zack.

Menurutnya anggota ojol diseluruh Indonesia yang jumlahnya mencapai 22 ribu orang semua belum bergabung kedalam komunitas tersebut.

“Kita mendukung dan sekaligus mengingatkan bahwa anggota komunitas Gograbers di Tangerang kota dan Banten, yang jumlahnya mencapai 8 ribu orang mendukung adanya event Asian Games ke-18 tahun 2018,” tegas Zack.

Untuk menjaga keamanan dan kedamaian serta menghindari terjadinya benturan fisik selama Asian Games berlangsung, ia menyatakan komunitasnya selalu berkoordinasi dengan ojek pangkalan (opang) setempat. Cara ini penting dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman. Begitupun dengan aparatur Pemerintah, Kepolisian dan TNI, gojek online juga berusaha melakukan jalinan komunikasi, sebab menurutnya kalangan ojek online bukanlah preman, dan tidak seharusnya dihadapi dengan anarkhis.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, yang penting secara bertahap saja kita berharap tarikan kembali diberlakukan seperti semula”, harap Zack.

Hal senada juga diutarakan oleh anggota DPRD provinsi Banten sekaligus ketua DPP KNPI provinsi Banten, Moh. Rano Alfath, SH, MH yag didaulat untuk menjadi pembina Gograbers. Dukungan untuk Asian Games ke-18 menurutnya penting dilakukan oleh semua pihak, tidak ketinggalan kalangan ojol.
“Kita menyatakan dukungan dan bertekad untuk ikut menyukseskan Asian Games, jadi kita sekarang sudah mulai menjalin kerjasama bersama seluruh instansi pemerintahan dan juga membangun komunikasi jika ada hal-hal yang memang membawa-bawa komunitas kita”, ungkap Rano.
Selain mendukung Asian Games dirinya juga berharap keberadaan komunitas-komunitas ojek online lebih banyak mendatangkan manfaat, termasuk dalam rangka menyukseskan program program pemerintah.
“Saya berharap keberadaan komunitas-komunitas ojek online bisa mendatangkan manfaat bagi para ojekers sekalian maupun masyarakat dan pemerintah”, ujar Rano.

Sementara ketika ditanyakan tentang arah dukungan massa pekerja ojek online untuk kegiatan Pilpres 2019 Rano mengaku belum ditentukan sebab pesta demokrasi tersebut masih jauh pelaksanaannya. “Hal yang terpenting saat ini adalah komunikasi komunitas ojek online ini bisa bersatu dan menyatu dengan masyarakat, apalagi masih banyak Gograbers (sebutan bagi pekerja ojek online dalam komunitas ini) yang belum bergabung. Dan kita harap semua bergabung”, tegas Rano. Adapun kepada pemerintah, Rano berharap agar lebih memperhatikan nasib ojek online, salah satunya dengan membuat halte atau pangkalan khusus ojek online. Yang kedua, Pemda diharapkan bisa bekerja sama dan lebih memberi kemudahan dalam pelayanan medis bagi ojol yang membutuhkan atau apabila mengalami kecelakaan, sebab selama ini jika ada kecelakaan kemudian menggunakan BPJS tidak dilayani secara maksimal.

Terkait dengan peringatan satu tahun Gograbers, Rano berharap keberadaan dirinya sebagai pembina dan komunitas Gograbers bermanfaat bagi masyarakat luas. Dan sebagai kunci dari persaudaraan yang terjalin adalah persatuan. Karena itu ia menekankan agar seluruh anggota komunitas ojek online bersatu. “Diusia satu tahun pertama ini semoga kita tidak hanya bisa melakukan kegiatan yang ceremonial tapi juga membantu pemerintah dan aparat,” ungkap Rano dalam pidato sambutannya di Tangerang, Minggu (29/7/2018).
Dengan adanya kegiatan ini ia berharap silaturahim tidak hanya terjadi oleh para anggota dari Jawa tapi juga Lampung dan provinsi lainnya. Selain menggelar acara syukuran berupa potong tumpeng dan hiburan, komunitas Gograbers juga menggelar acara sosial seperti santunan untuk anak yatim piatu dan penderita sakit khusus dipinggir sungai Cisadane.

Berita Lainnya
Panglima Kogasgabpad Serahkan Kunci Rumah Kepada Warga Lombok LOMBOK, TAJUKTIMUR.COM - Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Rehabilitasi dan Reko...
PKS Targetkan Keterwakilan Perempuan di DPRD Sukabumi Naik SUKABUMI, TAJUKTIMUR.COM - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Sukabumi menargetkan keterwakilan pe...
Lion Air: Identifikasi Korban Masih Tetap Dilakukan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro m...
BIN: Tujuh PTN di 15 Provinsi Terpapar Paham Radikal JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Juru Bicara Badan Intelijen Nasional (BIN) Wawan Purwanto mengatakan, ada ...
Ma’ruf Amin Imbau Pendukung Capres Selalu Rukun MEDAN, TAJUKTIMUR.COM - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1 KH Ma'ruf Amin menyerukan, agar...
Kanal: Nasional