Loading...

KPU: 111 Daerah Telah Selesaikan Rekapitulasi Pilkada 2018

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, ada 111 daerah yang telah menyelesaikan rekapitulasi hasil pemungutan suara Pilkada Serentak 2018. Meski demikian, masih ada tiga daerah yang hingga saat ini belum menuntaskan proses pilkada.

“Sampai hari ini ada 105 kabupaten/kota yang telah melaporkan hasil perolehan suara secara resmi ke KPU pusat. Selain itu, juga ada enam provinsi yang datanya telah masuk ke kami per pukul 17.00 WIB,” ujar Arief dalam konferensi pers di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad (8/7) malam.

Arief mengungkapkan sebenarnya sudah ada 154 kabupaten/kota penyelenggara Pilkada 2018 yang sudah menyelesaikan rekapitulasi hasil akhir pemungutan suara. Namun, memang baru 105 kabupaten/kota yang datanya dikirim ke KPU. Dengan begitu, sudah ada 111 daerah yang telah memastikan hasil akhir pemungutan Pilkada Serentak 2018. Hasil akhir ini, kata Arief, sudah berdasarkan pleno tingkat kabupaten/kota dan provinsi setempat.

“Rekapitulasi hasil akhir pemungutan suara Pilkada tingkat kabupaten/kota berlangsung 4 hingga 6 Juli lalu. Sementara itu, rekapitulasi hasil pemungutan suara Pilkada tingkat provinsi berlangsung 7 hingga 9 Juli atau sampai Senin besok,” kata Arief.

Arief melanjutkan, enam provinsi yang datanya telah masuk ke KPU pusat yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Maluku Utara, Bali, Lampung dan Sulawesi Tenggara. Sebagaimana diketahui, ada 17 provinsi yang menggelar Pilkada Serentak 2018.

“Data dari provinsi lainnya, masih proses finalisasi. Ada juga yang masih rapat pleno rekapitulasi hasil akhir pemungutan suara,” kata Arief.

Meski demikian, saat ini masih ada tiga daerah yang belum menyelesaikan tahapan Pilkada Serentak 2018. Ketiganya yakni Painai, Mimika dan Jayawijaya. Painai belum melakukan pemungutan suara untuk pemilihan bupati-wakil bupati. Penyebabnya, kata Arief, faktor keamanan setempat yang belum kondusif.

“Untuk Jayawijaya dan Mimika ada penundaan rekapitulasi hasil pemungutan suara,” tambahnya.

Pemungutan suara Pilkada Serentak 2018 jatuh pada 27 Juni. Pilkada diikuti sebanyak 171 daerah yang terdiri dari 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten.

Berita Lainnya
Di Bali, Menko PMK Menjadi Pembawa Api Obor Ke-20 Asian Games 2018 BALI, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani menjadi pembawa Api Obor (Torch Bearer...
Lima Pati TNI Terima Anugerah Bintang Dharma JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., menyematkan Bintang Dharma kepada lima Perwira Tinggi (Pati) TNI, terdiri ...
Presiden Saksikan Festival Musik hingga “Tumplek Blek” di Kemayoran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Keberagaman suku dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia jika dikelola dengan baik akan menjadi sebuah kekuatan untuk meng...
NTB Jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional Moderasi Islam JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Organisasi Internasional Alumni Al Azhar Cabang Indonesia akan menggelar Konferensi Internasional Moderasi Islam. Konferens...
Surabaya Raih Penghargaan di Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Surabaya berhasil mengungguli Denpasar, Bali dan Bandung dalam Penganugerahan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 201...
Kanal: Nasional Pilkada