Loading...

KPK Meresmikan Gedung Pusat Edukasi Anti Korupsi

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meresmikan penggunaan gedung Pusat Edukasi Antikorupsi atau Anti-Corruption Learning Center (ACLC) yang menempati kantor KPK di Jalan HR. Rasuna Said Kav C1 Jakarta Selatan.

Melalui peresmian ini, KPK mengajak segenap elemen bangsa dan komunitas internasional untuk memberantas korupsi melalui pendidikan antikorupsi.

“Memberantas korupsi tidak hanya mengandalkan cara-cara represif,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo dalam pidatonya.

Menurutnya masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam pemberantasan korupsi melalui pendidikan. Peresmian ini diharapkan menjadi momentum yang melahirkan semangat baru dalam upaya bersama memberantas korupsi.

“Kami berharap melalui Pusat Edukasi Antikorupsi ini sinergi dengan Kementerian/Lembaga dan penegak hukum melalui badan diklat masing-masing, semakin baik dalam pembangunan integritas masyarakat sebagai upaya kolektif dalam kerangka pemberantasan korupsi,” ujar Agus saat meresmikan ACLC, Jakarta, Senin (26/11/2018).

Agus juga menambahkan gedung ACLC ini bisa menjadi tempat latihan bersama para penegak hukum. Pelatihan itu antara lain penyelidikan ataupun penyidikan dengan penegak hukum lainnya.

“Bisa saja nanti latihan penyelidikan dan penyidikan gabungan kejaksaan, kepolisian. Latihan tentang money laundering, gabung dengan PPATK,” ucap Agus.

Pusat Edukasi Antikorupsi atau ACLC dibentuk pada tahun 2011 atas kerja sama KPK dengan lembaga donor Jerman Deutsche Gesellschaft fuer Internationale Zusammenarbeit (GIZ).

ACLC lahir atas komitmen untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia di bidang antikorupsi.

Hal tersebut tidak terlepas dari tantangan KPK menghadapi kompleksitas tindak pidana korupsi yang terus berkembang dengan modus kian canggih. Secara bertahap sejak 2015 Pusat Edukasi Antikorupsi mulai beroperasi dengan menyusun materi-materi antikorupsi dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran, termasuk dengan metode pembelajaran jarak jauh atau e-learning.

Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi atau Anti-Corruption Learning Center (ACLC) ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas lengkap. Pada lantai 1 gedung ini dilengkapi dengan ruang film (movie) dan ruang bermain (games). Pada lantai 2 gedung ini dilengkapi dengan perpustakaan, ruang sindikat (untuk simulasi pemeriksaan), dan control room.

Pada lantai 4 gedung terdapat ruang kelas, ruang CBT (Computer Based Traning), dan auditorium teater. Semua sistem telah terintegrasi dengan komputerisasi yang terhubung dengan control room.

Gedung Anti-Corruption Learning Center (ACLC) ini dibuka untuk masyarakat umum mulai hari Senin sampai Jumat pukul 08:00 – 17:00 WIB.

Berita Lainnya
Jumat ini KPK Jadwalkan Ulang pemeriksaan Rommy JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Romah...
Gempa Bumi Berkekuatan 4,7 Magnitudo Guncang Pangandaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa Bumi berkekuatan magnitudo 4,7 terjadi di Pangandaran, Jawa Barat. P...
Penyebar Konten Terorisme Diancam UU-ITE, PKS: Bersikap Bijaklah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menanggapi kejadian terorisme yang membunuh puluhan umat Islam yang sedang...
F-PKS Minta Kemenlu dan KBRI Lindungi WNI di Selandia Baru JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengutuk penembakan brutal kepada pulu...
Gempa 6,2 Magnitudo Guncang Talaud PALU, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa telah t...
Kanal: Nasional