Loading...

KPK Tangani Delapan Perkara Dugaan Korupsi di Papua

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan delapan perkara korupsi di wilayah Papua yang ditangani oleh KPK.

“KPK mendukung pembangunan di wilayah Papua maupun Papua Barat agar anggaran yang dialokasikan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Papua,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Kamis.

Oleh karena itu, kata dia, korupsi yang dilakukan akan merugikan masyarakat sehingga mengakibatkan masyarakat tidak bisa memanfaatkan secara maksimal anggaran yang diperuntukan pada wilayah Papua.

“Untuk mendukung pembangunan di Papua itulah KPK melakukan pencegahan dan penindakan korupsi,” ucap Febri.

Sampai saat ini, kata dia, terdapat delapan perkara korupsi yang ditangani KPK terkait dengan wilayah Papua, baik yang telah divonis di pengadilan maupun yang sedang tahap penyidikan.

Berikut delapan perkara korupsi itu.

1. Tindak pidana korupsi penyalahgunaan kewenangan dalam Pengelolaan Dana APBD Kabupaten Yapen Waropen pada tahun 2005 s.d. 2006 pada kas daerah dan penggunaan dana perimbangan berupa dana bagi hasil yang seharusnya masuk ke kas daerah telah digunakan tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kerugian negara Rp8,8 miliar.

2. Tindak pidana korupsi dalam kegiatan pembangunan renovasi Pasar Sentral Supiori, terminal induk, rumah dinas pejabat eselon, dan renovasi Pasar Sentral Supiori untuk Kantor Cabang Bank Papua yang menggunakan dana APBD Kabupaten Supiori Provinsi Papua pada TA 2006 s.d. 2008 dengan kerugian negara Rp36,5 miliar.

3. Tindak pidana korupsi penyalahgunaan dana APBD dan Otonomi Khusus Pemkab Boven Digoel Prop Papua pada TA 2006 s.d. 2007 dengan kerugian negara Rp37 miliar.

4. Tindak pidana korupsi menerima suap terkait dengan pengurusan APBN-P pada TA 2014 di Kementerian PDT untuk proyek pembangunan talut di Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua dengan jumlah suap sebesar 63.000 dolar Singapura dan 37.000 dolar Singapura.

5. Tindak pidana korupsi DED (detail engineering design) PLTA Sungai Memberamo dan Urumuka pada tahun 2009 sampai dengan 2010 dengan kerugian negara Rp32,9 miliar.

6. Tindak pidana korupsi DED PLTA Danau Sentani dan Danau Taniainai pada tahun 2008 Provinsi Papua dengan kerugian negara Rp43,362 miliar.

7. Tindak pidana korupsi suap terkait dengan usulan penganggaran proyek pembangunan infrastruktur energi baru dan terbarukan pada TA 2016 Kabupaten Deiyai Provinsi Papua dengan nilai suap 177.000 dolar Singapura.

8. Tindak pidana korupsi terkait dengan pengadaan pekerjaan peningkatan jalan Kemiri dan Depapre di Kabupaten Jayapura pada APBD-P Pemprov Papua pada TA 2015 dengan dugaan kerugian negara setidaknya Rp40 miliar.

“Jadi, nanti kami akan sampaikan pada publik karena ini hak publik untuk tahu sampai di mana tahapan-tahapan atau penanganan perkara dalam kasus dugaan korupsi tersebut. Ada yang sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan di salah satu wilayah di Papua,” kata Febri.

Febri menyatakan bahwa lembaganya telah cukup banyak menangani kasus korupsi di wilayah Papua.

Ia menyebutkan ada sekitar sembilan kasus atau sembilan perkara tindak pidana korupsi yang sudah KPK tangani untuk wilayah Papua dengan tersangka kurang lebih sekitar 18 orang.

Menurut dia, KPK mendukung pembangunan di Papua sehingga lembaganya menangani jika terjadi kasus korupsi di sana.

Karena pembangunan yang menggunakan uang rakyat, kata dia, semestinya dinikmati oleh rakyat Papua. Akan tetapi, ketika korupsi terjadi, ada pihak-pihak tertentu, baik pejabat maupun pihak swasta, yang mengambil yang seharusnya menjadi hak dari rakyat tersebut.

Sebelumnya, KPK telah menugaskan secara khusus tim untuk melakukan upaya perbaikan dan pencegahan korupsi di Provinsi Papua melalui tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah).

“Capaian kinerja Pemprov Papua dapat dilihat melalui MCP (Monitoring Center for Prevention) Korsupgah pada website korsupgah.kpk.go.id. Dapat dilihat, per 11 Januari 2019 perkembangan pelaksanaan rencana aksi Pemprov Papua adalah 58 persen,” kata Febri.

Berita Lainnya
Prabowo Bertekad Menghabiskan Sisa Hidupnya untuk rakyat MEDAN, TAJUKTIMUR.COM - Calon presiden Prabowo Subianto menegaskan ia sudah menyampaikan tekad akan ...
Pemkot Jayapura kerahkan bantuan untuk korban banjir JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah kota Jayapura, Papua mengerahkan bantuan untuk masyarakat yang...
Hujan Deras akibatkan banjir dan tanah longsor di Sebagian Kota Jayapura JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Sejumlah kawasan di Kota Jayapura dan sekitarnya Sabtu pagi terdampak ban...
Menkopolhukam Minta Kepala Daerah Bersinergi Sukseskan Pemilu GORONTALO, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) ...
Angin Puting Beliung Terjang Kabupaten Sukabumi SUKABUMI, TAJUKTIMUR.COM - Bencana angin puting beliung yang terjadi di wilayah Kecamatan Cicantayan...
Kanal: Headline Nasional