Loading...

KPU Akan Tetapkan Hasil Perbaikan DPT Tahap II

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tahap II malam ini. Penetapan akan digelar dalam rapat pleno terbuka di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (15/11/2018).

“Iya malam ini pukul 19.00 WIB di Hotel Borobudur,” kata Komisioner KPU Viryan.

Dari hasil rapat pleno pada 16 September 2018, KPU telah menetapkan DPTHP tahap I sebesar 185.084.629 pemilih, berkurang dari DPT sebelum perbaikan yakni sebesar 185.994.374 pemilih, atau berkurang 909.745.

Dalam rilis resminya, KPU memutuskan untuk menyempurnakan lagi DPT setelah 60 hari dari penetapan pertama atas dugaan adanya DPT ganda. Perbaikan tak hanya mencakup pencoretan DPT ganda, tetapi juga memasukkan pemilih pemula dan yang sudah meninggal dunia atau pindah domisili.

Meski begitu, KPU menolak menyebut rekapitulasi tahap II ini sebagai penetapan. Karena istilah penetapan tetap merujuk pada penetapan DPT yang sesuai jadwal pada 5 September.

Seperti dijelaskan, Ketua KPU Arief Budiman menyampaikan penting untuk menentukan DPT secara tepat, meski terus molor dari jadwal karena koreksi parpol dan Kemendagri.

Penyempurnaan hingga dua kali dapat mempengaruhi jumlah TPS yang disiapkan, termasuk kotak suara, surat suara, dan formulir yang harus dicetak.

“Penting bagi kami untuk menetapkan per hari ini, karena DPT ini mempengaruhi banyak hal, pengaruhi TPS yang akan didirikan.

Ini mempengaruhi berapa kotak dan bilik suara yang akan disediakan, pengaruhi formulir yang harus dicetak,” pungkas Arief.

Berita Lainnya
Mendagri Optimis Pemilu 2019 Berlangsung Luber dan Jurdil JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yakin bahwa Pemilu 2019 akan...
PKPU HI Raih Penghargaan ‘Moeslim Choice Award 2018’ JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PKPU Human Initiative (HI) memperoleh penghargaan anugerah Moeslim Choice...
KPU Yalimo: DPT Bertambah Menjadi 89.439 Jiwa WAMENA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua KPU Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua, Yehemia Walianggen menyebut Daf...
Wiranto: Operasi Penyelamatan Korban KKB Terus Dilakukan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), W...
Proyek Palapa Ring Terkendala Peristiwa Nduga JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pengerjaan proyek jaringan infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring paket ...
Kanal: Nasional Pemilu