Loading...

KPU Hanya Loloskan 12 Partai Politik Peserta Pemilu 2019

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – KPU menyampaikan hasil penelitian administrasi perbaikan parpol calon peserta Pemilu 2019. Sebanyak 12 parpol lolos ke tahap verifikasi faktual.

“Kami akan sampaikan hasil penelitian perbaikan administrasi. Berdasarkan hasil penelitian kita, akan ada 12 partai politik dilanjutkan pada verifikasi faktual,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (14/12).

Tahapan verifikasi faktual akan dimulai pada tanggal 15 Desember 2017. Tahapan ini nantinya akan diakhiri pada penetapan parpol peserta Pemilu tanggal 17 Februari 2018.

“Setelah diterima hasil penelitian perbaikan administrasi akan kami lanjutkan sampai tahapan akhirnya pada 17 Februari,” ujar Arief.

Parpol yang melanjutkan dalam tahapan verifikasi faktual akan diberikan berita acara dan lampiran ceklis hasil pemeriksaan.

Pada kesempatan yang sama, Komisioner KPU Hasyim Asyari mengatakan partai yang dinyatakan tidak lolos karena terdapat kekurangan pada dokumen. Yaitu dokumen keanggotaan pada tingkat kecamatan.

“Kedua partai yang tidak masuk karena problem di tingkat dokumen persyaratan keanggotaan di tingkat kecamatan,” ujar Hasyim.

Duabelas parpol yang melanjutkan ke tahapan verifikasi faktual, yaitu Partai Perindo, PSI, PDI-P, Partai Hanura, NasDem, PAN, PKS, Gerindra, Golkar, PPP, Demokrat, dan PKB.

Sementara dua partai yang tidak masuk dalam tahapan verifikasi faktual adalah Partai Berkarya dan Partai Garuda.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
Pakar: Jokowi-Prabowo Pilih ‘Main Aman’ di Debat Capres SURABAYA, TAJUKTIMUR.COM - Pakar komunikasi politik asal Universitas Airlangga Suko Widodo menilai k...
Kementerian LHK Digabung, Ini Penjelasan JK JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla menjelaskan penggabungan Kementerian Lingkungan...
KPU: Debat Kedua Pilpres Lebih Lancar JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengatakan pelaksanaan d...
Indef: Visi Jokowi Terkait B100 Sulit Dicapai JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Berly ...
Soal Ledakan, Wiranto: Ada pihak yang iseng dan usil sengaja membuat kericuhan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wi...
Kanal: Nasional