Loading...

KPU Akan Tetapkan Hasil Perbaikan DPT Tahap II

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tahap II malam ini. Penetapan akan digelar dalam rapat pleno terbuka di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (15/11/2018).

“Iya malam ini pukul 19.00 WIB di Hotel Borobudur,” kata Komisioner KPU Viryan.

Dari hasil rapat pleno pada 16 September 2018, KPU telah menetapkan DPTHP tahap I sebesar 185.084.629 pemilih, berkurang dari DPT sebelum perbaikan yakni sebesar 185.994.374 pemilih, atau berkurang 909.745.

Dalam rilis resminya, KPU memutuskan untuk menyempurnakan lagi DPT setelah 60 hari dari penetapan pertama atas dugaan adanya DPT ganda. Perbaikan tak hanya mencakup pencoretan DPT ganda, tetapi juga memasukkan pemilih pemula dan yang sudah meninggal dunia atau pindah domisili.

Meski begitu, KPU menolak menyebut rekapitulasi tahap II ini sebagai penetapan. Karena istilah penetapan tetap merujuk pada penetapan DPT yang sesuai jadwal pada 5 September.

Seperti dijelaskan, Ketua KPU Arief Budiman menyampaikan penting untuk menentukan DPT secara tepat, meski terus molor dari jadwal karena koreksi parpol dan Kemendagri.

Penyempurnaan hingga dua kali dapat mempengaruhi jumlah TPS yang disiapkan, termasuk kotak suara, surat suara, dan formulir yang harus dicetak.

“Penting bagi kami untuk menetapkan per hari ini, karena DPT ini mempengaruhi banyak hal, pengaruhi TPS yang akan didirikan.

Ini mempengaruhi berapa kotak dan bilik suara yang akan disediakan, pengaruhi formulir yang harus dicetak,” pungkas Arief.

Berita Lainnya
Jumat ini KPK Jadwalkan Ulang pemeriksaan Rommy JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Romah...
Gempa Bumi Berkekuatan 4,7 Magnitudo Guncang Pangandaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa Bumi berkekuatan magnitudo 4,7 terjadi di Pangandaran, Jawa Barat. P...
Penyebar Konten Terorisme Diancam UU-ITE, PKS: Bersikap Bijaklah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menanggapi kejadian terorisme yang membunuh puluhan umat Islam yang sedang...
KPU Maluku Utara jadwalkan pemasangan iklan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) menjadwalkan pem...
F-PKS Minta Kemenlu dan KBRI Lindungi WNI di Selandia Baru JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengutuk penembakan brutal kepada pulu...
Kanal: Nasional Pemilu