Loading...

LAM Riau Deklarasi Pemilu 2019 Damai

PEKANBARU, TAJUKTIMUR.COM – Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau menggelar deklarasi Pemilu 2019 Damai di provinsi Riau, Kamis 15 November 2018. Deklarasi dihadiri oleh Pusat Ilmu Jaringan Rakyat (Pijar) Melayu, Polda Riau, Bawaslu Riau, KPU Kota Pekanbaru serta para tokoh muda Melayu Riau.
Direktur Eksekutif Pijar Melayu Riau, Rocky Ramadhani menyatakan, bahwa Deklarasi Damai Pemilu Serentak 2018 Anak Kemenakan Melayu Riau ini, menekankan pada pendekatan kultural yang selama ini
dianggap lebih tepat sebagai upaya untuk menciptakan pemilu cerdas bagi masyarakat yang ada di daerah.
Pendekatan kultural diharapkan mampu menjadi perekat ditengah masyarakat Riau yang heterogen. Tidak hanya suku yang beragam mendiami bumi lancang kuning ini, termasuk latar belakang agamanya.
Oleh sebab itu Pijar Melayu sebagai anak kemanakan Riau akan tetap mengawal Pemilu 2019 yang damai. Sehingga harapan demokrasi tetap berjalan, tanpa terjadi pertikaian apalagi yang sampai menimbulkan korban. Selama ini pelaksanaan Pemilu sering diwarnai dengan sejumlah pelanggaran. Menurut Rocky ini terjadi lebih dikarenakan pada aspek pendekatan, yang hanya dilakukan pada aspek hukum. Meskipun benar sudah ada saksi yang diberikan terhadap pelaku pelanggran, tapi sanksi itu belum menyentuh akar persoalan.

“Point utama yang kita inginkan, bagaimana menyatukan persepsi dalam mewujudkan Pemilu damai. Kita berkewajiban mensukseskan dan menjaga situasi kondusif”, ujar Rocky dalam sambutannya dihotel Alfa Pekan Baru (Kamis, 15/11/2018).

Pelaksanaan Pemilu Damai ini ditandai dengan penandatanganan bersama yang dibubuhkan diatas baleho. Deklarasi damai ini mendapat apresiasi dari seluruh undangan yang hadir, mulai dari mahasiswa dan organisasi masyarakat lainnya.
Pada kegiatan deklarasi tersebut, ada empat poin kesepakatan yang dibuat dalam usaha menciptakan Pemilu damai di tahun 2019. Pertama, mewujudkan Pemilu yang cerdas dan berkualitas, bebas, rahasia, jujur dan adil. Kedua, menolak segala bentuk berita bohong atau hoax yang dapat mecah belah kesatuan bangsa Indonesia. Ketiga, anti ujaran kebencian, politik identitas atau sara. Keempat mendukung kebijakan pemerintah dalam menciptakan Pemilu serentak 2019 yang aman, damai dan sejuk.
Hadir pada kesempatan ini, sejumlah perwakilan institusi baik dari LAM Riau yang diwakili Datuk Jonnaidi Dasa, Polda diwakili AKBP Selamet Heri Basuki selaku Biro Operasi, Bawaslu Riau diwakili Amiruddin Senjaya selaku Koordinator Divisi Hukum, KPU Kota Pekanbaru diwakili Dedi Iswanto selaku Komisioner Divisi Partisipasi Masyarajat dan Pendidikan Pemilih,  Serta tokoh muda Melayu Riau yang diwakili Asynin.

Sementara itu perwakilan LAM Riau Jonnaidi Dasa menambahkan, komitmen seluruh pihak menjadi pijakan awal untuk mewujudkan Pemilu damai di Riau. Kemudian didukung dengan ketegasan KPU dan Bawaslu sebagai wasit yang menengahi perhelatan akbar Pemilu 2019 ini.
Menurut Jonnaidi, persoalan heterogen kultur suku dan agama yang ada di Riau harus dimaknai bahwa heterogen dalam bentuk suku, tapi melebur dalam bentuk kaum. Jika ini dimaknai dengan benar, maka tujuan menciptakan Pemilu damai akan terwujud.

“Pantun ketuku batang ketakal, ketiga keladi muyang. Sesuku kita seasal, senenek kita semoyang,” tutup Jonnaidi.

Berita Lainnya
Mendagri Optimis Pemilu 2019 Berlangsung Luber dan Jurdil JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yakin bahwa Pemilu 2019 akan...
PKPU HI Raih Penghargaan ‘Moeslim Choice Award 2018’ JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - PKPU Human Initiative (HI) memperoleh penghargaan anugerah Moeslim Choice...
Wiranto: Operasi Penyelamatan Korban KKB Terus Dilakukan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), W...
Proyek Palapa Ring Terkendala Peristiwa Nduga JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pengerjaan proyek jaringan infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring paket ...
Wapres: Elit Papua Harus Berperan Atasi Konflik JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan tokoh masyarakat, tokoh adat, pejaba...
Kanal: Nasional