Loading...

KPU Masih Temukan 795 Ribu Pemilih Ganda

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Komisioner KPU Viryan Azis mengatakan institusinya masih menemukan sebanyak 795 ribu nama pemilih yang mengalami kegandaan dari 185 juta nama di Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan KPU pekan lalu.

“Nama pemilih yang mengalami kegandaan dari DPT 185 juta adalah 795 ribu. Kami yakin akan berkurang karena akan terus dibersihkan malam ini hingga Minggu pagi,” kata Viryan di Kantor KPU RI, Jakarta, Sabtu.

Viryan menjelaskan setelah KPU menetapkan DPT pada pekan lalu, institusinya bersama perwakilan parpol dan Bawaslu di tingkat pusat sudah melakukan tiga kali pertemuan untuk menguraikan data ganda.

Menurut dia pertemuan terakhir pada Jumat (14/9) malam, parpol yang paling menyuarakan DPT ganda menyampaikan masih ada 1,2 juta data ganda namun berbeda dengan data KPU yaitu 795 ribu.

“Tadi malam kami dapat info dari teman-teman parpol yang paling menyuarakan data ganda, mengapresiasi di angka 1,2 juta. Tapi data internal kami dibawah 1 juta dan tentu sedang akan dibersihkan,” ujarnya.

Dia menjelaskan hampir seluruh KPU Provinsi telah menyelesaikan rapat rekapitulasi DPT tingkat provinsi dan beberapa sedang menyelesaikannya.

Menurut dia, beberapa KPU belum menyelesaikan rekapitulasi itu karena masih ada proses data terhadap temuan partai politik maupun rekomendasi Bawaslu yang harus diselesaikan.

“Kami ingin data ganda selesai di daerah. Sebagian KPU Provinsi sudah hadir ke KPU RI untuk koordinasi terkait dengan penyelesaian dan pencermatan bersama selama 10 hari,” katanya.

Menurut dia penetapan DPT sudah berjalan di KPU kabupaten/kota hingga Jumat malam karena penyelesaikan daftar ganda harus diselesaikan di daerah.

Dia mengatakan KPU akan melanjutkan penyelesaian terkait pemilih ganda pada Sabtu (15/9) malam hingga Minggu (16/9) pagi karena besok akan dilakukan Rapat Pleno Terbuka DPT hasil perbaikan nasional.

Berita Lainnya
Gubernur Anies: Hari Ini Reklamasi Resmi Dihentikan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan penghentian segala proyek reklamasi di wilayahnya. Hal tersebut disampaikan Anies usai digelarnya...
Survei Indikator: 10 Partai Politik Gagal Masuk Parlemen JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan dari total 16 parpol peserta pemilu 2019, elektabilitas PDI Perjuangan unggul dari 15 partai la...
Survei Indikator: Suara Partai di Parlemen Sebagian Masih Terbelah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi melihat suara berbasis partai di pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno masih...
Survei Indikator: Cawapres Sandiaga Uno lebih Dikenal Masyarakat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Calon wakil presiden Sandiaga Uno lebih dikenal dibandingkan cawapres Maruf Amin dalam Pemilu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Dar...
Burhanuddin: Masyarakat Cukup Puas Kinerja Jokowi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Indikator merilis hasil survei terkait "Elektabilitas Dua pasangan Capres Cawapres dan Peta Elektoral Pemilu Legislatif 2019". Hasilnya menunjuk...
Kanal: Nasional Pemilu