Loading...

KPU: 111 Daerah Telah Selesaikan Rekapitulasi Pilkada 2018

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, ada 111 daerah yang telah menyelesaikan rekapitulasi hasil pemungutan suara Pilkada Serentak 2018. Meski demikian, masih ada tiga daerah yang hingga saat ini belum menuntaskan proses pilkada.

“Sampai hari ini ada 105 kabupaten/kota yang telah melaporkan hasil perolehan suara secara resmi ke KPU pusat. Selain itu, juga ada enam provinsi yang datanya telah masuk ke kami per pukul 17.00 WIB,” ujar Arief dalam konferensi pers di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad (8/7) malam.

Arief mengungkapkan sebenarnya sudah ada 154 kabupaten/kota penyelenggara Pilkada 2018 yang sudah menyelesaikan rekapitulasi hasil akhir pemungutan suara. Namun, memang baru 105 kabupaten/kota yang datanya dikirim ke KPU. Dengan begitu, sudah ada 111 daerah yang telah memastikan hasil akhir pemungutan Pilkada Serentak 2018. Hasil akhir ini, kata Arief, sudah berdasarkan pleno tingkat kabupaten/kota dan provinsi setempat.

“Rekapitulasi hasil akhir pemungutan suara Pilkada tingkat kabupaten/kota berlangsung 4 hingga 6 Juli lalu. Sementara itu, rekapitulasi hasil pemungutan suara Pilkada tingkat provinsi berlangsung 7 hingga 9 Juli atau sampai Senin besok,” kata Arief.

Arief melanjutkan, enam provinsi yang datanya telah masuk ke KPU pusat yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Maluku Utara, Bali, Lampung dan Sulawesi Tenggara. Sebagaimana diketahui, ada 17 provinsi yang menggelar Pilkada Serentak 2018.

“Data dari provinsi lainnya, masih proses finalisasi. Ada juga yang masih rapat pleno rekapitulasi hasil akhir pemungutan suara,” kata Arief.

Meski demikian, saat ini masih ada tiga daerah yang belum menyelesaikan tahapan Pilkada Serentak 2018. Ketiganya yakni Painai, Mimika dan Jayawijaya. Painai belum melakukan pemungutan suara untuk pemilihan bupati-wakil bupati. Penyebabnya, kata Arief, faktor keamanan setempat yang belum kondusif.

“Untuk Jayawijaya dan Mimika ada penundaan rekapitulasi hasil pemungutan suara,” tambahnya.

Pemungutan suara Pilkada Serentak 2018 jatuh pada 27 Juni. Pilkada diikuti sebanyak 171 daerah yang terdiri dari 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten.

Berita Lainnya
Ahok Dijadwalkan Keluar Mako Brimob Pagi Ini JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (BTP) atau Ahok telah me...
Sudirman Said: Paslon 02 tunjukkan kekompakan dalam debat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, S...
Fahira Idris: Debat Capres Berikan Pencerahan kepada Rakyat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Anggota DPD RI Fahira Idris mengemukakan, debat calon presiden putaran ked...
KPK tangkap bupati Mesuji Lampung JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan Operasi Tangkap Tanga...
Survei: Basis pemilih di Koalisi Jokowi-Ma’ruf tidak Solid JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan basis pemilih di koalisi pa...
Kanal: Nasional Pilkada