Loading...

KPU Garut: Dua Paslon Bupati Tak Bisa Ikut Pilkada

GARUT (TAJUKTIMUR.COM) – Rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Garut digelar KPU Kabupaten Garut, Senin (12/2/2018) di gedung Intan Balarea.

Rapat itu akhirnya memutuskan dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati tidak memenuhi syarat untuk ditetapkan menjadi calon bupati dan wakil bupati Garut.

Kedua pasangan calon yang dinyatakan tidak lolos adalah calon perseorangan Soni-Usep dan pasangan calon yang diusung Partai Demokrat dan PKB Agus Supriadi-Imas Aan Ubudiyah.

Sementara, pasangan calon yang dinyatakan lolos dan ditetapkan menjadi calon adalah pasangan petahana Rudy Gunawan-Helmi Budiman yang diusung PKS, Gerindra dan NasDem.

Pasangan calon kedua adalah Agus Hamdani-Pradana Aditya Wicaksana yang diusung PPP, PAN dan Hanura, Suryana-Wiwin dari jalur perseorangan serta Iman Alirahman-Dedi Hasan Bachtiar yang diusung Partai Golkar-PDIP.

Rapat pleno itu dihadiri semua komisioner KPU Garut, Bawaslu Kabupaten Garut, serta tim pemenangan dari enam pasangan calon yang mendaftar.

Begitu keputusan dibacakan, KPU memberikan waktu kepada Bawaslu dan tim pemenangan calon untuk memberi tanggapan.

Tanggapan keras, datang dari tim pemenangan Agus-Imas yang diusung partai Demokrat dan PKB. Mereka, menolak dan akan menempuh semua upaya hukum untuk menggagalkan keputusan KPU Garut.

“Kita meminta semua tahapan Pilkada ditunda,” ujar Ketua tim pemenangan Agus-Imas, Galih F Qurbany di depan forum.

Sementara, Ketua Bawaslu Kabupaten Garut Heri Hasan Basri menegaskan, Bawaslu bertugas mengawasi semua tahapan dalam pelaksanaan Pilkada.

Semua hal yang menjadi keberatan dari tim pemenangan pasangan calon, akan ditindaklanjuti Bawaslu.

Sementara itu, Ketua KPU Garut Hilwab Fanaqi menegaskan, pihaknya siap mempertanggungjawabkan keputusan yang sudah diambil.

KPU Garut, lanjut Hilwab, mempersilakan pihak yang merasa tidak puas mengajukan gugatan gugatan ke Bawaslu provinsi Jawa Barat atau secara hukum lewat Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

(fr)

Berita Lainnya
Sandiaga: Kami Berkomitmen untuk tidak Mengambil Gaji se-rupiah pun JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno me...
Aa Gym: Prabowo-Sandi Pilihan Hati JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - KH Abdullah Gymanstiar memberikan dukungan untuk capres dan cawapres nomor...
Lembaga Penyiaran Diminta Ikuti Aturan Main di Masa Tenang Pemilu 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Memasuki hari masa tenang Pemilu 2019, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) me...
Habib Rizieq Shihab Sampaikan 10 Alasan Prabowo-Sandi Disambut Rakyat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) menyampaika...
Massa Pendukung 02 Siap #PutihkanGBK, Polisi Siapkan Rekayasa Lalulintas JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pihak kepolisian menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) untuk menghindari...
Kanal: Nasional Pilkada