Loading...

Kosta Rika Buka Kedutaan Besar di Jakarta

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Menteri Luar Negeri Republik Kosta Rika Manuel Gonzalez Sanz berkunjung ke Indonesia dan akan secara resmi membuka Kedutaan Besar Kosta Rika di Jakarta pada Selasa, 5 September 2017.

“Ini merupakan kunjungan Menlu Kosta Rika yang pertama ke Indonesia. Kedatangan Menlu Manuel bertujuan untuk secara resmi membuka Kedutaan Besar Kosta Rika di Jakarta,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Jakarta, Minggu (3/9).

Pernyataan tersebut disampaikan Menlu RI usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Kosta Rika di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI.

Kedutaan Besar Kosta Rika merupakan perwakilan diplomatik asing ke-104 dan perwakilan ke-12 negara kawasan Amerika Latin di Jakarta.

“Kedutaan besar ini akan memfasilitasi berbagai upaya untuk meningkatkan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Kosta Rika,” ujar Menlu Retno.

Menlu RI menyampaikan bahwa pembukaan kedutaan besar Kosta Rika itu juga menegaskan posisi Jakarta sebagai ibu kota diplomatik ASEAN. Dalam kunjungannya ke Indonesia, Menlu Kosta Rika juga akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN.

“Dalam kesempatan ini, saya merasa terhormat dan senang untuk menyampaikan bahwa kami akan membuka kedutaan besar Kosta Rika di negara indah ini,” kata Menlu Manuel Gonzalez Sanz.

Menurut Menlu Sanz, rencana pembukaan Kedutaan Besar Kosta Rika di Jakarta itu telah dibahas dan direncanakan saat kunjungan Menlu RI ke San Jose pada 2015.

“Kami waktu itu membahas kemungkinan untuk membuka Kedutaan Besar Kosta Rika di Jakarta. Saya senang kami bisa menjalankan kesepakatan itu. Akhirnya kami memiliki bagunan fisik permanen sebagai kantor perwakilan di Jakarta,” kata dia.

Pada tahun ini, Pemerintah Indonesia dan Kosta Rika memperingati 32 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

“Kunjungan saya ke Indonesia juga karena tahun ini kita memperingati 32 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Kosta Rika,” ujar Menlu Sanz.

(ant/and)

Berita Lainnya
Pemprov DKI Antisipasi KLB DBD JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakar...
Presiden Tegaskan Pentingnya Nurani dalam Berpolitik KARAWANG, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri acara p...
Kemenhub Upayakan Tarif Angkutan Transportasi Tidak Mengalami Peningkatan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Sabtu (19/1), mendengarkan...
Pemkot Depok Telah Berikan Santunan Kematian Rp 3,2 Miliar DEPOK, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah memberikan santun...
Pakar Hukum: Pembebasan Baasyir Bisa Kacaukan Sistem Hukum JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pakar Hukum Pidana Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar menilai pembe...
Kanal: Nasional