Loading...

Kosta Rika Buka Kedutaan Besar di Jakarta

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Menteri Luar Negeri Republik Kosta Rika Manuel Gonzalez Sanz berkunjung ke Indonesia dan akan secara resmi membuka Kedutaan Besar Kosta Rika di Jakarta pada Selasa, 5 September 2017.

“Ini merupakan kunjungan Menlu Kosta Rika yang pertama ke Indonesia. Kedatangan Menlu Manuel bertujuan untuk secara resmi membuka Kedutaan Besar Kosta Rika di Jakarta,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Jakarta, Minggu (3/9).

Pernyataan tersebut disampaikan Menlu RI usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Kosta Rika di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI.

Kedutaan Besar Kosta Rika merupakan perwakilan diplomatik asing ke-104 dan perwakilan ke-12 negara kawasan Amerika Latin di Jakarta.

“Kedutaan besar ini akan memfasilitasi berbagai upaya untuk meningkatkan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Kosta Rika,” ujar Menlu Retno.

Menlu RI menyampaikan bahwa pembukaan kedutaan besar Kosta Rika itu juga menegaskan posisi Jakarta sebagai ibu kota diplomatik ASEAN. Dalam kunjungannya ke Indonesia, Menlu Kosta Rika juga akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN.

“Dalam kesempatan ini, saya merasa terhormat dan senang untuk menyampaikan bahwa kami akan membuka kedutaan besar Kosta Rika di negara indah ini,” kata Menlu Manuel Gonzalez Sanz.

Menurut Menlu Sanz, rencana pembukaan Kedutaan Besar Kosta Rika di Jakarta itu telah dibahas dan direncanakan saat kunjungan Menlu RI ke San Jose pada 2015.

“Kami waktu itu membahas kemungkinan untuk membuka Kedutaan Besar Kosta Rika di Jakarta. Saya senang kami bisa menjalankan kesepakatan itu. Akhirnya kami memiliki bagunan fisik permanen sebagai kantor perwakilan di Jakarta,” kata dia.

Pada tahun ini, Pemerintah Indonesia dan Kosta Rika memperingati 32 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

“Kunjungan saya ke Indonesia juga karena tahun ini kita memperingati 32 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Kosta Rika,” ujar Menlu Sanz.

(ant/and)

Berita Lainnya
Sandiaga: Kami Berkomitmen untuk tidak Mengambil Gaji se-rupiah pun JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno me...
Aa Gym: Prabowo-Sandi Pilihan Hati JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - KH Abdullah Gymanstiar memberikan dukungan untuk capres dan cawapres nomor...
Lembaga Penyiaran Diminta Ikuti Aturan Main di Masa Tenang Pemilu 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Memasuki hari masa tenang Pemilu 2019, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) me...
Habib Rizieq Shihab Sampaikan 10 Alasan Prabowo-Sandi Disambut Rakyat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) menyampaika...
Massa Pendukung 02 Siap #PutihkanGBK, Polisi Siapkan Rekayasa Lalulintas JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pihak kepolisian menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) untuk menghindari...
Kanal: Nasional